Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Laporan Unit Pelayanan Sistem dan Teknologi Informasi FE Unpad

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Laporan Unit Pelayanan Sistem dan Teknologi Informasi FE Unpad"— Transcript presentasi:

1 Laporan Unit Pelayanan Sistem dan Teknologi Informasi FE Unpad
Disampaikan pada Rapat Dosen FE Unpad Rabu, 6 Februari 2008 Informasi ini dapat diakses di

2 Content Infrastruktur
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Content Infrastruktur Pengelolaan Inf. Ilmiah (Digital Library dan E-Journal) Web, dan Help Desk Akademik dan E-Learning Administrasi Umum Akuntansi dan Keuangan

3 Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD
INFRASTRUKTUR

4 Pengembangan Infrastruktur
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Pengembangan Infrastruktur PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR PERIODE 2008 Membangun Infrastruktur Interkoneksi Jaringan Komputer FE Unpad untuk 7 (tujuh) Program/Unit Pendidikan dibawah FE UNPAD dan Sentralisasi Manajemen Bandwidth Internet. PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR PERIODE 2007 Memenuhi kebutuhan akan pekerjaan perawatan perangkat (link Intranet dan Internet) dan kebutuhan untuk memperbanyak area akses internet mobile.

5 Realisasi Pengembangan Infrastruktur Periode 2007
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Realisasi Pengembangan Infrastruktur Periode 2007 Pembangunan Ruang dan Jaringan NOC (Network Operation Center) di gedung P2I2 FE-UNPAD. Instalasi Server Digilib dan Akademik di rung NOC P2I2 FE-UNPAD. Penambahan jaringan komputer dengan adanya pemindahan Bagian Umum dan Perlengkapan, Bagian Kepegawaian di Gedung SBA S1 Kelas Sore. Pembangunan perangkat Hotspot Wi-Fi di Gedung: Dekanat (RuangDosen dan Lt.2), S1 Kelas Sore ruang SIM, P2I2 (Ruang Baca Dosen, Lt.1/3), PAAP (Lt.1), Multimedia dan A Ruang A.35 (Tim Teknis SIM). Pembangunan jaringan kabel backup-Link antara gedung P2I2 dan gedung Dekanat. Pembangunan area Hotspot Wi-Fi dengan prioritas gedung Dekanat lt.i 1 dan ruang Dosen. Tahap 2 Tahap 1

6 Tahapan Rencana Pengembangan Infrstruktur Periode 2008
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Tahapan Rencana Pengembangan Infrstruktur Periode 2008 Tahap 3 Tahap 2 Tahap 1 Penataan kembali dan perawatan jaringan kabel yang sudah terbangun. Pembangunan dan Pengembangan Infrastruktur Jaringan Interkoneksi dengan Teknologi Wireless. Perencanaan Manajemen Bandwidth Internet.

7 Penataan kembali dan perawatan jaringan kabel yang sudah terbangun
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Penataan kembali dan perawatan jaringan kabel yang sudah terbangun

8 Instalasi Ruang NOC dan Server Collocation
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Pembangunan dan Pengembangan Infrastruktur Jaringan Interkoneksi dengan Teknologi Wireless Instalasi Ruang NOC dan Server Collocation Pembangunan Ruang NOC Gedung P2I2 (Perpustakaan FE-UNPAD) dengan Link dedicated ke NOC UNPAD.Net. 2. Instalasi Sever Hosting, Blogs, Digilib Collocation di Ruang NOC Gedung P2I2 (Perpustakaan FE-UNPAD). 3. Instalasi Server Web di NOC UNPAD.Net.   

9 Pembangunan Jaringan Interkoneksi:
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Pembangunan dan Pengembangan Infrastruktur Jaringan Interkoneksi dengan Teknologi Wireless Pembangunan Jaringan Interkoneksi: Cluster Gedung MM dan DMB dengan Link dedicated ke NOC Gedung P2I2 (Perpustakaan FE-UNPAD) 2. Cluster Gedung MET dan Area Cimandiri dengan Link dedicated ke NOC Gedung P2I2 (Perpustakaan FE-UNPAD) 3. Cluster Gedung MAKSI dan PPAk dengan Link dedicated ke NOC Gedung P2I2 (Perpustakaan FE-UNPAD)

10 Manajemen Bandwidth Internet
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Manajemen Bandwidth Internet No Program Studi dan Lokasi Alokasi Bandwidth (Min) Alokasi Bandwidth (Ideal) 1 S1 Reguler Node 256Kbps 512Kbps 2 S1 Kelas Khusus (Sore) Node 64Kbps 3 D3 PAAP Node 128Kbps 4 MM + DMB Cluster 5 MAKSI + PPAk Cluster 6 MET + Cimandiri Cluster 256Kps 7 Cadangan

11 Database Journal & Digital Library
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Database Journal & Digital Library

12 Database Jurnal Elektronik
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Database Jurnal Elektronik ProQuest (www.proquest.com/pqdauto) Penyedia kebutuhan jurnal elektronik untuk kategori index, full image, dan full text. Cakupan di bidang ekonomi, akuntansi, bisnis, sistem informasi dan manajemen. Jumlah jurnal yang dapat diakses lebih dari koleksi jurnal dan artikel akademis. Sementara untuk akses full text mencakup tahun 1980 hingga sekarang.

13 Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD
JSTOR (www.jstor.org) Selain Pro Quest, FE Unpad juga mengakses kurang lebih 50 koleksi jurnal bisnis yang ada pada JSTOR (dan terus terupdate). JSTOR merupakan penyedia jasa publikasi ilmiah elektronik non profit, sehingga wilayah cakupan akses full text yang diperoleh dan tingkat pemutakhiran index data jurnal relatif lebih lama dibandingkan Pro Quest. Contoh: The Accounting Review, Journal of Accounting Research, Management Science, dan MIS Quarterly. Civitas FE Unpad dapat mengakses koleksi pada JSTOR melalui akses ke Pro Quest. Akses dapat dilakukan melalui jaringan internet FE Unpad atau melalui remote access dengan menggunakan id dan password yang diberikan oleh pengelola jurnal elektronik. Link untuk jurnal-jurnal elektronik ini akan ditempatkan pada halaman digital library.

14 Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD
Publikasi elektronik yang menjadi kandidat untuk ditambahkan di tahun 2008 antara lain: Elsevier (www.elsevier.com); IngentaConnect (www.ingentaconnect.com); Directory of Open Access Journal (http://www.doaj.org); Project MUSE (http://muse.jhu.edu); Association for Computing Machinery (http://www.acm.org/dl/); Emerald(www.emeraldinsight.com); Springer (www.springerlink.com); Taylor & Francis Informa World (www.informaworld.com); Blackwell Synergy (www.blackwell-synergy.com); Wiley Interscience (www3.interscience.wiley.com/); IEEEXplore (ieeexplore.ieee.org/Xplore/dynhome.jsp); EBSCO Host (http://www.ebscohost.com; Infotrac; dan Scopus (www.scopus.com). Berbagai jurnal electronic memiliki tingkat pelayanan dan jenis pelayanan yang berbeda. Sehingga studi dan penelaahan yang menyeluruh perlu dilakukan sebelum dilakukan keputusan.

15 Pengadaan Database Perusahaan & Keuangan Elektronik
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Pengadaan Database Perusahaan & Keuangan Elektronik Sedang dijajaki kemungkinan untuk menyediakan database perusahaan di bursa saham dan database keuangan yang dapat digunakan oleh para dosen dan mahasiswa dalam melakukan penelitian. Beberapa penyedia seperti OSIRIS, EBSCHost, Indoexchange.com, dan beberapa penyedia lain sedang ditelaah kemungkinan penerapannya. Adapun yang perlu dipertimbangkan dalam pengadaan database ini adalah tingkat kebutuhan para dosen dan mahasiswa dan anggaran yang tersedia. Untuk pembelian akses terhadap penyedia database keuangan seperti EBSCOHost atau OSIRIS, sedang dipertimbangkan untuk membawa nya ke tingkat rektorat dengan konsep cost sharing. Saat ini OSIRIS menawarkan kontrak untuk 2 tahun, dimana mereka akan memberikan akses gratis untuk setengah tahun sebelum masa dua tahun berlaku. Sementara nilai kontrak yang ditawarkan +/- USD /tahun.

16 Pengembangan Digital Library
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Pengembangan Digital Library Sesuai dengan rencana strategis, pengembangan digital library tahun anggaran 2008 ini masih difokuskan pada pemantapan integritas data. Aktifitas integritas data tersebut mencakup: Pengindexan kembali koleksi perpustakaan; Pengkajian integrasi digital library FE Unpad dengan SIMPUS menjadi satu aplikasi yang menyediakan satu pelayanan tunggal kepada pelanggan; dan Pengkajian kemungkinan penerapan transaksi berbasis web untuk perpustakaan FE Unpad. Aktifitas di atas sedang dalam tahap pengkajian dalam tim SIM untuk pengerjaannya, mengingat pengembangan ini akan melibatkan aplikasi yang dikembangkan oleh vendor lain.

17 Interkoneksi Perpustakaan di Lingkungan FE Unpad
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Interkoneksi Perpustakaan di Lingkungan FE Unpad Sesuai dengan semangat integrasi, maka sedang dilakukan pengkajian kemungkinan penggabungan akses perpustakaan di lingkungan FE Unpad yang meliputi sharing akses koleksi perpustakaan masing-masing program studi.

18 Model Bisnis untuk Digital Library
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Model Bisnis untuk Digital Library Pendaftaran keanggotaan on-line Transaksi peminjaan buku dan sumber bacaaan lainnya Layanan download untuk sumber yang divalidasi (dalam pdf). Pencarian sumber bacaan (buku, skripsi, dan e-journals) Posting informasi terbaru seputar perpustakaan dan informasi ilmiah lainnya (bekerja sama dengan UPT Perpustakaan FE Unpad) Untuk mencapainya, perlu dibagi dalam beberapa fase: Deliverable 1 – Pengembangan dan Perbaikan aplikasi front-end Deliverable 2 – Pengembangan Back-end dan Content Management Deliverable 3 – Integrasi Data dengan SIMPUS. Deliverable 4 – Electronic Commerce

19 Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD
Unit Pelayanan Sistem dan Teknologi Informasi – Fakultas Ekonomi UNPAD Web, & Help Desk

20 Web: Penyempurnaan Desain
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Unit Pelayanan Sistem dan Teknologi Informasi – Fakultas Ekonomi UNPAD Web: Penyempurnaan Desain Bidang Web, dan HelpDesk saat ini sedang menyempurnakan desain website FE UNPAD agar semakin memenuhi kriteria desain website yang baik menurut Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti): menggunakan kriteria umum dan fungsi situs. kualitas yang meliputi konsistensi, desain, browser, metadata, versi bahasa Inggris, publikasi dan link. integrasi skor webometric.

21 Web: Integrasi Web Unit/Program/Lab.
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Unit Pelayanan Sistem dan Teknologi Informasi – Fakultas Ekonomi UNPAD Web: Integrasi Web Unit/Program/Lab. Mengintegrasikan beberapa situs kemahasiswaan, program studi, dan laboratorium penelitian dalam lingkungan FE UNPAD yang saat ini dilayani oleh penyedia jasa hosting swasta supaya terintegrasi hostingnya di web server UNPAD Situs yang baru terintegrasi dengan situs FE UNPAD: Magister Ekonomi Terapan (MET) Magister Akuntansi (MAKSI) HIMA Akuntansi Islamic Studies for Economics Group (ISEG)

22 Web: Integrasi Web Unit/Program/Lab.
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Unit Pelayanan Sistem dan Teknologi Informasi – Fakultas Ekonomi UNPAD Web: Integrasi Web Unit/Program/Lab. Unit-unit lain yang belum memiliki website secara bertahap bisa dibuatkan websitenya dengan bantuan Unit SIM FE UNPAD, dan nantinya update bisa dilakukan sendiri oleh pengelolanya masing-masing karena sama halnya dengan situs dosen, prosesnya akan relatif dipermudah karena adanya dukungan CMS dan aplikasi web yang tersedia.

23 Web: Halaman Dosen Web dosen akan menampilkan:
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Unit Pelayanan Sistem dan Teknologi Informasi – Fakultas Ekonomi UNPAD Web: Halaman Dosen Web dosen akan menampilkan: Profil dosen yang bersangkutan Kaitan ke daftar riwayat hidupnya (CV) Daftar mata kuliah yang dibina beserta materinya Daftar penelitian yang pernah dilakukannya Daftar jurnal/paper yang telah dipublikasikan Jadwal mata kuliah yang sedang dibinanya Jadwal bimbingan skripsi Jadwal perwalian Kinerja mahasiswa yang menjadi anak walinya Akses koleksi perpustakaan digital FE UNPAD

24 Web: Halaman Mahasiswa
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Unit Pelayanan Sistem dan Teknologi Informasi – Fakultas Ekonomi UNPAD Web: Halaman Mahasiswa Web mahasiswa akan menampilkan: Jadwal mata kuliah yang sedang diambilnya Transkrip akademik Jadwal bimbingan skripsi bagi mereka yang sudah mengambil skripsi Jadwal dosen wali untuk konsultasi akademik Akses ke koleksi perpustakaan digital FE UNPAD

25 Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD
Unit Pelayanan Sistem dan Teknologi Informasi – Fakultas Ekonomi UNPAD Seluruh pimpinan, staff pengajar, dan staff administrasi umum dan akademik telah difasilitasi dengan akun dengan domain fe.unpad.ac.id. Akun dilengkapi dengan fitur: Compose Mail, Starred Mail, Sent Mail, Drafts, All Mail, Label, Spam, Trash, dll. Petunjuk penggunaan telah didistribusikan pada rapat dosen semester lalu. Jika mengalami kesulitan dalam aktivasinya, silakan menghubungi Helpdesk Unit Pelayanan Sistem Informasi FE Unpad. Untuk membudayakan penggunaan maka administrasi surat menyurat di lingkungan FE Unpad akan mulai diduplikasi melalui

26 Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD
Unit Pelayanan Sistem dan Teknologi Informasi – Fakultas Ekonomi UNPAD Helpdesk Helpdesk adalah sebagai kontak penghubung terhadap permintaan layanan yang berhubungan dengan layanan sistem-sistem informasi di lingkungan Fakultas Ekonomi Unpad. Kontak: Gedung Dekanat Fakultas Ekonomi Lantai 2 Telp : (022) Pesawat 114 URL: http//fe.unpad.ac.id/helpdesk

27 Helpdesk: Ruang Lingkup Layanan
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Unit Pelayanan Sistem dan Teknologi Informasi – Fakultas Ekonomi UNPAD Helpdesk: Ruang Lingkup Layanan Manajemen Masalah Menginformasikan pengguna layanan mengenai pemecahan permasalahan yang dihadapi serta mencari solusinya secara terkoordinasi dengan bagian dukungan teknis. Dukungan Teknis Memberikan bantuan dan dukungan teknis untuk semua masalah sistem informasi dan sistem operasi yang menyangkut sistem-sistem informasi di lingkungan FE UNPAD.

28 SI Akademik & E-Learning
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD SI Akademik & E-Learning

29 Sistem Informasi Akademik
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Sistem Informasi Akademik Pengembangan sistem informasi akademik mengacu ke arah pengembangan berbasis web dan terintegrasi dari seluruh program yang dimiliki oleh FE. Beberapa program studi telah mengembangkan sistem informasi akademik secara parsial. Sehingga proses integrasi ditekankan kepada penyeragaman desain dan format database, dengan menggunakan database SQL Server karena FE telah memiliki Licensenya. Saat ini program Reguler dan kelas sore, PAAP, dan MM telah mengembangkan SI Akademik dengan database SQL Server. Dengan jumlah data yang sangat besar dari database tersebut, sebaiknya diperhatikan tingkat kesulitan yang dihadapi bila akan migrasi ke database lain.

30 Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD
Proses bisnis saat ini telah cukup effektif dan efisien bagi level operasional proses akademik S1 Reguler, dengan mengacu kepada aturan serta kebijakan–kebijakan akademik. Hal yang sama pun terjadi di PAAP, dimana sistem informasi telah berjalan baik pada level operasional. Proses pengisian krs bagi program S1 dan D3 telah mampu dilaksanakan melalui internet. Disamping itu Rekapitulasi dan pelaporan akademik dari program studi S1, D3 dan MM telah memenuhi kebutuhan dan disajikan secara real time untuk kepentingan manajemen puncak fakultas. Bagi program lainnya pelaporan akademik telah dilaksanakan secara elektronik, meskipun belum real time.

31 Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD
Semenjak awal februari 2008 aplikasi sistem informasi akademik telah menyediakan pula akses informasi bagi pihak jurusan berupa biodata, kemajuan studi, rekapitulasi jumlah mahasiswa, serta laporan IPK secara real time. Meskipun masih terkendala dengan belum optimalnya spesifikasi dan kemampuan server akademik untuk melayani juga query dari ketiga jurusan. Modul yang belum dikembangkan saat ini adalah sistem informasi eksekutif (Executive Information System). Sehingga pengembangan tahun 2008 adalah penyiapan sistem informasi eksekutif yang akan menghasilkan informasi dari seluruh program studi yang telah memiliki sistem informasi, sambil mengembangkan sistem informasi bagi program yang belum memiliki sistem informasi berbasis komputer.

32 Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD
Pengembangan sistem informasi akademik fe, dalam jangka 4 tahun telah mengintegrasikan sistem akademik dari seluruh program, sehingga pelaporan eksekutif telah terintegrasi. Untuk akhir tahun 2008 direncanakan telah terintegrasinya informasi– informasi akademik dari program S1 dan D3 seperti nilai dan kemajuan studi melalui internet bagi mahasiswa, serta bagi dosen wali dan fakultas. Pengembangan sistem informasi akademik fakultas akan dipengaruhi juga oleh kegiatan pengembangan sistem informasi akademik di tingkat Universitas Padjadjaran. Saat ini Universitas sedang mengembangkan sistem single sign on dengan database berbasis microsoft windows, untuk mengurangi redundancy pekerjaan pengembangan, maka komunikasi dengan pihak universitas terus dilakukan.

33 Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD
E-Learning Infrastruktur internet yang dimiliki fakultas ekonomi saat ini telah memadai, dengan adanya laboratorium khusus e-learning serta fasilitas wireless internet di kampus dipati ukur, telah siap untuk mendukung proses belajar mengajar dengan support dari teknologi internet. Dari sisi perangkat lunak, FE menggunakan perangkat lunak yang telah disiapkan oleh universitas yaitu WebCT. Untuk keperluan perangkat lunak, FE akan senantiasa mengikuti kebijakan dan pengembangan perangkat lunak dari Pusat Pengembangan Elearning Unpad, agar sumber daya Fakultas dapat diprioritaskan dalam pengembangan konten serta jaminan kualitas blended learning.

34 Pelatihan berjalan lancar dengan antusiasme tinggi dari setiap dosen.
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Pada bulan Oktober 2007, telah diadakan pelatihan blended learning kepada sekitar 20 dosen muda FE, untuk menyajikan mata kuliah yang diasuhnya dalam format web dengan menggunakan WebCT. Pelatihan berjalan lancar dengan antusiasme tinggi dari setiap dosen. Akan tetapi implementasi dalam perkuliahan belum sesuai dengan harapan, dikarenakan pengubahan format serta pengelolaan perkuliahan berbasis web memerlukan effort yang lebih besar dari dosen. Unit pelayanan SIM FE, belum memiliki sumber daya yang cukup untuk melayani semua dosen yang berminat serta mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut, dikarenakan beraneka ragamnya karakteristik mata kuliah dan metode penyampaian dari setiap dosen.

35 Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD
Blended learning di fakultas ekonomi, akan segera menjadi suatu kebutuhan, baik bagi dosen, maupun mahasiswa. Namun perlu didukung dengan kebijakan – kebijakan terutama yang menyangkut bidang akademis dari beberapa isu yang terkait pemanfaatan teknologi internet untuk proses evaluasi. Pengembangan mata kuliah blended learning, memerlukan effort yang cukup besar dari dosen dalam penyiapan konten mata kuliah. Unit pelayanan SIM akan memberikan dukungan teknis dan infrastruktur, tetapi konten tetap menjadi tanggung jawab dosen. Perlu dikembangkan juga metode pengendalian dan penjaminan mutu (kerjasama dengan bidang akademik) agar penyampaian materi dengan blended learning dapat meningkatkan kualitas perkuliahan serta pengetahuan mahasiswa. Arah pengembangan dari level universitas adalah menuju knowledge management, sehingga diseminasi pengetahuan dapat lebih difasilitasi oleh teknologi internet. Blended learning adalah langkah awal FE dalam menuju knowledge management, bukan hanya menunjang proses perkuliahan tetapi juga menunjang proses riset serta pengabdian masyarakat dengan penyebarluasan pengetahuan.

36 SI untuk Administrasi Umum
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD SI untuk Administrasi Umum

37 Sistem Informasi Penghonoran
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Sistem Informasi Penghonoran Didasari akan kebutuhan kecepatan dalam penyediaan data terkait dengan penghonoran (Upah Variabel Mengajar) pada kelas pagi regluer, di buatlah sistem informasi penghonoran dosen. Dengan di bangunnya sistem informasi penghonoran yang terkomputerisasi, data frekwensi mengajar masing-masing dosen akan dapat di peroleh secara lebih cepat, sehingga pada bagian keuangan dapat memperoleh rekap data juga lebih cepat. Kecepatan dalam pengakumulasian data mengajar pada akhirnya akan berdampak pada kecepatan pembayaran kepada dosen yang bersangkutan yang selama ini menjadi permasalahan utama dan banyak di keluhkan. Proses pengembangangan sistem penghonoran mulai di bangun pada pertengahan November 2007 yang di outsourching ke INFO MITRA PERSADA dengan supervisi, konsultasi dan koordinasi dengan Tim Sistem Informasi FE UNPAD. Pada Akhir Januari 2008, Sistem informasi penghonoran telah selesai di kerjakan dan di Install. Pada semester genap 2007/2008, Sistem penghonoran akan diujicobakan dan pengevaluasian akan di lakukun untuk penyempurnaan berkelanjutan.

38 Analisa sistem berjalan dan pengembangan
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Bidang sistem informasi penghonoran pada tahun 2008 akan memprioritaskan skala kerja: Analisa dan pengembangan sistem berjalan dan Pengintegrasian sistem informasi penghonoran pada seluruh Program Studi di FE Unpad. Analisa sistem berjalan dan pengembangan Seiring dengan kebutuhan sistem informasi yang terus berkembang, analisa dan pengembangan sistem perlu terus di lakukan untuk memastikan kemutahiran informasi. Sistem penghonoran yang akan di implementasikan pada semester genap 2007/2008 perlu di lakukan penyempurnaan dan pengembangan dan menjadi prioritas utama dalam program kerja tahun Dasar pemikirannya bahwa kalau sistem berjalan telah benar-benar tidak mengalami permasalahan, maka untuk pengembangan sistem informasi di Program Studi yang lainnya tinggal mengacu pada sistem yang telah dibangun.

39 Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD
Pengintegrasian sistem informasi penghonoran pada seluruh Program Studi di FE Unpad. Dengan adanya sentralisasi institusi, semua program studi yang ada fakultas ekonomi akan terpusat. Untuk tahun kerja 2008, bidang sistem informasi penghonoran akan mengintegrasikan tujuh program studi S1 yang dimiliki FE Unpad. Dalam pelaksanaan integrasi di seluruh program studi akan di lakukan setelah masa evaluasi sistem penghonoran di program S1 reguler yang akan dimulai semester genap 2007/2008 selesai dan kelayakan sistem dapat di diandalkan.

40 Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD
Pengembangan Sistem Informasi untuk Aktivitas Administrasi Umum Lainnya Analisis proses-proses bisnis pada Administrasi Umum FE Unpad akan dilanjutkan di tahun 2008 ini. Output analisis ini adalah terdokumentasinya proses bisnis Administrasi Umum yang sudah ada dan tersusunnya proses bisnis Administrasi Umum yang diperlukan namun belum ada. Output ini akan digunakan dalam pengembangan perangkat lunak yang memudahkan proses transaksi Administrasi Umum maupun penyediaan laporan Administrasi Umum bagi pihak manajemen.

41 Sistem Informasi Akuntansi & Keuangan
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Sistem Informasi Akuntansi & Keuangan

42 Sistem Informasi Akuntansi
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Sistem Informasi Akuntansi SIFA merupakan sistem informasi pelaporan keuangan yang diterapkan pada fakultas ekonomi yang berfungsi memberikan informasi mengenai posisi keuangan seluruh entitas yang terdapat pada Fakultas Ekonomi. Informasi utama yang disajikan dalam SIFA yaitu Neraca Fakultas Ekonomi serta Laporan Realisasi Anggaran Fakultas Ekonomi. Penerapan SIFA pada Fakultas Ekonomi sudah diaplikasikan sejak awal tahun 2007 Secara umum, aplikasi SIFA sudah dapat berjalan dan mampu merekam aktivitas yang terjadi di lingkungan Fakultas Ekonomi.

43 Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD
Perubahan-perubahan yang terjadi pada lingkungan FE mengakibatkan diperlukannya revisi atau perbaikan dari aplikasi SIFA. Revisi-revisi yang dilakukan mengakibatkan sering terhambatnya proses penginputan data sehingga SIFA belum mampu memberikan informasi yang mutakhir. Kelemahan lainnya yaitu ketergantungan yang sangat tinggi terhadap proses pengolahan data manual, dimana pengolahan data fisik secara manual itu sendiri memiliki banyak kendala dan permasalahan sehingga data terlambat untuk di inputkan ke dalam SIFA. Saat ini, SIFA belum mampu menggantikan pencatatan yang dilakukan secara manual oleh petugas administrasi keuangan.

44 Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD
Pengoptimalan dari SIFA diharapkan mampu mendorong perbaikan sistem administrasi keuangan pada Fakultas Ekonomi dan seluruh unit yang ada di bawahnya. Untuk mengoptimalkan SIFA ini diperlukan sinergi dari unit-unit yang ada. Program Kerja untuk tahun 2008 dari Unit SIM FE berkaitan dengan SIFA dan administrasi keuangan pada Fakultas Ekonomi adalah mengupayakan untuk menciptakan keadaan yang mendukung untuk optimalnya SIFA dengan kemungkinan pembuatan aplikasi pendukungnya sehingga memudahkan user dalam melaksanakan administrasi keuangan. Hambatan yang kemungkinan terjadi (belum berdasarkan survey kepada seluruh unit) adalah terdapatnya keanekaragaman permasalahan yang perlu untuk dibuatkan solusi yang dapat di generalisir dan dapat diaplikasikan pada setiap unit. Hal ini memerlukan kerjasama yang baik antar setiap unit yang terdapat pada Fakultas Ekonomi.

45 Pengembangan Sistem Informasi Keuangan
Unit Pelayanan Sistem Informasi Manajemen – Fakultas Ekonomi UNPAD Pengembangan Sistem Informasi Keuangan Analisis proses-proses bisnis pada fungsi keuangan FE Unpad akan dilanjutkan di tahun 2008 ini. Output analisis ini adalah terdokumentasinya proses bisnis keuangan yang sudah ada dan tersusunnya proses bisnis keuangan yang diperlukan namun belum ada. Output ini akan digunakan dalam pengembangan perangkat lunak yang memudahkan proses transaksi keuangan maupun penyediaan laporan keuangan bagi pihak manajemen.

46 Terima Kasih


Download ppt "Laporan Unit Pelayanan Sistem dan Teknologi Informasi FE Unpad"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google