Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Modul ke: Fakultas Program Studi Memajukan Negara dengan TI Dr. Ir. Eliyani 13 ILMU KOMPUTER Teknik Informatika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Modul ke: Fakultas Program Studi Memajukan Negara dengan TI Dr. Ir. Eliyani 13 ILMU KOMPUTER Teknik Informatika."— Transcript presentasi:

1 Modul ke: Fakultas Program Studi Memajukan Negara dengan TI Dr. Ir. Eliyani 13 ILMU KOMPUTER Teknik Informatika

2 Keluar dari Kekalahan dengan TI Amerika Vs Jepang Vs Indonesia

3 Joke 3 orang beda warga negara sedang terdiam menikmati kehangatan sauna, yaitu orang dari Amerika, Jepang dan Indonesia. Keheningan didalam ruangan sauna dipecahkan oleh bunyi,..bip,...bip,....bip... Orang Amerika membuka telapak tangan kirinya, dan membaca tulisan yang tertulis ditelapak tangannya itu.

4 Lanjutan cerita Dua rekan se 'sauna' nya dengan kagum melihat tulisan yang muncul ditelapak tangan orang Amerika tersebut."Oh, telapak tangan saya telah ditanamkan chips, saya dapat langsung menerima pesan SMS tanpa alat, SMS nya langung tampil ditelapak tangan saya,..." ujar si Amerika ketika melihat kedua rekannya bengong. Sesaat kemudian terdengar dering telepon, orang Jepang mengangkat tangan kanannya, jempol didekatkan ke telinga sedangkan jari kelingking kebibirnya, "Oh maaf, saya terima telepon dulu, tangan saya sudah berisi chips, saya dapat menerima dan berbicara melalui 2 jari saya tanpa menggunakan HP" kata si Jepang. Melihat semua itu, orang Indonesia mulai gugup, Apa yang bisa saya tunjukkan untuk mengalahkan orang orang ini? pikirnya.

5 Lanjutan cerita Karena stress, keinginannya untuk buang air besar tidak tertahankan lagi. Usai buang air, dia kembali lagi ke ruang sauna, tetapi karena tidak biasa membasuh bokongnya dengan kertas toilet, seuntai kertas toilet masih berjuntai di belahan bokongnya. Dengan keheranan orang Jepang dan orang Amerika menunjuk ke untaian kertas 'sisa' tsb dan berkata: "Kertas apa itu yang tergantung dibokong anda...?""Oh maaf, saya baru terima Fax.." jawab orang Indonesia tersebut.

6 Super Komputer Jepang K Computer yang dibuat di Jepang tercatat mampu membukukan kecepatan kalkulasi mencapai 10,51 petaflop/s. K Computer ini merupakan super komputer yang dibangun oleh perusahaan teknologi Fujitsu. Perangkat yang ditempatkan di RIKEN Advanced Institute for Computational Science, Kobe, Jepang itu dilengkapi lebih dari 80 ribu unit CPU yang masing-masingnya diperkuat dengan 8 core. Jepang sendiri telah mempunyai beberapa super komputer.

7 Penentu Kemenangan Peraturan Undang-Undang yaitu perlindungan hak cipta dan paten. Semangat kewirausahaan. Perlombaan Senjata dan kemakmuran ekonomi pasca Perang Dunia II. Laboratorium riset milik Perusahaan dan Universitas. Modal ventura dan pengurangan pajak perolehan modal. Perlawanan budaya tahun 1970-an. Kekuatan perangkat keras naik secara eksponensial. Nilai Konektivitas naik secara eksponensial. Para usahawan yang masih menjalankan perusahaan- perusahaan besar.

8 Mana Indonesia

9 UU Perlindungan HKI Konstitusi Amerika menyebutkan : Kongres seharusnya mempunyai kekuasaan untuk mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan seni yang bermanfaat dengan mengamankan untuk waktu yang terbatas atas hak ekslusif dari pengarang dan penemu, dalam hal tulisan dan penemuan mereka.

10 Semangat Kewirausahaan Sejak anak-anak, warga AS telah mengenal dan akrab dengan cerita para penemu yang sukses dengan penemuan dan bisnis mereka, seperti Thomas Alfa Edison dan Alexander Graham Bell. Sebagian dari mereka bermimpi untuk meneruskan jejak menjadi penemu yang sukses ini dan bermimpi menjadi kaya dengan karya inovatif mereka. Mereka bersemangat untuk menjadi usahawan.

11 Perlombaan Senjata Kalah dari US membuat roket yang tangguh, AS terpaksa mengecilkan satelit mereka agar lebih ringan. Namun belakangan, “kegagalan” ini justeru menjadi “keberuntungan” untuk AS. Karena terbiasa membuat yang kecil-kecil, sehingga mereka pun berhasil mengembangkan transistor dan sirkuit terintegrasi (IC), yang justeru menjadikan komputer makin kecil dan makin kecil. Hingga era sekarang ini ditemukan PC genggam dan berbagai gadget lainnya.

12

13 Laboratorium Terdapat tiga laboratorium di AS yang berhasil mengembangkan TI, yaitu: Bell Laboratories Laboratorium IBM XEROX

14 Tiga perusahaan komputer terkemuka yang didirikan oleh para mahasiswa dari asrama mahasiswa yang sama Margaret Jacks Hall, yaitu : SUN Microsystems; mengembangkan server dan perangkat lunak internet. Nama perusahaan tersebut merupakan singkatan dari Stanford University Network. Silicon Graphics (SGI); yang mengembangkan workstation. CISCO Systems, yang mengembangkan perangkat infrastruktur jaringan.

15 BACAAN Disarikan dari KOMPUTER dan MASYARAKAT, Jhon Preston, Sally Preston, dan Robert Ferret. Penerbit Andi. Yogyakarta

16 Terima Kasih YA Allah, tambahkanlah aku ilmu dan kepahaman.. AAMIIN


Download ppt "Modul ke: Fakultas Program Studi Memajukan Negara dengan TI Dr. Ir. Eliyani 13 ILMU KOMPUTER Teknik Informatika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google