Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SUKSES MAHASISWA DALAM PENELITIAN DAN KARYA ILMIAH M. Solehuddin (Duding) FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SUKSES MAHASISWA DALAM PENELITIAN DAN KARYA ILMIAH M. Solehuddin (Duding) FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA."— Transcript presentasi:

1 SUKSES MAHASISWA DALAM PENELITIAN DAN KARYA ILMIAH M. Solehuddin (Duding) FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

2 Profil Iilmuwan Masa Lampau

3 Profil Iilmuwan Masa Kini

4 Mengapa Mahasiwa Meneliti dan Berkarya Ilmiah? Mahasiswa adalah komuntas akademik. Bagian terbesar dari kegiatan kuliah di PT adalah berkarya ilmiah (sebagian di antaranya dilakukan melalui riset). Sebagian dari penilaian hasil belajar di PT didasarkan pada karya ilmiah & riset. Kemampuan Karya Ilmiah & Riset Sangat menentukan keberhasilan studi mahasiwa di PT

5 Apakah Penelitian dan Karya Ilmiah Itu? Kajiannya berkenaan/berada pada lingkup ilmu pengetahuan tertentu Langkah pengerjaannya menggunakan metode ilmiah: - Argumentasi teoretis yang sahih dan relevan. - Dukungan fakta empiris - Analisis kritis yang mempertautkan antara argumentasi teoretis dengan fakta empiris. Sosok tampilannya memenuhi persyaratan sebagai sosok karya ilmiah.

6 Ragam Karya Ilmiah Mahsiswa di PT Makalah/artikel Laporan pembahasan artikel/buku Laporan hasil analisis karya tertentu Laporan penelitian (skripsi/tesis/disertasi) Laporan praktek/pengalaman lapangan

7 Isu-isu Permasalahan Seputar Karya Ilmiah Mahasiswa Kurang memperhatikan tata aturan dan etika penulisan. Plagiat Cenderung ikut-ikutan (kurang kreatif dan mandiri), tidak berlandaskan dasar pemikiran yang kuat dan isu-isu empiris yang relevan. Malas baca sumber aslinya. Asal memenuhi sarat; bukan untuk memenuhi kepuasan akademik yang tinggi.

8 Hal-hal yang Perlu Dimiliki/Dikuasai untuk Sukses dalam Penelitian dan Berkarya Ilmiah Minat dan motivasi yang kuat. Bidang keilmuan yang relevan. Cara kerja ilmiah. Bahasa referensi Keterampilan menulis karya ilmiah (termasuk tata aturan dan etika menulis karya ilmiah).

9 Apa yang Perlu Diperbuat? Identifikasi dan pilih bidang keminatan untuk riset dan karya ilmiah Anda, dan tunjukan rasa antusias Anda di bidang tersebut. Pelajari dan perdalam bidang keilmuan yang akan menjadi lahan riset dan karya ilmiah Anda! Kuasai dan perdalam juga metodologi risetnya! Pelajari dan berlatih menulis karya ilmiah serta publikasikan! Mulailah dengan pengerjaan tugas-tugas kuliah Anda! Hubungi PA Anda dan tanyalah apakah ada kegiatan-kegiatan riset yang dapat Anda bantu. Bila perlu, anda bisa menjadi volunteer. Bila ada kerjaan penelitian di laboratorium di jur/fakultas Anda, ikutlah dalam pekerjaan tersebut. Ikutilah kegiatan-kegiatan ilmiah yang relevan (seperti seminar dan sejenisnya) Bergabunglah di asiosiasi profesi untuk membangun networking.

10 Tip & Peringatan! Jangan sekali-kali menjadi peneliti dalam bidang keilmuan yyang tidak diminati! that does not interest you.


Download ppt "SUKSES MAHASISWA DALAM PENELITIAN DAN KARYA ILMIAH M. Solehuddin (Duding) FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google