Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. Andreas L.H.K. 2. Fitri Intan P. 3. Jacob Da Costa 4. Silvia H.Parinduri 5. Zukha Latifah 1. Andreas L.H.K. 2. Fitri Intan P. 3. Jacob Da Costa 4. Silvia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. Andreas L.H.K. 2. Fitri Intan P. 3. Jacob Da Costa 4. Silvia H.Parinduri 5. Zukha Latifah 1. Andreas L.H.K. 2. Fitri Intan P. 3. Jacob Da Costa 4. Silvia."— Transcript presentasi:

1 1. Andreas L.H.K. 2. Fitri Intan P. 3. Jacob Da Costa 4. Silvia H.Parinduri 5. Zukha Latifah 1. Andreas L.H.K. 2. Fitri Intan P. 3. Jacob Da Costa 4. Silvia H.Parinduri 5. Zukha Latifah

2  Seringkali kita ingin menguji apakah tiga atau lebih populasi memiliki rata-rata yg sama.  Untuk menguji apakah beberapa populasi memiliki rata-rata yang sama kita gunakan ANOVA (Analysis of variance). Dengan H 0 : μ 1 = μ 2 = … = μ k H A : Paling tidak ada salah satu rata-rata populasi yang berbeda.

3  Dari hasil pengujian kesamaan rata-rata populasi dgn ANOVA, jika keputusan adalah menolak Ho, maka kita dapat menarik kesimpulan bahwa tidak semua µ sama.  Namun kita tidak tahu mana yang berbeda.  Untuk menguji rata-rata populasi mana yang berbeda kita dapat menggunakan Uji Tukey ini.

4 Prosedur pengujian: 1. Hitung rata-rata masing-masing populasi 2. Hitung selisih mutlak antar rata-rata 3. Tentukan q-value (q α ) dari Tabel TukeyTabel Tukey dengan df= k (pada tabel ditulis t) N-k (pada tabel ditulis v) 4. Hitung critical range :

5 dengan MSW = mean square within - SSW = sum square within - N = jumlah seluruh pengamatan - k = banyaknya populasi (kelompok) 5. Bandingkan selisih mutlak rata-rata (pada point 1) dengan hasil critical range. 6. Jika selisih mutlak rata-rata >= CR maka Rata- rata tsb berbeda nyata. Jika selisih mutlak rata-rata < CR maka Rata- rata tsb tidak berbeda nyata.

6  Data berikut mencantumkan berapa bungkus rokok yang terjual di sebuah pasar swalayan pada beberapa hari yang dipilih secara acak 1.Tentukan apakah secara rata-rata di pasar swalayan itu, kelima rokok yang terjual sama banyak? 0,05 2.Jika rata-rata tidak sama, maka tentukan mana rata-rata yang berbeda

7 1. Untuk mengetahui apakah rata-ratanya sama atau berbeda. H 0 : μ A = μ B = μ C = μ D H A : Paling tidak ada salah satu rata-rata populasi yang berbeda.

8 Perhitungan menggunakan ANOVA

9  Karena keputusan kita adalah menolak Ho yang artinya tidak semua rata-rata dalam populasi adalah sama, maka kita dapat mencari tahu rata-rata pada populasi mana yang diduga memiliki perbedaan dengan rata-rata pada populasi lainnya, yaitu dengan melakukan Uji Tukey.

10  Hitung selisih mutlak rata-ratanya, sehingga diperoleh :

11 Hitung critical range-nya :

12

13

14  Bandingkan nilai critical range yang diperoleh dengan selisih mutlak rata-rata tiap populasi :  (A dan B) Critical range = 14,552 > 2,690, tidak beda nyata  (A dan C) Critical range = 13,537 > 13,143, tidak beda nyata  (A dan D) Critical range = 13,981 > 5,857, tidak beda nyata  (B dan C) Critical range = 14,126 < 15,833, beda nyata  (B dan D) Critical range = 8,548 > 15,833, tidak beda nyata  (C dan D) Critical range = 13,537 > 7,286, tidak beda nyata

15  Kesimpulan soal: Ternyata yang menyebabkan ditolaknya H 0 yang menyatakan bahwa μ A = μ B = μ C = μ D adalah perbedaan nyata yang terdapat pada rata-rata populasi B dan C.

16


Download ppt "1. Andreas L.H.K. 2. Fitri Intan P. 3. Jacob Da Costa 4. Silvia H.Parinduri 5. Zukha Latifah 1. Andreas L.H.K. 2. Fitri Intan P. 3. Jacob Da Costa 4. Silvia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google