Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA Prof. Fuad Abdul Hamied, Ph.D FPBS UPI (Disampaikan pada acara Pelatihan Pembimbingan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA Prof. Fuad Abdul Hamied, Ph.D FPBS UPI (Disampaikan pada acara Pelatihan Pembimbingan."— Transcript presentasi:

1 INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA Prof. Fuad Abdul Hamied, Ph.D FPBS UPI (Disampaikan pada acara Pelatihan Pembimbingan Skripsi & Pembimbingan Akademik bagi Dosen FPBS UPI, tanggal 14 September 2012)

2 INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA  Tugas dan peran pembimbing  Tugas dan tanggungjawab mahasiswa  Hubungan pembimbing-mahasiswa  Lain-lain Pokok-Pokok

3 INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA  Pembimbingan yang berbeda diperlukan untuk disiplin yang berbeda  Proses aktif dan mendidik  Pentingnya memperhatikan batas-batas profesional  Mahasiswa berstatus hibrida: sebagai mahasiswa dan peneliti Prinsip Dasar

4 INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA Sama dengan moto pembimbingan akademik di UPI: “Menyambut, Membimbing, dan Mengantarkan wisuda” (Panduan Dosen Pembimbing Akademik UPI, 2009: 5). Tugas dan Peran Pembimbing

5 INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA Pertemuan pertama : 1.Membuat mahasiswa merasa disambut ; 2.Menerangkan siapa (PA) dan apa perannya; 3.Dengan mahasiswa yang menulis skripsi, tesis atau disertasi, pembimbing memperlihatkan minat terhadap apa yang akan diteliti oleh mahasiswa; Tugas dan Peran Pembimbing (lanjutan)

6 INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA Pertemuan pertama : 4.Memberi contoh-contoh yang baik yang bisa dijadikan rujukan oleh mahasiswa, baik pola belajar, manajemen waktu, skripsi atau tesis atau disertasi yang baik yang sudah lulus; 5. Mendorong mahasiswa untuk berbicara dengan mahasiswa lain untuk mendapatkan masukan mengenai pembimbing akademik atau skripsi/tesis/disertasi; 6. Mendorong mahasiswa untuk membuat target dari setiap tahap selama masa studinya di universitas. Tugas dan Peran Pembimbing (lanjutan)

7 INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 7.Mahasiswa diperkenalkan kepada mahasiswa lain, mungkin mahasiswa yang lebih senior, yang bisa berperan sebagai mentor dalam masa studinya. 8.Memberi informasi mengenai sumber- sumber tentang bantuan akademik atau sosial di Universitas. 9. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya sebanyak mungkin. Tugas dan Peran Pembimbing (lanjutan)

8 INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 10.Meyakinkan bahwa semua formalitas administrasi akademik dan masalah pendaftaran kemahasiswaan sudah diselesaikan. 11.Memberi gambaran/rencana global atau goal dari setiap tahap dari masa studi mahasiswa. 12. Mendorong mahasiswa untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan ilmiah dan membiasakan diri untuk menyajikan karya ilmiah dalam berbagai forum. Tugas dan Peran Pembimbing (lanjutan)

9 INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 12.Dalam memberikan masukan: Pujian sebelum Cacian/kritik 13. Memberi tahu mahasiswa yang dibimbing kalau dosen pembimbing tidak akan berada di kampus selama masa tertentu (6 minggu?) 14.Sering mengingatkan mahasiswa akan batas waktu masa studi Peran dan Tugas Pembimbing (Lanjt.)

10 INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 1.Memonitor kemajuan akademik mahasiswa; 2.Mendorong mahasiswa untuk “MEMBACA, MEMBACA & MEMBACA…….”. Selama masa studi mahasiswa

11 INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA Kepada mahasiswa yang menulis skripsi, tesis dan disertasi, mendorong mahasiswa untuk mempunyai atribut utama peneliti, yakni: 1) Motivasi (daya dorong diri) 2) Absorpsi (memungut sesuatu utk dimasukan ke substansi lain ) 3) Distilasi (penyaringan utk pemurnian) 4) Abstraksi (generalisasi) Selama masa studi mahasiswa (lanj.)

12 INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA  Menempatkan penyelesaian studi sebagai prioritas utama ketimbang “bisnis” lain  Bertahan dalam mencapai tujuan dengan kecepatan yang beristiqamah Tugas & tanggung jawab mahasiswa

13 INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA  Mengikuti petunjuk pembimbing untuk membaca luas sekaitan dengan mata kuliah atau topik penelitian.  Belajar mengkritisi hasil karya orang lain dalam forum semi-publik.  Menetapkan target untuk setiap semester. Tugas dan tanggung jawab mahasiswa (Lanj.)

14 INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA  Habiskan 80% untuk perancangan dan pelaksanaan proyek dan 20% untuk penulisan  Bila topik dan pertanyaan penelitian telah siap, bekerjalah berdasarkan daftar isi Untuk mahasiswa yang menulis skripsi, tesis dan disertasi:

15 INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA  Pembimbing akademik adalah orang yang berperan dalam membantu mahasiswa menyelesaikan masalah akademik selama studinya di universitas.  Pembimbing akademik “bukan konselor”.  Mahasiswa “bukan teman” walaupun mungkin satu saat bisa menjadi teman.  Pembimbing akademik “bukan ibu” dari mahasiswa Hubungan antara pembimbing dan mahasiswa

16 INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA Your research candidate (students) are not primarily a source of cheap assistance for your research projects or a supply of labour to relieve you of onerous tasks. Mahasiswa anda bukan sumber bantuan murahan bagi proyek penelitian Anda atau sumber buruh untuk meringankan tugas anda Ingat, Ingat !

17 INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 1.Komunikasi yang kurang efektif yang diakibatkan oleh asumsi atau ekspektasi yang tidak ‘nyambung’ 2.Ketika menulis bersama-sama, siapa yang menjadi penulis pertama 3.Pembimbing sukar ditemui 4.Pembimbing ingkar janji untuk bertemu Sumber kemacetan bimbingan

18 INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 5.Pembimbing skripsi,tesis atau disertasi tidak membaca skripsi,tesis atau disertasi. 6.Pembimbing lama dalam mengembalikan skripsi, tesis atau disertasi. 7.Feedback tidak konstruktif 8.Mahasiswa meminta pergantian pembimbing Sumber kemacetan (Lanjt.)

19 INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 9.Pembimbing jatuh cinta kepada mahasiswa (atau sebaliknya) 10.Pembimbing cuti atau tidak tertarik lagi pada topik yang diteliti (terutama untuk mahasiswa S3) 11.Pembimbing sakit dan mengalami masalah pribadi yang rumit. Sumber kemacetan (Lanjt.)

20 INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA  Adalah penting bagi pembimbing dan mahasiswa untuk mengetahui faktor-faktor insani yang menentukan bagaimana keduanya berfungsi dalam hubungan profesional yang mereka geluti  It is important for both supervisor and students to recognise the human factors that determine how they function within the special professional relationship they both enter into. FAKTOR MANUSIAWI

21 INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA TERIMA KASIH


Download ppt "INDONESIA UNIVERSITY OF EDUCATION * UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA Prof. Fuad Abdul Hamied, Ph.D FPBS UPI (Disampaikan pada acara Pelatihan Pembimbingan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google