Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar Teknik Kimia Sesi 1: Peralatan Proses Ir. Abdul Wahid Surhim, MT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar Teknik Kimia Sesi 1: Peralatan Proses Ir. Abdul Wahid Surhim, MT."— Transcript presentasi:

1 Pengantar Teknik Kimia Sesi 1: Peralatan Proses Ir. Abdul Wahid Surhim, MT.

2 Kolom Distilasi Vicky Ardian W., Witta Kartika R., Yeni Liana, Yosep Sulindra,

3 Distilasi Distilasi atau penyulingan adalah suatu metode pemisahan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan menguap (volatilitas) bahan. Dalam penyulingan, campuran zat dididihkan sehingga menguap, dan uap ini kemudian didinginkan kembali ke dalam bentuk cairan. Zat yang memiliki titik didih lebih rendah akan menguap lebih dulu. Metode ini merupakan termasuk unit operasi kimia jenis perpindahan massa. Penerapan proses ini didasarkan pada teori bahwa pada suatu larutan, masing-masing komponen akan menguap pada titik didihnya. Model ideal distilasi didasarkan pada Hukum Raoult dan Hukum Dalton.

4

5

6

7 Kolom Distilasi Suatu alat yang digunakan dalam proses distilasi. Kolom itu sendiri merupakan alat dengan isolasi pada ruang hampa yang sebelumnya diujicobakan pada suhu C

8 Prinsip Kerja Merangkaikan distilasi yang menggunakan kolom- kolom sederhana, Kolom sederhana :  memisahkan 1 umpan menjadi 2 produk;  menggunakan komponen2 kunci yang kemudahan menguapnya berdampingan;  memiliki 1 pendidih-ulang dan 1 kondensor. Untuk campuran biner hanya ada 1 kemungkinan rangkaian. Untuk campuran terner (3 komponen) ada 2 kemungkinan rangkaian.

9 (a).Rangkaian langsung : pada tiap kolom, produk atas  komponen teringan murni. (b).Rangkaian tak langsung : pada tiap kolom, produk bawah  komponen terberat murni.

10 Banyaknya rangkaian distilasi yang mungkin jika menggunakan kolom- kolom sederhana Banyak produkBanyak rangkaian mungkin

11 Jenis Kolom Distilasi Standard Column Types Vigreux Columns Bubble Cap Tray Columns

12 Standard Column Types Packed Columns with Spherical Ground Joints Packed Columns with flange joints Packed Columns a la Hempel

13 Packed Columns with Spherical Ground Joints

14 Packed Columns with fPacked Columns with flange joints

15 Packed Columns aPacked Columns a la Hempel

16 Vigreux Columns Mempunyai efisiensi pemisahan yang lebih rendah dibandingkan packed kolom dengan Rasching [cincin] tetapi dapat bekerja dengan fluida dalam jumlah sedikit dengan tekanan yang hilang sedikit. Vigreux Columns with Conical Ground Joints Vigreux Columns with Spherical Ground Joints Vigreux Columns with Conical and Spherical Ground Joint

17 Vigreux Columns with Conical Ground Joints

18 Vigreux Columns with Spherical Ground Joints

19 Bubble Cap Tray Columns Mempunyai efisiensi tinggi dalam pemisahan dan sangat cocok untuk proses analisis yang semakin meningkat. Bubble Cap Tray Columns with Conical Joints Bubble Cap Tray Columns with Insulating Jacket

20 Bubble Tray Columns Spherical Ground Joints Mempunyai efisiensi tinggi dalam pemisahan dan sangat cocok untuk proses analisis yang semakin meningkat. Di dalam kolom terdapat tekanan tinggi, biasanya tekanannya sekitar 50 mbar dan secara relatif untuk volume yang lebih tinggi.

21 Bubble Tray Columns, Spherical Ground Joints & Insulating Jacket Mempunyai efisiensi tinggi dalam pemisahan dan sangat cocok untuk proses analisis yang semakin meningkat. Di dalam kolom terdapat tekanan tinggi, biasanya tekanannya sekitar 50 mbar dan secara relatif untuk volume yang lebih tinggi. Kolom dilapisi dengan isolator (10 -6 mbar) yang berupa lapisan perak. Tersedia juga jenis yang tidak dilapisi isolator perak.

22 Aplikasi Salah satu penerapan terpenting dari metode distilasi adalah pemisahan minyak mentah menjadi bagian-bagian untuk penggunaan khusus seperti untuk transportasi, pembangkit listrik, pemanas, dll. Udara didistilasi menjadi komponen-komponen seperti oksigen untuk penggunaan medis dan helium untuk pengisi balon. Distilasi juga telah digunakan sejak lama untuk pemekatan alkohol dengan penerapan panas terhadap larutan hasil fermentasi untuk menghasilkan minuman suling. Selain itu ada juga dalam laboratory scale, industrial distillation dan food processing. Banyak digunakan dalam proses perpindahan massa.

23 Kelebihan Dapat memisahkan zat dengan perbedaan titik didih yang tinggi. Produk yang dihasilkan benar-benar murni.

24 Kelemahan Berlaku hanya untuk zat dengan fase cair dan gas. Hanya dapat memisahkan zat yang memiliki perbedaan titik didih yang besar. Biaya penggunaan alat ini relatif mahal.

25 SEKIAN DAN TERIMA KASIH


Download ppt "Pengantar Teknik Kimia Sesi 1: Peralatan Proses Ir. Abdul Wahid Surhim, MT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google