Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DIAGRAM LEXIS. Pengertian Diagram Lexis adalah diagram yang melukiskan hubungan antara waktu terjadinya suatu peristiwa kependudukan dengan umur seseorang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DIAGRAM LEXIS. Pengertian Diagram Lexis adalah diagram yang melukiskan hubungan antara waktu terjadinya suatu peristiwa kependudukan dengan umur seseorang."— Transcript presentasi:

1 DIAGRAM LEXIS

2 Pengertian Diagram Lexis adalah diagram yang melukiskan hubungan antara waktu terjadinya suatu peristiwa kependudukan dengan umur seseorang pada waktu terjadinya peristiwa tersebut. Peristiwa ini dilukiskan dalam sebuah grafik dengan sumbu x (sumbu horizontal) melukiskan skala waktu dan sumbu y (sumbu vertikal) melukiskan skala umur atau lamanya waktu. Kedua sumbu dibatasi garis-garis dengan jarak yang sama.

3 LBD EA ↑ ↑ Tahun /1/1972 1/1/1974 Umur ↑ ↑ Diagram Lexis

4 Contoh: Seseorang lahir pada tanggal 1 Januari 2000, jadi pada waktu peristiwa ini ia berumur “0” tahun (A). Pada tanggal 1 Januari 2001, anak tersebut merayakan ulang tahunnya yang pertama (B), dan pada tanggal 1 Januari 2002, ia tepat berumur 2 tahun (C), dan seterusnya. Karena skala mendatar dan vertikal sama, maka titik A, B, C, dan seterusnya terletak pada satu garis. Garis diagonal merupakan tempat kedudukan titik-titik yang menghubungkan antara waktu dan umur. Garis ini disebut garis kehidupan (life line).

5 Umur (Tahun) Garis Kehidupan (Life Line) Gambar 1. Diagram Lexis, Hubungan antara Tahun dengan Umur Seseorang E Tanggal 1 Januari pada tiap-tiap tahun D C B A

6 Garis Hidup (Life Line) Umur Tahun b n Sejarah kehidupan individu yang secara grafis digambarkan oleh sebuah garis yang titik awalnya adalah pada saat individu tersebut lahir (masuk ke dalam populasi) dan titik akhirnya adalah pada saat meninggal (keluar dari populasi)

7 Contoh: Apabila kita ingin mengetahui umur seseorang perempuan pada waktu perempuan tersebut melahirkan, tinggal menarik garis dari sumbu x pada hari ia melahirkan ke atas (sejajar dengan sumbu y) sehingga memotong garis kehidupan, dari titik potong ini dibuat garis sejajar dengan sumbu x hingga memotong sumbu y. Titik potong pada sumbu y ini menunjukkan umur perempuan tersebut pada saat melahirkan.

8 Umur (Tahun) Umur A Saat Melahirkan pada 10 Maret A

9 Prinsip [1] Garis vertikal pada diagram lexis adalah umur (age). Penomoran umur dimulai dari umur yang paling kecil pada baris pertama dilanjutkan kemudian ke umur berikutnya pada baris selanjutnya. Garis Horizontal berisi tentang series waktu (tahun) UMUR TAHUN KALENDER (WAKTU KELAHIRAN)

10 Prinsip [2] Setiap titik didalam Diagram Lexis merupakan koordinat (kombinasi umur dan tahun). Setiap garis yang terdapat pada Diagram Lexis dibentuk dari dua koordinat yang berbeda. Setiap garis putus-putus mencerminkan adanya keterkaitan dengan “event” yang terjadi UMUR TAHUN KALENDER (WAKTU KELAHIRAN) **

11 EA Vs LBD Konsep “Exact Age (EA)” adalah individu yang tepat berumur “x” pada tahun tertentu. Konsep “Last Birth Day (LBD)” adalah umur pada saat ulang tahun terakhir. Konsep ”LBD” adalah umur individu dengan pembulatan kebawah.

12 Time Vs Time Period Konsep “Time (waktu)” merujuk pada “satu” titik waktu. Konsep “Time Period (periode waktu)” merujuk pada adanya selang waktu tertentu dari awal suatu kejadian sampai akhir suatu kejadian.

13 Diagram Lexis, disamping menggambarkan umur seseorang pada saat terjadinya peristiwa tertentu dapat juga menggambarkan umur sebuah kohor (cohort). Kohor adalah sekelompok penduduk yang dalam perjalanan hidupnya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang sama. Misalnya kohor kelahiran (actual birth cohort) adalah sekelompok penduduk yang lahir pada waktu yang sama.

14 Contoh: Kohor kelahiran tahun 1986 terdiri dari semua orang yang lahir pada tanggal 1 Januari 1986 sampai dengan tanggal 31 Desember Pada tanggal 1 Januari 1987, anggota kohor yang lahir pada tanggal 1 Januari 1986 tepat berumur satu tahun. Sedangkan anggota yang lain, umurnya dibawah satu tahun. Begitu pula pada tanggal 1 Januari 1988, anggota kohor yang lahir tanggal 1 Januari 1986 merayakan hari ulang tahunnya yang kedua. Sedangkan anggota-anggota yang lainnya berumur diatas satu tahun tetapi masih dibawah dua tahun.

15 Umur (Tahun) Diagram Lexis, Kohor Kelahiran Tahun A B

16 Diagram Lexis, Kohor Sintetis Umur (Tahun) Kohor Kohor Kohor Kohor Kohor sintetis ini terdiri dari beberapa kohor kelahiran dan beberapa kohor ini dilihat pada suatu waktu tertentu. Perpotongan antara garis vertikal dari titik waktu tersebut terhadap beberapa kohor tersebut menghasilkan kohor sintetis. Kohor Kohor Kohor Kohor

17 Diagram Lexis, Kohor Sintetis Tanggal 1 Januari 1966, Umur 5-9 Tahun Kelompok Umur 5-9 Tahun Tanggal 1 Januari 1966

18 Kohor Diagram Lexis, Kohor Sintetis Tanggal 1 Januari 1966, Umur 5-9 Tahun Kohor 1957 Kohor 1958 Kohor 1959 Kohor 1960 Kelompok Umur 5-9 Tahun Tanggal 1 Januari 1966 Kohor

19 Apabila diteliti lebih lanjut, penduduk golongan umur 5-9 tahun terdiri dari beberapa kohor, yaitu: a.Kohor yang sudah berumur 9 tahun tetapi belum mencapai 10 tahun, berasal dari kelahiran b.Kohor yang sudah berumur 8 tahun tetapi belum mencapai 9 tahun, berasal dari kelahiran c.Kohor yang sudah berumur 7 tahun tetapi belum mencapai 8 tahun, berasal dari kelahiran d.Kohor yang sudah berumur 6 tahun tetapi belum mencapai 7 tahun, berasal dari kelahiran e.Kohor yang sudah berumur 5 tahun tetapi belum mencapai 6 tahun, berasal dari kelahiran 1960.

20 Cohort Vs Period Konsep Kohor dan Periode erat kaitannya dengan konsep diskret dan kontinu. Kohor didefinisikan sebagai sekelompok orang yang mengalami suatu event dalam periode waktu yang sama. Periode lebih merujuk pada kondisi suatu waktu, tanpa memandang kombinasi populasi

21 Penduduk Pada Waktu t Diwakili oleh sebuah garis yang tegak lurus terhadap garis horizontal (tahun) pada titik “t”.

22 Penduduk Pada Waktu t Umur Periode/ Waktu t

23 Penduduk Usia x sampai x+n Pada Tahun t Umur Tahun x+n x t

24 Penduduk Mencapai Usia x pada Tahun t sampai dengan Tahun t+n Umur Tahun x t t+n

25 Kematian antara Tahun t sampai dengan Tahun t+n Kondisi ini digambarkan oleh sebuah bangun persegi yang terbuka atas. Alas dari bangun persegi merujuk pada periode waktu terjadinya kematian. Bangun persegi ini tegak lurus terhadap garis horizontal.

26 Kematian antara Tahun t sampai dengan Tahun t+n Umur Tahun t t+n

27 Kematian Penduduk Usia x sampai x+n antara Tahun t sampai dengan Tahun t+n Umur Tahun x+n x t t+n

28 Kematian Penduduk yang lahir antara tahun t sampai dengan tahun t+n Umur Tahun t t+n

29 Kematian Penduduk usia x sampai dengan x+n pada tahun t Umur Tahun x+n x

30 Kematian Bayi selama tahun t Terhadap banyaknya bayi yang lahir pada tahun t Umur Tahun t 1 BtBt Dt’Dt’ Dt”Dt”

31 Kematian antara umur x sampai x+n dari penduduk yang lahir antara tahun t sampai tahun t+n Umur Tahun t t+n x+n x

32 Di dalam demografi, kejadian-kejadian seperti kelahiran, kematian, dan perkawinan, diamati atau dicatat pada tahun tertentu. Kejadian- kejadian tersebut sebenarnya dapat digolongkan menjadi 2 macam. Pertama, berdasarkan waktu berakhirnya peristiwa tersebut misalnya kematian, berakhirnya perkawinan, dst. Kedua berdasarkan kohor dari individu-individu bersangkutan sesuai dengan kejadian-kejadian yang dialami. Misalnya kematian dihubungkan dengan kohor kelahiran, menjanda dihubungkan dengan kohor perkawinan. Dalam Diagram Lexis kedua penggolongan tersebut dapat dilihat sekaligus (penggolongan rangkap).

33 Jumlah Kematian di Suatu Wilayah Tahun 1985 Menurut Tahun Kelahiran dan Umur Tahun Kelahiran Umur pada Ulang Tahun Terakhir Jumlah Kematian …… …… …… Dapat dilihat betapa pentingnya Diagram Lexis dalam memahami hubungan antara umur dengan variabel-variabel demografi yang lain. Tanpa menggunakan Diagram Lexis, analisis hubungan tersebut sulit dapat dipahami.

34 Umur (Tahun) Jumlah Kematian di Suatu Wilayah Tahun 1985 Menurut Umur dan Tahun Kelahiran Saat Observasi 1985

35  Istilah-istilah yang sering dipakai: EzxEzx =Jumlah orang yang memasuki umur x di tahun z BzBz =Jumlah kelahiran di tahun z PzxPzx = Jumlah orang hidup di awal tahun z yang berumur x tahun (LBD) DzxDzx = Jumlah kematian yang terjadi selama tahun z diantara orang-orang yang telah memasuki umur x (LBD) αDzxαDzx = Jumlah orang yang memasuki umur x di tahun z yang meninggal sebelum berakhirnya tahun z δDzxδDzx =Jumlah orang yang hidup pada awal tahun z yang berumur x tahun (LBD) dan meninggal sebelum memasuki umur x+1

36  Catatan:

37 B 95 =Jumlah kelahiran pada tahun 1995 = 6 E 1 95 = Jumlah orang yang berulang tahun pertama pada tahun 1995 = 10 E 1 96 = Jumlah orang yang berulang tahun pertama pada tahun 1996 = 4 α D 0 95 = Jumlah kematian pada umur 0 tahun untuk yang lahir di tahun 1995 = 1 δ D 0 95 = Jumlah kematian pada umur 0 tahun untuk yang lahir di tahun 1994 = 2 δ D 0 96 = Jumlah kematian pada umur 0 tahun untuk yang lahir di tahun 1995 = 1 α D 1 96 = Jumlah kematian pada umur 1 tahun untuk yang lahir di tahun 1995 = 1 P197P197 =Jumlah penduduk berusia 1 tahun di tahun 1997 = 3 Contoh:

38 Umur Waktu B 95 α D 0 95 E 1 95 E 1 96 δ D 0 95 δ D 0 96 P197P197

39 Umur Waktu

40 Perkiraan Angka Kematian Bayi (AKB) Rumus : AKB=D y /B y ; (membagi jumlah kematian setahun terakhir (=D y ) (data tersedia) dengan jumlah kelahiran pada periode yang sama (B y ). Cara ‘biasa’ ini menghasilkan angka yang tidak murni probabilitasnya. Kenapa?

41 Perkiraan Angka Kematian Bayi (AKB) Solusi: D (y-1)” D (y)” D (y+1)” D (y-1)’ D (y)’ D (y+1) ’ B (y-1) B (y) B (y+1) Alternatif Penghitungan AKB: AKB = (D (y)’ +D (y)” )/B (y) AKB = {(D (y)’ +D (y+1)” }/B (y) AKB = {D (y)’ /B (y) }+{ D (y)” /B (y-1) } AKB = D (y)’ /{f 1 B (y) +(1-f 1 )B (y-1) } dimana f 1 =D (y)’ /(D (y)’ +D (y)” ) dan f 1 +f 2 =1.

42 Faktor Separasi menurut Kelas IMR AKBf1f

43 Berikut ini adalah data suatu penduduk hipotetik yang tidak ada migrasinya. Masukkan data tersebut kedalam Diagram Lexis! 8. P 1 88 = α D 0 87 = E 1 87 = B 86 = E 5 88 = δ D 0 87 =75 1. P 2 85 = E 3 89 = E 0 88 = E 1 89 = E 2 88 = B 87 = δ D 2 89 =45

44 14.Antara umur tepat 4 dan 5 terdapat 45 kematian untuk kohor Pada tahun 1985 terdapat 75 kematian untuk kohor 1982

45 Soal-soal: 1.Berapakah Jumlah penduduk yang berusia tiga tahun pada tahun 1986? 2.Berapakah Jumlah kematian pada tahun 1988 untuk kohor 1986? 3.Berapakah Jumlah kematian pada tahun 1987 untuk kohor 1986? 4.Berapakah Jumlah kematian pada tahun 1986 untuk kohor 1986? 5.Berapakah Jumlah kematian bayi untuk kohor 1988? 6.Berapakah Proporsi kematian kohor 1986 terhadap kematian bayi tahun 1987?

46 Berikut ini adalah data suatu penduduk hipotetik yang tidak ada migrasinya. Masukkan data tersebut kedalam Diagram Lexis! 8. E 4 91 = B 94 = E 3 94 = α D 0 92 = D 0 93 = α D 1 93 = P 1 91 = δ D 2 94 = α D 3 93 = B 91 = E 1 92 = P 0 94 = δ D 0 92 =54 3. E 1 93 = E 0 92 = E 2 93 = δ D 0 91 =52 7. δ D 3 93 =7

47 19. Pada tahun 1991 terdapat 60 kematian untuk kohor Antara exact age 3 dan 4 terdapat 35 kematian untuk kohor 1989.


Download ppt "DIAGRAM LEXIS. Pengertian Diagram Lexis adalah diagram yang melukiskan hubungan antara waktu terjadinya suatu peristiwa kependudukan dengan umur seseorang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google