Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

D EMAND / P ERMINTAAN. P ENGERTIAN P ERMINTAAN ADALAH fungsi yang menunjukkan berbagai jumlah produk yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "D EMAND / P ERMINTAAN. P ENGERTIAN P ERMINTAAN ADALAH fungsi yang menunjukkan berbagai jumlah produk yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat."— Transcript presentasi:

1 D EMAND / P ERMINTAAN

2 P ENGERTIAN P ERMINTAAN ADALAH fungsi yang menunjukkan berbagai jumlah produk yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu.

3 Kurva permintaan menunjukkan hubungan terbalik antara harga dengan jumlah barang yang diminta dan berlereng/ slope negatif yang artinya kenaikan harga akan mengakibatkan penurunan jumlah barang yang diminta.

4 K URVA P ERMINTAAN BISA DIGAMBARKAN SEBAGAI BERIKUT : PRICE P1 D 0 Q1QUANTITIY

5 F AKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN SELAIN HARGA BARANG TERSEBUT ADALAH SEBAGAI BERIKUT : Selera, perubahan selera konsumen bisa terjadi karena faktor mode dan iklan Jumlah konsumen, pertambahn penduduk akan mengakibatkan jumlah konsumen yang semakin meningkat dan mengubah permintaan

6 Pendapatan konsumen.Pada kasus barang normal pertambahan pendapatan akan menaikkan permintaan sementara untuk barang inferior, pertambahan pendapatan justru akan menyebabkan penurunan permintaan.

7 Harga barang lain. Pengaruh perubahan harga barang tergantung apakah barang tersebut sifatnya substitusi / saling menggantikan atau barang komplementer/ saling melengkapi.

8 Ekspektasi/ Harapan akan masa depan. Apabila ekspektasi positif, artinya harga barang diharapkan normal maka tidak mempengaruhi permintaan tetapi apabila ekspektasinya negatif di mana harga barang diharapkan akan naik akan mengakibatkan kenaikan permintaan.

9 PERGERAKAN DAN PERGESERAN KURVA PERMINTAAN Bila hanya harga yang berubah maka perubahan jumlah yang diminta hanya terjadi sepanjang kurva permintaan itu saja disebut sebagai pergerakan dalam kurva.

10 PERGERAKAN DALAM KURVA PRICE P2 B A P1 D 0Q2 Q1QUANTITIY

11 PERGESERAN DALAM KURVA Jika yang mempengaruhi permintaan adalah faktor lain selain harga, maka perubahan jumlah yang diminta akan menggeser kurva ke atas dan kebawah.

12 PERGESERAN DALAM KURVA PRICE A C P1 D2 D1 0Q2 Q1 Q3QUANTITIY

13 S UPPLY / P ENAWARAN Pengertian Penawaran adalah sejumlah kuantitas barang tertentu yang ingin dijual oleh produsen pada berbagai tingkat harga dalam periode waktu tertentu.

14 Kurva penawaran juga menunjukkan hubungan antara harga dengan kuantitas, di mana apabila harag turun maka jumlah yang ditawarkan untuk dijual turun sementara apabila harga naik maka jumlah yang tersedia untuk dijual juga naik sehingga Kurva Penawaran berslope Positif

15 K URVA P ENAWARAN : PRICE S P1 0 Q1QUANTITIY

16 S ELAIN HARGA, FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FUNGSI PENAWARAN ADALAH SEBAGAI BERIKUT : Tehnik produksi dan harga faktor produksi. Karena hal yang terpenting dalam penentuan harga suatu barang adalah biaya yang dikeluarkan untuk membuat barang itu sendiri.

17 Perubahan harga barang lain. Hal ini berkaitan dengan sifat barang lain tersebut apakah substitusi ataukah komplementer.

18 Ekspektasi di masa depan. Apabila ekspektasi harga positif artinya tidak ada kemungkinan kenaikan harga relatif tinggi di masa depan maka penawaran akan tetap, sebaliknya apabila ada ekspektasi harga akan naik maka produsen akan mengurangi penawaran dan menimbun barang untuk dijual di masa yang akan datang.

19 Banyaknya produsen. Semakin banyak produsen artinya penawaran bertambah dan sebaliknya apabila jumlah produsen sedikit, penawaran akan berkurang.

20 K ESEIMBANGAN A NTARA S UPPLY DAN D EMAND Unsur yang paling penting dalam Pasar adalah harga dan jumlah barang yang disepakati oleh konsumen maupun oleh produsen. Dalam pasar, penawaran dan permintaan akan melakukan tarik menarik atau Bargaining Power untuk membentuk harga dan kuantitas yang disepakati.

21 K URVA K ESEIMBANGAN A NTARA S UPPLY DAN D EMAND PRICE S P1 D 0 Q1QUANTITIY


Download ppt "D EMAND / P ERMINTAAN. P ENGERTIAN P ERMINTAAN ADALAH fungsi yang menunjukkan berbagai jumlah produk yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google