Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BISNIS TEORITIS PRAKTIS. Pengertian Bisnis Apa yang dimaksud dengan Bisnis sudah banyak diungkapkan oleh berbagai ahli, Kalau diihat dari asal katanya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BISNIS TEORITIS PRAKTIS. Pengertian Bisnis Apa yang dimaksud dengan Bisnis sudah banyak diungkapkan oleh berbagai ahli, Kalau diihat dari asal katanya."— Transcript presentasi:

1 BISNIS TEORITIS PRAKTIS

2 Pengertian Bisnis Apa yang dimaksud dengan Bisnis sudah banyak diungkapkan oleh berbagai ahli, Kalau diihat dari asal katanya bisnis berasal dari bahasa inggris yang berarti Perusahaan, urusan atau usaha. HUGHES dan KAPOOR menyatakan bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. BROWN dan PETRELLO menyatakan bahwa bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

3 Klasifikasi Bisnis. Ada beberapa kegiatan bisnis yangbergerak dibidang komersial diantaranya : 1.Usaha Pertanian, seperti peternakan, perkebunan, pertanian, perikanan, dsb. 2.Usaha produksi bahan mentah, seperti dalam bidang kehutanan, pertanian, perikanan air tawar dan laut. Usaha banahan mentah ini sangat penting bagi industri lainnya.

4 3.Usaha pabrik/manufaktur, usaha ini mengelolah bahan mentah menjadi menjadi bahan baku sampai pada bahan jadi. 4.Usaha konstruksi, usaha ini bergerak dibidang pembangunan jalan-jalan, bangunan rumah, perkantoran dan bangunan lainnya. 5.Usaha perdagangan besar dan perdagangan kecil, usaha berbentuk toko- toko baik toko besar maupun kecil yang tersebar dimana-mana.

5 6. Transportasi dan Komunikasi, kegiatan transportasi membantu pengangkutan bahan baku dan barang jadi dari produsen ke konsumen, begitu juga usaha komunikasi. 7. Usaha finansial, asuransi dan real estate, memberikan kredit untuk mempermudah kegiatan bisnis, asuransi membantu mengatasi resiko yang mungkin dihadapi oleh pebisnis, dan real estate membantu membangun perumahan bagi masyarakat.

6 8. Usaha jasa, kegiatan ini dilakukan dalam berbagai bentuk seperti, reparasi, salon kecantikan, dosen, pengacara, dokter, bioskop, dll. 9. Usaha yang dilakukan pemerntah, Pemerintah merupakan pembeli yang terbesar dari barang dan jasa, membantu dalam mengatur kegiatan bisnis dan menjada kestabilan perekonomian dengan mengeluarkan berbagai peraturan.

7 Fungsi dasar bisnis. DAN STEINHOFF dalam bukunya The World Of Business (1979) menyatakan bahwa untuk dapat menyediakan barang dan jasa bagi kebutuhan masyarakat, diperlukan terlebih dahulu bahan mentahnya, kemudian diproses dipabrik menjadi hasil produksi. Maka jelas bahwa fungsi dasar dari bisnis adalah : Aquiring raw materails (mencari bahan mentah) Manufcaturing raw materials intio product (mengubah bahan mentah menjadi produk) Distributing product to consumers ( menyalurkan barang ketangan konsumen)

8 Ada pandangan yang menyatakan bahwa bisnis dibagi menjadi atas dua bagian : Production, berhubungan dengan mencari bahan mentah dan memproses bahan mentah menjadi barang jadi. Marketing, mendistribusikan atau memindahkan barang dan jasa ke tempat lain, yang menimbulkan kegunaan waktu, tempat dan pemilikan.

9 Ciri-ciri bisnis modern. Ciri-ciri bisnis modern ialah adanya spesialisasi, saling ketergantungan (interdepencence) dan produksi massal. 1.Spesialisasi, kalau diperhatikan dalam bisnis ada yang hanya bergerak dibidang memproduksi barang tertentu seperti, sepatu, tekstil, onderdil mobil, ada yang menjual barang saja (pedagang), dsb. 2.Saling ketergantungan, suatu perusahaan bergantung kegiatannya pada perusahaan lain. 3.Produksi massal, barang dihasilkan dalam jumlah besar dan terus-menerus dalam berbagai ukuran sehingga mudah dipilih oleh konsumen.


Download ppt "BISNIS TEORITIS PRAKTIS. Pengertian Bisnis Apa yang dimaksud dengan Bisnis sudah banyak diungkapkan oleh berbagai ahli, Kalau diihat dari asal katanya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google