Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN KE-1 DASAR-DASAR LOGIKA MATEMATIKA Oleh : Kelompok Bidang Keilmuan (KBK) ALJABAR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN KE-1 DASAR-DASAR LOGIKA MATEMATIKA Oleh : Kelompok Bidang Keilmuan (KBK) ALJABAR."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN KE-1 DASAR-DASAR LOGIKA MATEMATIKA Oleh : Kelompok Bidang Keilmuan (KBK) ALJABAR

2 This is a logic garnet, an early device used to determine the logical consistency of a given claim. Sumber : wikipedia

3  Logika (berasal dari bahasa Yunani λογική logikē) adalah suatu pembelajaran sistematika formal tentang prinsip ke-valid-an penarikan kesimpulan dan alasan yang tepat.λογική Sumber : wikipedia

4  Logika digunakan dalam semua aktivitas intelektual, tetapi terutama dipelajari di bidang- bidang philosophy, mathematics, semantics dan computer science.philosophymathematics semanticscomputer science Sumber : wikipedia

5

6

7 Penarikan kesimpulan adalah hal yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Berikan contoh-contoh penarikan kesimpulan yang pernah Anda lakukan.

8 Apakah perbedaan “Kalimat” dan “Pernyataan” ?

9 1. Setelah kilometer ke-4, jalan yang dilalui A kering. 2. Apa yang terjadi ? 3. Anda dapat memperoleh informasi tentang UGM melalui 4. Sifat ujian: Buku Tertutup 5. Dalam reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen berlaku: 6. Grafik fungsi f dengan persamaan memotong sumbu X di empat titik yang berbeda

10 Kalimat deklaratif adalah kalimat yang dapat ditentukan “benar” atau “salah”.

11 1. Kampus UGM sebagian besar berada di Kabupaten Sleman 2. Grafik fungsi f dengan persamaan memotong sumbu X di empat titik yang berbeda 3. Dalam reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen berlaku: 4. Becak merupakan kendaraan beroda tiga. 5. Setiap orang perlu makan nasi

12 p = “Kampus UGM sebagian besar berada di Kabupaten Sleman”. q = “Becak merupakan kendaraan beroda tiga”. p dan q merupakan kalimat deklaratif.

13 1. Negasi 2. Konjungsi 3. Disjungsi 4. Implikasi 5. Biimplikasi

14 Negasi (ingkaran) suatu pernyataan menggunakan kata “tidak benar”. Notasi negasi kalimat deklaratif “p” adalah “ ” atau “ ”.

15 = “ Kampus UGM sebagian besar berada di Kabupaten Sleman.” = “ Kampus UGM sebagian besar tidak berada di Kabupaten Sleman”. = “Tidak benar kampus UGM sebagian besar berada di Kabupaten Sleman”

16 Tidak benar dalam reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen berlaku Dalam reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen tidak berlaku

17 Kalimat majemuk yang dirangkai menggunakan kata penghubung “dan”. Notasi konjungsi kalimat deklaratif dan adalah “ “

18 = “Balok A mendapat gaya ke depan sebesar 10 “ = “Balok A mendapat gaya ke bawah sebesar 15 “ = “ Balok A mendapatkan gaya ke depan sebesar 10 dan ke bawah sebesar 15

19 = “Doni memperoleh beasiswa “ = “Toni tidak memperoleh beasiswa “ = “Doni memperoleh beasiswa, sedangkan Toni tidak”.

20  Suatu Konjungsi dikatakan Benar jika setiap pernyataan penyusunnya bernilai benar PQ TTT TFF FTF FFF

21 Kalimat majemuk yang dirangkai menggunakan kata “atau”. Notasi disjungsi kalimat deklaratif dan adalah “ “

22 = “Mahasiswa itu pergi ke kampus UGM dengan berjalan kaki “ = “Mahasiswa itu pergi ke kampus UGM dengan naik bis kota” = “Mahasiswa itu pergi ke kampus UGM dengan berjalan kaki atau naik bis kota.”

23 = “ Sumber karbohidrat utama bagi manusia Indonesia diperoleh dari ketela”. = “Sumber karbohidrat utama bagi manusia Indonesia diperoleh dari nasi”. = “Sumber karbohidrat utama bagi manusia Indonesia diperoleh dari sagu”. = “ Sumber karbohidrat utama bagi orang Indonesia diperoleh dari ketela atau nasi atau sagu.

24 Suatu Disjungsi dikatakan Benar jika ada pernyataan penyusunnya yang bernilai benar PQ TTT TFT FTT FFF

25 Pernyataan majemuk yang menggunakan kata penghubung: jika ………, maka ……… Notasi :

26 1. Jika skor akhirmu kurang dari 40, maka kamu mendapatkan nilai D. 2. Jika bilangan real dan, maka rasional. 3. Sebuah balok 6 kg diam di puncak bidang miring kasar yang memiliki sudut kemiringan terhadap arah horizontal. Jika balok dibiarkan bebas, maka balok akan meluncur menuruni bidang dan dalam waktu 2,5 detik menempuh jarak 4 m.

27 Jika skor akhirmu kurang dari 40, maka kamu mendapatkan nilai D. Tuliskan dalam lambang logika kalimat di atas.

28 Jika kalor pembakaran asetilena pada reaksi adalah ; sedangkan kalor pembentukan maka menurut Hukum Hess, kalor pembentukan asetilena adalah a – 2b – c. Tuliskan dalam lambang logika kalimat di atas.

29 Suatu Implikasi dikatakan Benar jika antiseden bernilai Salah atau konsekuen bernilai Benar PQ TTT TFF FTT FFT

30 Kalimat majemuk yang dirangkai menggunakan kata penghubung: ……..jika dan hanya jika……. Notasi :

31 1. Mahasiswa dinyatakan lulus Kalkulus jika dan hanya jika total skor akhir yang terdiri dari komponen Tugas Rumah, Kuis, Ujian Sisipan dan Ujian Akhir tidak kurang dari Bibit pisang disebut bibit pisang kultur jaringan jika dan hanya jika bibit pisang tersebut dihasilkan melalui biakan jaringan (sel meristem) pada media buatan dalam laboratorium (in vitro)

32 Suatu Biimplikasi dikatakan Benar jika antiseden dan konsekuen memiliki nilai kebenaran yang sama PQ TTT TFF FTF FFT

33

34

35 = “mahasiswa F MIPA” = “memiliki kartu mahasiswa” = “Setiap mahasiswa F MIPA memiliki kartu mahasiswa” = “mahasiswa Fakultas Teknik” = “Setiap mahasiswa Fakultas Teknik memiliki kartu mahasiswa”

36

37

38 = “penduduk kota Yogyakarta” = “penduduk kota Jakarta” = “mempunyai rumah lebih dari satu” = “Terdapat penduduk kota Yogyakarta yang mempunyai rumah lebih dari satu” = “Terdapat penduduk kota Jakarta yang mempunyai rumah lebih dari satu”

39 1. Terdapat bilangan bulat yang tidak mempunyai kebalikan. 2. Beberapa mahasiswa UGM berasal dari luar kota Yogyakarta. 3. Ada jenis lemak yang baik bagi kesehatan tubuh. 4. Paling tidak ada satu orang yang menyaksikan peristiwa itu.


Download ppt "PERTEMUAN KE-1 DASAR-DASAR LOGIKA MATEMATIKA Oleh : Kelompok Bidang Keilmuan (KBK) ALJABAR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google