Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGOLAHAN TERBITAN BERSERI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH UMMI RODLIYAH, S.IPI.,M.Hum. DIKLAT PENGELOLA PERPUSTAKAAN MADRASAH SURABAYA 2011.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGOLAHAN TERBITAN BERSERI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH UMMI RODLIYAH, S.IPI.,M.Hum. DIKLAT PENGELOLA PERPUSTAKAAN MADRASAH SURABAYA 2011."— Transcript presentasi:

1 PENGOLAHAN TERBITAN BERSERI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH UMMI RODLIYAH, S.IPI.,M.Hum. DIKLAT PENGELOLA PERPUSTAKAAN MADRASAH SURABAYA 2011

2

3 PENDAHULUAN Peran perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar Peran perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar Tumbuh kembang perpustakaan dilihat dari pemanfaatan koleksinya Tumbuh kembang perpustakaan dilihat dari pemanfaatan koleksinya Kesesuaian dan keragaman koleksi Kesesuaian dan keragaman koleksi Koleksi terbitan berseri salah satu amanat Undang-undang Koleksi terbitan berseri salah satu amanat Undang-undang

4 DEVINISI Terbitan Berseri menurut ALA Glossary of Library and Information Science adalah Terbitan Berseri menurut ALA Glossary of Library and Information Science adalah “A publication in any medium issued in successive parts bearing numerical or chronological designations and intended to be continued indefinitely” “A publication in any medium issued in successive parts bearing numerical or chronological designations and intended to be continued indefinitely” suatu publikasi yang direncanakan untuk diterbitkan secara terus menerus dengan jangka waktu terbit yang tidak tertentu. suatu publikasi yang direncanakan untuk diterbitkan secara terus menerus dengan jangka waktu terbit yang tidak tertentu.

5 TERBITAN BERSERI Terbitan Berseri adalah terbitan yang keluar dalam bagian-bagian yang berurutan, biasanya dengan jarak frekunesi terbit tertentu dan direncanaan untuk diterbitkan secara terus menerus (ISO) Serial atau terbitan berseri mencakup majalah,surat kabar,laporan tahunan,jurnal ilmiah, prosiding, memoar,dan monografi berseri. Serial atau terbitan berseri mencakup majalah,surat kabar,laporan tahunan,jurnal ilmiah, prosiding, memoar,dan monografi berseri.

6 CIRI-CIRI TERBITAN BERSERI Dalam satu kali terbit memuat beberapa tulisan yang ditulis oleh beberapa orang dengan topik dan gaya bahasa yang berbeda. Dalam satu kali terbit memuat beberapa tulisan yang ditulis oleh beberapa orang dengan topik dan gaya bahasa yang berbeda. Artikel atau tulisan pada umumnya tidak terlalu panjang sebagaimana pada buku teks. Artikel atau tulisan pada umumnya tidak terlalu panjang sebagaimana pada buku teks. Menyampaikan berita, peristiwa, penemuan dan ide baru atau sesuatu yang dianggap menarik perhatian masyarakat pada umumnya. Menyampaikan berita, peristiwa, penemuan dan ide baru atau sesuatu yang dianggap menarik perhatian masyarakat pada umumnya. Dikelola oleh sekelompok orang, yang kemudian membentuk perkumpulan, organisasi maupun susunan redaksi. Dikelola oleh sekelompok orang, yang kemudian membentuk perkumpulan, organisasi maupun susunan redaksi. Merupakan bentuk arsip ilmiah yang diketahui oleh masyarakat umum. Merupakan bentuk arsip ilmiah yang diketahui oleh masyarakat umum. Terbit terus menerus dengan memiliki kala, waktu, frekuensi terbit tertentu.(Lasa HS, 1994) Terbit terus menerus dengan memiliki kala, waktu, frekuensi terbit tertentu.(Lasa HS, 1994) Memiliki judul Seri yg selalu sama pada setiap nomor penerbitan Memiliki judul Seri yg selalu sama pada setiap nomor penerbitan Terdapat halaman editor Terdapat halaman editor Daftar isi merupakan daftar artikel yang dimuat Daftar isi merupakan daftar artikel yang dimuat

7 TB PENTING KARENA … Dibandingkan dengan monograf TB lebih cepat dan mutaakhir Dibandingkan dengan monograf TB lebih cepat dan mutaakhir Artikelnya tak ada dalam monograf Artikelnya tak ada dalam monograf Mendukung penelitian yg akan, sedang atau telah dilakukan Mendukung penelitian yg akan, sedang atau telah dilakukan Memberi ruang untuk menyamapaikan ide atau gagasan yg cepat Memberi ruang untuk menyamapaikan ide atau gagasan yg cepat Memberikan informasi yg dapat memperluas wawasan. Memberikan informasi yg dapat memperluas wawasan.

8 JENIS TERBITAN BERSERI Majalah Ilmiah Majalah Ilmiah Majalah Berita, Perdagangan, Teknis, Majalah Berita, Perdagangan, Teknis, Majalah Populer dan hiburan Majalah Populer dan hiburan Majalah Industri (house journals) Majalah Industri (house journals) Laporan Lembaga Laporan Lembaga JURNAL, MAJALAH, KORAN, WARTA, BULETIN, LAPORAN

9 Jenis Terbitan Berseri Magazine Majalah Populer: Femina, kartini, Tempo, Gatra, Gadis dll Majalah Ilmiah Populer: Trubus, Flora, Info Komputer Newsletter Diterbitkan untuk menyebarluaskan kegiatan dari instansi, baik ilmiah maupun kegiatan sehari-hari, Biasanya dikirim gratis Bulletin memuat berita dan artikel dari hasil penelitian Journal memuat artikel hasil penelitian bidang ilmu tertentu melalui proses penilaian oleh tim yg ahli dibidangnya

10 TB dari Perpustakaan Daftar Tambahan Koleksi (Accession list) Daftar Tambahan Koleksi (Accession list) Buletin Buletin Bibliografi Bibliografi Kliping Kliping

11 LAYANAN TERBITAN BERSERI PAMERAN/DISPLAY TERBITAN PAMERAN/DISPLAY TERBITAN PENGEDARAN TERBITAN BERSERI KPD PENGGUNA TERBATAS PENGEDARAN TERBITAN BERSERI KPD PENGGUNA TERBATAS JASA INFORMASI MUTAHIR (CURRENT AWARNESS SERVICES) JASA INFORMASI MUTAHIR (CURRENT AWARNESS SERVICES) LAYANAN INFORMASI TERSELEKSI (SELEKTIVE DISSEMINATION OF INFORMATION) LAYANAN INFORMASI TERSELEKSI (SELEKTIVE DISSEMINATION OF INFORMATION)

12 FOTO LAYANAN

13

14 SISWA BERKONSULTASI DG PUSTAKAWAN TENTANG TUGAS

15 Misi perpustakaan sekolah sni menyediakan informasi dan ide yang merupakan fondasi agar berfungsi secara baik di dalam masyarakat masa kini yang berbasis informasi dan pengetahuan; menyediakan informasi dan ide yang merupakan fondasi agar berfungsi secara baik di dalam masyarakat masa kini yang berbasis informasi dan pengetahuan; merupakan sarana bagi murid agar terampil belajar sepanjang hayat dan mampu mengembangkan daya pikir agar mereka dapat hidup sebagai warga negara yang bertanggung jawab. merupakan sarana bagi murid agar terampil belajar sepanjang hayat dan mampu mengembangkan daya pikir agar mereka dapat hidup sebagai warga negara yang bertanggung jawab.

16 ANGGARAN SNI Sekolah menjamin tersedianya anggaran perpustakaan setiap tahun sekurang- kurangnya 5% dari total anggaran sekolah di luar belanja pegawai dan pemeliharaan serta perawatan gedung. Sekolah menjamin tersedianya anggaran perpustakaan setiap tahun sekurang- kurangnya 5% dari total anggaran sekolah di luar belanja pegawai dan pemeliharaan serta perawatan gedung.

17

18 SNI Perpustakaan Sekolah Perpustakaan menambah koleksi buku per tahun sekurang-kurangnya 10% dari jumlah koleksi. Perpustakaan menambah koleksi buku per tahun sekurang-kurangnya 10% dari jumlah koleksi.

19 SNI Perpustakaan Sekolah Terbitan berkala (minimal satu judul majalah dan satu judul surat kabar) Terbitan berkala (minimal satu judul majalah dan satu judul surat kabar) Buku pelajaran pelengkap Buku pelajaran pelengkap buku pelajaran pelengkap yang sifatnya membantu atau BUKU tAMBAHAN buku pelajaran pelengkap yang sifatnya membantu atau BUKU tAMBAHAN Buku bacaan Buku bacaan koleksi nonfiksi yang terkait dengan kurikulum dan koleksi buku fiksi dengan perbandingan 60:40.

20 SNI Perpustakaan Sekolah Materi perpustakaan referensi Materi perpustakaan referensi materi referensi minimal meliputi kamus umum bahasa Indonesia dan kamus bahasa Inggris (untuk pendidikan dasar dan menengah), kamus bahasa daerah, kamus bahasa Jerman, Prancis, Jepang, Arab, Mandarin (untuk pendidikan menengah), kamus subyek, ensiklopedi, sumber biografi, atlas, peta, bola dunia, serta buku telepon. Materi perpustakaan elektronik Materi perpustakaan elektronik Perpustakaan menyediakan akses sumber informasi elektronik termasuk internet.

21

22

23 PENGOLAHAN BAHAN TERBITAN BERSERI Pengolahan dimulai pada waktu perpustakaan memesan/menerima bahan pustaka sampai pada tahap penyiapanya untuk melayani para pengguna perpustakaan. Terdiri dari: Pengolahan dimulai pada waktu perpustakaan memesan/menerima bahan pustaka sampai pada tahap penyiapanya untuk melayani para pengguna perpustakaan. Terdiri dari: Persiapan Persiapan Pembuatan Katalog Pembuatan Katalog Kelengkapan Kelengkapan

24 PERSIAPAN PENERIMAAN PENERIMAAN PEMBERIAN STEMPEL PEMBERIAN STEMPEL PENCATATAN PENCATATAN

25 1. PENERIMAAN Penerimaan Penerimaan Semua terbitan berseri yang masuk ke perpustaaan harus diperiksa terlebih dahulu asal perolehannya.apakah terbitan berseri tersebut berasal dari 1) pembelian; 2) tukar menukar; 3) hadiah.

26 Langkah-langkah penerimaan Periksa alamat pengirim dan alamat penerima pada kemasan pembungkus. Periksa alamat pengirim dan alamat penerima pada kemasan pembungkus. Cocokkan dengan surat pengantar dan daftar pesanan untuk yang berasal dari pembelian. Apabila tidak sesuai, beri catatan dan dikembalikan lagi kepada si pengirim. Cocokkan dengan surat pengantar dan daftar pesanan untuk yang berasal dari pembelian. Apabila tidak sesuai, beri catatan dan dikembalikan lagi kepada si pengirim. Perisa apakah ada kerusakan, tidak lengkap, atau ada halaman yang kurang. Perisa apakah ada kerusakan, tidak lengkap, atau ada halaman yang kurang. Bila sudah cocok, kirimkan surat pengantar atau tanda terimanya kepada pengirim. Bila sudah cocok, kirimkan surat pengantar atau tanda terimanya kepada pengirim. Terbitan berseri siap diregisrasi untuk dimasukkan ke dalam koleksi. Terbitan berseri siap diregisrasi untuk dimasukkan ke dalam koleksi.

27 2. Tanda Kepemilikan Stempel : tanda kepemilikan tersebut dapat diletakkan pada halaman paling depan, yaitu halaman sesudah sampul. Stempel : tanda kepemilikan tersebut dapat diletakkan pada halaman paling depan, yaitu halaman sesudah sampul. Bentuk stempel yang digunakan bermacam- macam. Bentuk stempel yang digunakan bermacam- macam. juga pada halaman-halamantertentu bergantung pada kebutuhan, misalnya ditempatkan pada setiap 25 halaman, 10 halaman, 15 halaman bergantung kebijakan perpustakaan tersebut. juga pada halaman-halamantertentu bergantung pada kebutuhan, misalnya ditempatkan pada setiap 25 halaman, 10 halaman, 15 halaman bergantung kebijakan perpustakaan tersebut.

28 3. PENCATATAN Informasi yang perlu dicatat antara lain sebagai berikut : Judul terbitan berseri Judul terbitan berseri ISSN ISSN Nama penerbit Nama penerbit Alamat penerbit Alamat penerbit Kala terbit Kala terbit Harga langganan ( kalau berasal dari pembelian ) Harga langganan ( kalau berasal dari pembelian ) Lembaga dan alamat pengirim ( bila terbitan berseri tersebut berasal dari tukar menukar dan hadiah ) Lembaga dan alamat pengirim ( bila terbitan berseri tersebut berasal dari tukar menukar dan hadiah ) Judul bahan yang dipertukarkan ( bila berasal dari pertukaran ) Judul bahan yang dipertukarkan ( bila berasal dari pertukaran ) Nomor terbitan berseri. Nomor terbitan berseri.

29 MANFAAT PENCATATAN berguna untuk beberapa kepentingan : Mencatat majalah yang menjadi bagian koleksi Mencatat majalah yang menjadi bagian koleksi Memastikan nomor-nomor yang benar-benar datang Memastikan nomor-nomor yang benar-benar datang Melihat riwayat majalah Melihat riwayat majalah Mengetahui nomor-nomor majalah sebelumnya yang tidak ada atau tidak datang. Mengetahui nomor-nomor majalah sebelumnya yang tidak ada atau tidak datang.

30 KARTU REGISTRASI JUDUL: PENERBIT: ISSN: KALA TERBIT: DWIBULANAN HARGA: SUMBER: ALAMAT: (Alamat penerbit/lembaga pengirim) NOMOR VOL.TAHUNPENERIMAANKET IV2004   X X   V 2005

31 KATALOGISASI DISKRIPSI BIBLIOGRAFI DISKRIPSI BIBLIOGRAFI PENENTUAN TAJUK ENTRY UTAMA PENENTUAN TAJUK ENTRY UTAMA PENOMORAN PENOMORAN CATATAN CATATAN KATALOG DALAM DATA BASE KOMPUTER KATALOG DALAM DATA BASE KOMPUTER

32 DESKRISI BIBLIOGRAFI Daerah Judul dan Pernyataan Tanggung Jawab Daerah Judul dan Pernyataan Tanggung Jawab a. Judul Sebenarnya b. Judul Tambahan c. Judul Paralel Daerah Edisi Daerah Edisi Daerah Penomoran Daerah Penomoran Daerah Penerbitan: Kota terbit, Penerbit, tahun terbit. Daerah Penerbitan: Kota terbit, Penerbit, tahun terbit. Daerah Diskripsi Fisik: ilustrasi, ukuran, bahan yg diikutsertakan Daerah Diskripsi Fisik: ilustrasi, ukuran, bahan yg diikutsertakan Daerah Seri: judul seri dan nomor seri Daerah Seri: judul seri dan nomor seri Daerah Catatan Daerah Catatan Daerah ISSN Daerah ISSN

33 PENENTUAN TAJUK ENTRY UTAMA JUDUL JUDUL 1. JUDUL KHAS: ditulis sebagaimana tertera pada terbitan Contoh: Majalah Tempo ditulis Majalah Tempo 2. JUDUL TIDAK KHAS : Ditulis nama penanggung jawab Contoh: MAJALAH IDI ditulis IDI. Majalah

34 PENOMORAN Angka Arab digunakan dalam sistem penomoran walaupun angka romawi dinyatakan dalam terbitan tersebut. Angka Arab digunakan dalam sistem penomoran walaupun angka romawi dinyatakan dalam terbitan tersebut. Contoh Th. XI ditulis Th.11 Apabila terdapat penomoran dan kronologi maka catat penomoran dulu baru kronologi Apabila terdapat penomoran dan kronologi maka catat penomoran dulu baru kronologi Contoh: No.1 (Februari 2003)

35 CATATAN Frekwensi : bulanan, triwulan dll Frekwensi : bulanan, triwulan dll Edisi Edisi Bahasa Bahasa

36 CONTOH KATALOG Medika : media kedokteran dan farmasi = Medical and pharmaccuttical magazine. – Th. 3, no. 5 (Oktober 1977) Jakarta : Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia, Ilus.; 27 cm. Bulanan ISSN 0126 – 0901 = Medika

37 KATALOG DATA BASE Jika berupa pangkalan data di komputer mka terdiri dari: 1. Pengarang; walaupun ada lebih dari satu pengarang, semua dimasukkan dalam ruas ini, dengan dipisahkan dalam sub ruas. 2. Judul, anak judul, dan pernyataan tanggung jawab (sebaiknya dibagi menjadi tiga sub ruas) 3. Judul Terbitan Berseri dan daerah penomoran seperti volume, nomor, dan dan artikel itu ada pada halaman berapa sampai nomor berapa. Sebaiknya judul terbitan dan penomoran dipisahkan dalam sub ruas yang berbeda 4. Kota terbit, penerbit, dan tehun terbit dengan masing- masing dipisahkan menjadi sub ruas-sub ruas 5. ISSN Terbitan Berseri

38 PENUTUP Koleksi terbitan berseri yang memiliki tingkat kemutahiran tinggi dan memberikan ruang untuk penyampaian ide/gagasan secara cepat, mendukung dan memvasilitasi penelitian, juga menambah wawasan. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-undang perpustakaan dan Standar Nasional Perpustakaan Sekolah yang telah terbit. Koleksi terbitan berseri yang memiliki tingkat kemutahiran tinggi dan memberikan ruang untuk penyampaian ide/gagasan secara cepat, mendukung dan memvasilitasi penelitian, juga menambah wawasan. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-undang perpustakaan dan Standar Nasional Perpustakaan Sekolah yang telah terbit.


Download ppt "PENGOLAHAN TERBITAN BERSERI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH UMMI RODLIYAH, S.IPI.,M.Hum. DIKLAT PENGELOLA PERPUSTAKAAN MADRASAH SURABAYA 2011."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google