Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ITE RUU Informasi dan Transaksi Elektronik. RUU Informasi dan Transaksi Elektronik RUU ini mensahkan sebuah akad atau perjanjian jika dilakukan melalui.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ITE RUU Informasi dan Transaksi Elektronik. RUU Informasi dan Transaksi Elektronik RUU ini mensahkan sebuah akad atau perjanjian jika dilakukan melalui."— Transcript presentasi:

1 ITE RUU Informasi dan Transaksi Elektronik

2 RUU Informasi dan Transaksi Elektronik RUU ini mensahkan sebuah akad atau perjanjian jika dilakukan melalui media elektronik. Sudah banyak diterapkan. Sebagian besar pasal dalam RUU ini berfungsi untuk mengatur Infrastruktur Kunci Publik (Public Key Infrastructure/PKI). RUU ini mengatur bahwa Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (Certificate Authority/CA) harus beroperasi di Indonesia. –peluang bagi perusahaan yang berbasis di Indonesia. Certificate Authority dari luar negeri yang sudah terlebih dahulu terkenal seperti Verisign dan GeoTrustVerisignGeoTrust –Problem tidak memiliki cukup informasi untuk melakukan verifikasi terhadap identitas seseorang di dalam Indonesia.

3 RUU Informasi dan Transaksi Elektronik pasal 16, mensyaratkan penggunaan ’sistem elektronik’ yang aman dengan sempurna. –Apakah mengoperasikan web server yang memiliki celah keamanan nantinya akan melanggar undang-undang? RUU ini melarang penyebaran pornografi. Aksi membobol sistem pihak lain (cracking) kini dilarang secara eksplisit. –RUU ini menitikberatkan kepada sistem-sistem milik pemerintah dan sistem-sistem pertahanan Negara. –Sedangkan untuk sistem bukan milik pemerintah mungkin hanya diatur pada Pasal 27 ayat 1. informasi milik Negara perlu mendapatkan perlakukan khusus, sedangkan banyak sistem milik publik yang tidak kalah pentingnya, sebagai contoh: router backbone atau server DNS ccTLD id. RUU ini masih belum membahas masalah spamming.

4 Imagine Planning for These Contingencies Unrelated Events or Strategic Attack? Power Outages World Trade Center Oklahoma City ATM Failures Airliner Crash Bridges Down ISPs All Offline Oil Refinery Fire 911 System Down Poisoned Water Supply Telephone Outages

5 VO-IP Voice over IP (VoIP) = istilah populer dari penggunaan Internet untuk bercakapcakap dengan menggunakan suara. Sebetulnya istilah generic-nya adalah IP Telephony, dimana IP (Internet Protocol) digunakan sebagai basis untuk mengirimkan suara. VoIP ini kemudian menjadi masalah –karena orang mulai menyediakan layanan percakapan melalui jaringan internet dengan memotong (bypass) operator telepon. –Seorang penyedia jasa VoIP cukup menyewa sebuah jaringan yang dikenal dengan istilah “E1” dan membawa traffic pembicaran telepon melalui jalur E1 yang disewanya tersebut. –pembicaraan telepon dari/ke luar negeri bisa dilewatkan melalui Internet kemudian ke saluran yang sudah disewanya tersebut. Harga bisa dipangkas menjadi sangat murah (dengan kualitas suara yang lebih rendah).

6 Digital Millennium Copyright Act (DMCA) Business increasingly use DMCA lawsuits as a competitive tool, to slow down or hurt theirrivals, Schneier and other DMCA critics point out.

7 DMCA Case ElcomSoft. Perusahaan ini membuat sebuah program yang dapat mengubah berkas dalam format Adobe eBook menjadi Adobe Portable Documen Format (PDF). Adobe merasa bahwa ElcomSoft melanggar pasal anticircumvention dari DMCA5 karena program tersebut memotong penyandian (enkripsi) yang ada pada eBook. Programmer dari ElcomSoft yang bernama Dmitry Sklyarov ditangkap oleh FBI ketika dia mengikuti konvensi Defcon di Las Vegas (summer 2001). ElcomSoftakhirnya diputuskan bebas oleh Federal Jury pada bulan Desember Ada sebuah catatan tentang kasus Sklyarov di atas, yaitu Dmitry Sklyarov adalah orang Rusia. Dia ditangkap ketika datang ke Las Vegas. Ini menunjukkan bahwa jangkauan hukum Amerika Serikat sangat jauh, meskipun mereka tidak melakukan penangkapan secara pro-aktif.

8 DMCA Case Perusahaan printer Lexmark memasang sebuah microchip pada catridge tinta printernya. Microchip ini akan berbicara (handshaking) dengan printer untuk memberitahukan bahwa dia catridge buatan Lexmark. –Hal ini dilakukan agar Lexmark menguasai pasar catridge printernya, karena tidak ada perusahaan lain yang memiliki microchip tersebut. –Namun ada sebuah perusahaan, Static Control Components (North Carolina), yang membuat microchip seperti itu dan menjualnya secara umum. Lexmark menuntut bahwa Static Control Components melanggar pasal anticircumvention dari DMCA. Perusahaan Chamberlain Group yang membuat perangkat pembuka garasi (garage door opener) menuntut Skylink Technologies karena mereka membuat remote control yang dapat bekerja dengan door opener buatan Chamberlain. Profesor Edward Felten dari Princeton University diancam dengan pasal DMCA karena kelompok penelitiannya meneliti pengamanan (security) dari digital watermarking yang digunakan untuk memproteksi digital music. Tujuan penelitiannya adalah untuk meningkatkan level security. Namun dia (diancam) dituntut karena untuk melakukan penelitian tersebut dia harus melakukan “reverse engineering”, yaitu mencari tahu desain dengan membongkar. Kasus ini membuat para peneliti menjadi berang.


Download ppt "ITE RUU Informasi dan Transaksi Elektronik. RUU Informasi dan Transaksi Elektronik RUU ini mensahkan sebuah akad atau perjanjian jika dilakukan melalui."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google