Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tes Run Wald-Wolfowitz Kelompok 2 Marsweet Karunia Gulo Risa Ristiana Salsa Nopian Pamungkas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tes Run Wald-Wolfowitz Kelompok 2 Marsweet Karunia Gulo Risa Ristiana Salsa Nopian Pamungkas."— Transcript presentasi:

1 Tes Run Wald-Wolfowitz Kelompok 2 Marsweet Karunia Gulo Risa Ristiana Salsa Nopian Pamungkas

2 Uji ini umumnya digunakan minimal data berskala ordinal Untuk menguji hipotesis nol bahwa dua sampel independen berasal dari populasi yang sama, terhadap hipotesis pengganti bahwa kedua kelompok itu berbeda. Variabel data yang dipelajari bersifat kontinue. KAPAN DIGUNAKAN?

3 HIPOTESISNYA Ho :Kedua sampel Independen berasal dari populasi yg sama. H 1 :Kedua sampel Independen berasal dari populasi yg berbeda

4 ASUMSI

5 Ikhtisar Pengujian 1.Sampel Kecil (n dan m ≤ 20) Menentukan hipotesis H 0 dan H 1 Menentukan tingkat signifikansi ( α ) Melakukan pengujian dengan statistik uji :  Pada data dua sampel independen yang ukurannya n 1 dan n 2  Data digabung kemudian susun n 1 dan n 2 berdasarkan urutan ranking dengan menggunakan skor semua subjek dari yang terkecil ke terbesar, dimana n 1 dan n 2 adalah ukuran sampel yang berasal dari populasi yang berbeda.

6 Lanjutan  Menentukan banyaknya run dalam rangkaian urutan tersebut  Kemudian banyaknya run observasi (r) dibandingkan dengan r tabel (dapat dilihat pada tabel F 1 : Sidney Siegel) Menentukan daerah kritis dimana H 0 ditolak pada saat r observasi lebih kecil atau sama dengan r tabel Dari hasil perhitungan dapat diambil keputusan dan Dapat diambil kesimpulan.

7 2. Sampel Besar (n dan m > 20 ): Menentukan hipotesis H 0 dan H 1 Menentukan tingkat signifikansi ( α ) Melakukan pengujian dengan statistik uji :  Misal n dan m adalah sampel dari populasi yang independen maka mencari nilai r observasi dengan cara menggabungkan data sampel dari kedua populasi (n+m) dan skor diurutkan dari yang terkecil ke terbesar,

8  Penghitungan menggunakan pendekatan normal dengan rumus : Kemudian dibandingkan nilai Z observasi dengan Z tabel Menentukan daerah kritis dimana H 0 ditolak pada saat Z observasi lebih besar atau sama dengan Z tabel Dari hasil perhitungan dapat diambil keputusan dan Dapat mengambil kesimpulan.

9 a. Sampel Kecil Berikut adalah data skor Agresi anak laki-laki usia 4 tahun dan anak perempuan usia 4 tahun dalam sebuah permainan bebas. Ujilah apakah ada perbedaan anak laki-laki dan anak perempuan dalam hal agresi di dalam situasi permainan bebas itu? Contoh No.Anak laki-lakiAnak perempuan

10

11

12 Contoh lain (sampel kecil) To determine if a new hybrid seeding procedures a bushier flowering plant, following data was collected. Examine if data indicate that new hybrid produces larger shrubs than current variety? Shrubs Girth (in inches) Hybrid (x)31,832,839,236,030,034,5 37,4 Current variety(y)35,527,621,324,836,730,0 Hypotesis test Ho ; x and y population are identical H1 ; There is some difference in girth of x and y shrubs. α = 5%

13 Considern the combined ordered data. 21,324,827,630,030,031,8 yyyyxx 32,834,535,536,036,737,439,2 xxyxyxx test statistic r=6 (total number of runs). For n 1 = 7 and n 2 =6, critical value r c at 5% level of significance is 3. Since r>r c, we accept Ho that x and y have identical distribution.

14 b. Sampel Besar Dalam suatu study teori ekuipotensialitas, Ghiselli membandingkan proses belajar 21 tikus normal (dalam suatu tugas membeda-bedakan keadaan terang) dengan proses belajar ulang, 8 tikus yang telah dioperasi dan keadaan korteksnya tidak baik. Yang dibandigkan adalah banyak percobaan yang diperlukan oleh 8 tikus (E) sesudah operasi sehingga tikus-tikus itu ingat kembali apa yang telah mereka pelajari, dengan banyak percobaan yang diperlukan 21 tikus normal (C) sehingga mereka tahu.

15 H 0 :Tidak ada perbedaan antara tikus normal dan tikus yang telah menjalani operasi dengan keadaan korteks yang tidak baik, dalam hal tingkat belajar (atau proses belajar ulang) untuk membeda-bedakan keadaan terang H 1 : Kedua kelompok tikus itu berbeda dalam hal tingkat belajar (atau proses belajar kembali) α : 1%

16

17

18 Nilai Observasi yang Sama Idealnya, tidak ada angka sama dalam skor pada tes run karena distribusi skor kontinu. Angka sama pada kelompok berbeda akan mempengaruhi run. Jika pada kemungkinan pengurutan yang memuat angka sama pada kelompok berbeda tersebut diperoleh hasil keputusan yang berbeda maka dari tiap kemungkinan akan diperoleh nilai p-value untuk kemudian dirata- ratakan sebanyak kemungkinan pengurutan, nilai inilah yang dibandingkan dengan nilai α. Pada angka sama yang banyak, maka uji ini tidak dapat digunakan.

19 Terima Kasih

20 Ada Pertanyaan ?


Download ppt "Tes Run Wald-Wolfowitz Kelompok 2 Marsweet Karunia Gulo Risa Ristiana Salsa Nopian Pamungkas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google