Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dr. Kokom Komalasari, M.Pd. Dosen Simulasi Model Pembelajaran PKn.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dr. Kokom Komalasari, M.Pd. Dosen Simulasi Model Pembelajaran PKn."— Transcript presentasi:

1 Dr. Kokom Komalasari, M.Pd. Dosen Simulasi Model Pembelajaran PKn

2 PENGERTIAN VARIASI STIMULUS Suatu kegiatan guru dalam konteks proses interaksi belajar mengajar yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan siswa, sehingga dalam situasi pembelajaran siswa senantiasa menunjukkan ketekunan, antusiasme, serta partisipatif.

3 TUJUAN DAN MANFAAT Menimbulkan dan meningkatkan perhatian siswa kepada aspek pembelajaran yang relevan Memberikan kesempatan bagi berkembangnya bakat ingin mengetahui dan menyelidiki Memupuk tingkah laku positif terhadap guru dan sekolah Memberi kesempatan kepada siswa untuk memperoleh cara menerima pelajaran yang disenangi.

4 PRINSIP PENGGUNAAN Digunakan dengan suatu maksud tertentu yang relevan dengan tujuan Digunakan secara lancar dan berkesinambungan Direncanakan secara baik, dan secara eksplisit dicantumkan dalam RPP.

5 KOMPONEN-KOMPONEN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI A.VARIASI DALAM CARA MENGAJAR 1. Penggunaan variasi suara 2. Pemusatan perhatian siswa (focusing) 3. Kesenyapan atau kebisuan guru 4. Mengadakan kontak pandang dan gerak 5. Gerakan badan dan mimik 6. Pergantian posisi guru di dalam kelas dan gerak guru.

6 Hal yang perlu diperhatikan dalam pergantian posisi dan gerak guru: 1. Biasakan bergerak bebas di dalam kelas 2. Jangan membiasakan menerangkan sambil menulis di papan tulis 3. Jangan membiasakan menerangkan dengan arah pandangan ke langit-langit, lantai, ke luar, tetapi arahkan pandangan ke seluruh kelas. 4. Bergeraklah perlahan dari belakang ke depan untuk mengetahui tingkah laku siswa (observasi)

7 B.VARIASI DALAM PENGGUNAAN MEDIA DAN ALAT PELAJARAN 1. Variasi media dan alat yang dapat dilihat (visual aids) Grafik, bagan, foster, diorama, gambar, film, slide. 2. Variasi media dan alat yang dapat didengar (auditif aids) Rekaman suara, suara radio, musik, deklamasi, puisi, sosiodrama.

8 3. Variasi media dan alat yang dapat diraba, dimanipulasi, dan digerakkan (motorik) Peragaan yang dilakukan guru/siswa, model, patung, topeng. 4.Variasi media dan alat yang dapat didengar, dilihat, dan diraba (audio-visual aids) Film, televisi, radio, slide projector, yang diringi penjelasan guru.

9 C.VARIASI POLA INTEKASI DAN KEGIATAN SISWA 1. Pola Guru - Siswa G Komunikasi sebagai Aksi (Satu Arah) S S S

10 2.Pola Guru-Siswa-Guru G Ada Balikan bagi guru, tidak ada interaksi antarsiswa (komunikasi sebagai interaksi) S S S

11 3. Pola Guru-Siswa-Siswa G Ada Balikan bagi guru, siswa saling belajar satu sama lain S S S

12 4. Pola Guru-Siswa, Siswa-Guru, Siswa-Siswa G Interaksi optimal antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa (Komunikasi sebagai transaksi, multiarah) S S S

13 5. Pola Melingkar G Interaksi optimal antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa (Komunikasi sebagai transaksi, multiarah) S S S S


Download ppt "Dr. Kokom Komalasari, M.Pd. Dosen Simulasi Model Pembelajaran PKn."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google