Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB V PENGERTIAN, FUNGSI, DAN JENIS LINGKUNGAN PENDIDIKAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB V PENGERTIAN, FUNGSI, DAN JENIS LINGKUNGAN PENDIDIKAN."— Transcript presentasi:

1 BAB V PENGERTIAN, FUNGSI, DAN JENIS LINGKUNGAN PENDIDIKAN

2 A. Pengertian dan Fungsi Lingkungan Pendidikan Secara umum fungsi lingkungan pendidikan adalah membantu peserta didik dalam interaksi dengan berbagai lingkungan sekitarnya, utamanaya berbagai sumber daya pendidikan yang tersedia, agar dapat mencapai tujuan pendidikan yang optimal.

3 B. Tripusat Pendidikan Dilihat dari segi anak didik, tampak bahwa anak didik secara tetap hidup di dalam lingkungan masyarakat tertentu tempat ia mengalami pendidikan. Menurut Ki Hajar Dewantara lingkungan tersebut meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah an lingkungan masyarakat, yang disebut tripusat pendidikan.

4 1. Keluarga Pendidikan keluarga berfungsi: - Sebagai pengalaman pertama masa kanak-kanak - Menjamin kehidupan emosional anak - Menanamkan dasar pendidikan moral - Memberikan dasar pendidikan sosial. - Meletakkan dasar-dasar pendidikan agama bagi anak- anak.

5 2. Sekolah - Sekolah membantu orang tua mengerjakan kebiasaan-kebiasaan yang baik serta menanamkan budi pekerti yang baik. - Sekolah memberikan pendidikan untuk kehidupan di dalam masyarakat yang sukar atau tidak dapat diberikan di rumah. - Sekolah melaqtih anak-anak memperoleh kecakapan-kecakapan seperti membaca, menulis, berhitung, menggambar serta ilmu-ilmu lain sifatnya mengembangkan kecerdasan dan pengetahuan. - Di sekolah diberikan pelajaran etika, keagamaan, estetika, membenarkan benar atau salah, dan sebagainya.

6 3. Masyarakat Dalam konteks pendidikan, masyarakat merupakan lingkungan lingkungan keluarga dan sekolah. Pendidikan yang dialami dalam masyarakat ini, telah mulai ketika anak-anak untuk beberapa waktu setelah lepas dari asuhan keluarga dan berada di luar dari pendidikan sekolah. Dengan demikian, berarti pengaruh pendidikan tersebut tampaknya lebih luas. Corak dan ragam pendidikan yang dialami seseorang dalam masyarakat banyak sekali, ini meliputi segala bidang, baik pembentukan kebiasaan- kebiasaan, pembentukan pengertia-pengertian (pengetahuan), sikap dan minat, maupun pembentukan kesusilaan dan keagamaan.

7 C. Pengaruh Timbal Balik antara Tripusat Pendidikan terhadap Perkembangan Peserta Didik Setiap pusat pendidikan dapat berpeluang memberikan kontribusi yang besar dalam ketiga kegiatan pendidikan, yakni: 1. pembimbingan dalam upaya pemantapan pribadi yang berbudaya 2. pengajaran dalam upaya penguasaan pengetahuan 3. pelatihan dalam upaya pemahiran keterampilan.


Download ppt "BAB V PENGERTIAN, FUNGSI, DAN JENIS LINGKUNGAN PENDIDIKAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google