Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMBATASAN IMPOR, POTENSI DAN PELUANGNYA BAGI INDUSTRI TEKSTIL KHUSUSNYA INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH BAGI INDUSTRI TEKSTIL KHUSUSNYA INDUSTRI KECIL DAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMBATASAN IMPOR, POTENSI DAN PELUANGNYA BAGI INDUSTRI TEKSTIL KHUSUSNYA INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH BAGI INDUSTRI TEKSTIL KHUSUSNYA INDUSTRI KECIL DAN."— Transcript presentasi:

1 PEMBATASAN IMPOR, POTENSI DAN PELUANGNYA BAGI INDUSTRI TEKSTIL KHUSUSNYA INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH BAGI INDUSTRI TEKSTIL KHUSUSNYA INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH YOGYAKARTA, 27 MEI 2009 DIREKTORAT IMPOR DIREKTORAT JENDERAL PERDAGANGAN LUAR NEGERI DEPARTEMEN PERDAGANGAN

2 Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 15/M-DAG/PER/5/2008 Tanggal 5 Mei 2008 Tentang Ketentuan Impor Tekstil dan Produk Tekstil

3 KRONOLOGI PENGATURAN 1.SK No. 141/MPP/Kep/3/2002 tanggal 6 Maret 2002 tentang Nomor Pengenal Importir Khusus (NPIK) dan. 2.SK No. 732/MPP/Kep/10/2002 tanggal 22 Oktober 2002 tentang Tata Niaga Impor Tekstil. 3.SK No. 276/MPP/Kep/4/2003 tanggal 9 April 2003 tentang Verifikasi atau Penelusuran Teknis Impor Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) dan SK perubahan No. 389/MPP/Kep/5/2003 tanggal 29 Mei 2003 terakhir No. 646/MPP/Kep/10/2003 tanggal 15 Oktober SK No. 307/MPP/Kep/4/2003 tanggal 17 April 2003 tentang Penunjukan Surveyor Sebagai Pelaksana Verifikasi atau Penelusuran Teknis Impor Tekstil dan Produk Tekstil (TPT). 5.Permendag No. 19/M-DAG/PER/9/2005 tanggal 30 september 2005 tentang Ketentuan Impor Tekstil dan Produk Tekstil. 6.Permendag No. 15/M-DAG/PER/5/2008 tanggal 5 Mei 2008 tentang Ketentuan Impor Tekstil dan Produk Tekstil. Pelaksanaan verifikasi tetap diberlakukan oleh surveyor yang ditunjuk Menteri sebagaimana ditetapkan dalam SK No. 307/MPP/Kep/4/2003 tanggal 17 April 2003 sesuai ketentuan Pasal 13 Permendag No. 15/M-DAG/PER/5/2008 Tgl. 5 Mei 2008.

4 PENGATURAN IMPOR TPT YANG BERLAKU 1.SK No. 141/MPP/Kep/3/2002 tanggal 6 Maret 2002 dan perubahan No. 07/M-DAG/PER/3/2008 tanggal 10 Maret 2008 tentang Nomor Pengenal Importir Khusus (NPIK). 2.Permendag No. 15/M-DAG/PER/5/2008 tanggal 5 Mei 2008 tentang Ketentuan Impor Tekstil dan Produk Tekstil. 3.Pelaksana verifikasi oleh surveyor yang ditunjuk Menteri sebagaimana ditetapkan dalam SK No. 307/MPP/Kep/4/2003 tanggal 17 April 2003 sesuai ketentuan Pasal 13 Permendag No. 15/M- DAG/PER/5/2008 Tgl. 5 Mei 2008.

5 Tekstil dan Produk Tekstil SK. 15/2008 Lampiran I No. 1 s/d 12 Pos tarif 4 digit SK. 15/2008 Lampiran I No. 1 s/d 12 Pos tarif 4 digit SK. 15/2008 Lampiran I No. 13 s/d 74 Pos tarif 4 digit SK. 15/2008 Lampiran I No. 13 s/d 74 Pos tarif 4 digit IP-TekstilNPIKIP-TekstilNPIKNPIKNPIK Tata Niaga TPT wajib dilakukan Verifikasi atau Penelusuran Teknis Di negara muat barang oleh Sucofindo dan Surveyor Iindonesia Sesuai SK Menperindag No. 307/MPP/Kep/4/2003, Kecuali yang ditetapkan dalam Permendag No. 15/2008. TPT wajib dilakukan Verifikasi atau Penelusuran Teknis Di negara muat barang oleh Sucofindo dan Surveyor Iindonesia Sesuai SK Menperindag No. 307/MPP/Kep/4/2003, Kecuali yang ditetapkan dalam Permendag No. 15/2008.

6 DASAR PERTIMBANGAN   Dalam rangka mempertahankan iklim usaha TPT agar tetap kondusif di pasar dalam negeri.   Mencegah praktek perdagangan tidak adil yang mengakibatkan kerugian terhadap industri dan konsumen TPT, maka perlu mengatur kembali kebijakan impor TPT.

7 P E N G E R T I A N 1. 1.TPT, adalah kain lembaran dan produk yang menggunakan kain lembaran sebagai bahan baku/penolong yang termasuk dalam klasifikasi barang impor/Pos Tarif (HS) 50 s/d 63 kecuali serat dan benang IP-Tekstil, adalah perusahaan pemilik Angka Pengenal Importir Produsen (API-P) atau Angka Pengenal Importir Terbatas (API-T) yang disetujui untuk mengimpor TPT sebagai bahan baku dan/atau bahan penolong yang diperlukan untuk proses produksinya Rekomendasi adalah surat yang diterbitkan oleh pejabat instansi/unit terkait yang berwenang memberikan penjelasan secara teknis dan bukan merupakan izin/persetujuan impor.

8 TPT YANG WAJIB IP TEKSTIL NOPOS TARIFURAIANKETERANGAN s/d 52.11Kain tenunan dari kapas Kain tenunan lainnya dari kapas Kain tenunan dari benang filamen sintetik, termasuk kain tenunan yang diperoleh dari bahan pada pos Dikecualikan dari kewajiban verifikasi. HS. Ex HS. Ex Kain tenunan dari benang filamen tiruan, termasuk kain tenunan yang diperoleh dari bahan pada pos s/d 55.14Kain tenunan dari serat stapel sintetik, mengandung serat stapel sintetik 85% atau lebih menurut beratnya Kain tenunan lainnya dari serat stapel sintetik Kain tenunan dari serat stapel tiruan Kain tenunan dari serat stapel tiruan Kain tenunan berbulu dan kain chenille, selain kain dari pos atau Kain berbulu, termasuk kain "berbulu panjang" dan kain terry, rajutan atau kaitan.

9 NOPOS TARIFURAIANKETERANGAN Kain rajut lusi (termasuk kain yang dibuat dengan mesin rajut gallon), selain yang dimaksud dalam pos sampai dengan Kain rajutan atau kaitan lainnya Kain tenunan dari sutra atau sisa sutra Kain tenunan dari wol atau bulu hewan halus digaruk Kain tenunan dari wol atau bulu hewan halus disisir Kain tenunan dari bulu hewan kasar atau bulu kuda Kain tenunan dari lena Kain tenunan dari serat jute atau dari serat tekstil kulit pohon lainnya dari pos Kain tenunan dari serat tekstil nabati lainnya; kain tenunan dari benang kertas s/d 57.05Karpet dan penutup lantai tekstil lainnya, rajutan, sudah jadi maupun belum

10 NOPOS TARIFURAIANKETERANGAN Terry towelling dan kain tenunan terry semacam itu, selain kain pita dari pos 58.06; kain tekstil berumbai, selain produk dari pos Kain tule dan kain jaring lainnya, tidak termasuk kain tenunan, rajutan atau kaitan; renda dalam lembaran, strip atau motif, selain kain dari pos sampai dengan Kain sulaman dalam lembaran, strip atau motif Produk tekstil dilapisi dalam lembaran, disusun dari satu atau lebih lapisan bahan tekstil disatukan dengan cara dijalin atau secara lain, selain kain sulaman dari pos Permadani dinding tenunan tangan dari tipe Gobelin, Flander, Aubusson, Beauvais dan sejenisnya, dan permadani dinding dikerjakan dengan jarum (misalnya, bintik kecil, jeratan silang), sudah jadi maupun belum Kain pita tenunan, selain barang dari pos 5807; kain pita terdiri dari benang lusi tanpa benang pakan yang digabungkan dengan adhesif (bolduc). Dikecualikan dari kewajiban verifikasi HS. Ex HS. Ex Label, lencana dan barang semacam itu dari bahan tekstil, dalam bentuk lembaran, strip atau dipotong menjadi berbentuk atau berukuran, tidak disulam Kain jalinan dalam lembaran; kain perapih hiasan dalam lembaran, tanpa sulaman, selain rajutan atau kaitan; jumbai, pompon dan barang semacam itu. Dikecualikan dari kewajiban verifikasi HS.Ex Kain tenunan dari benang logam dan kain tenunan dari benang dilapisi logam dari pos56.05, dari jenis yang digunakan dalam pakaian, sebagai kain perabotan rumah atau untuk keperluan atau termasuk dalam semacam itu, tidak dirinci pos lainnya Kain tekstil dilapisi dengan perekat atau zat mengandung pati, dari jenis yang digunakan untuk kulit buku atau sejenisnya; kain kalkir; kanvas lukis siap dipakai; buckram dan kain tekstil kaku semacam itu jenis yang digunakan untuk dasar topi.

11 NOPOS TARIFURAIANKETERANGAN Kain untuk ban dari benang nilon atau poliamida lainnya, poliester atau rayon viskose berkekuatan tinggi Dikecualikan dari kewajiban verifikasi HS HS HS HS Kain tekstil diresapi, dilapisi, ditutupi atau dilaminasi dengan plastik, selain yang dimaksud pada pos Kain tekstil berkaret, selain yang dimaksud dalam pos Dikecualikan dari kewajiban verifikasi HS HS HS HS Kain tekstil selain diresapi, dilapisi atau ditutupi; kanvas dilukis menjadi layar pentas, kain latar belakang studio atau sejenisnya Produk dan barang tekstil untuk penggunaan teknis, dirinci dalam Catatan 7 pada Bab ini Dikecualikan dari kewajiban verifikasi HS Ex HS Ex HS Ex HS Ex Mantel panjang, car-coat, jubah bertopi,jubah, anorak (termasuk jaket-ski), wind-cheater, wind-jaket dan barang semacam itu, untuk pria atau anak laki-laki, rajutan atau kaitan, selain yang dimaksud dalam pos Mantel panjang, car-coat, jubah bertopi,jubah, anora k (termasuk jaket-ski), wind-cheater, wind-jacket dan barang semacam itu, untuk wanita dan anak perempuan, rajutan atau kaitan, selain yang dimaksud dalam pos Setelan, ensemble,jas, blazer, celana panjang, pakaian terusan berpenutup di depan dan bertali, celana panjang sampai lutut dan celana pendek (selain pakaian renang), untuk pria atau anak laki-laki, rajutan atau kaitan Setelan, ensemble, jas, blazer, gaun, rok, rok terpisah, celana panjang, pakaian terusan berpenutup di depan dan bertali, celana panjang sampai lutut dan celana pendek(selain pakaian renang), untuk wanita atau anak perempuan, rajutan atau kaitan Kemeja pria atau anak laki-laki, rajutan atau kaitan.

12 K E T E N T U A N o oImportasi Tekstil hanya dapat dilakukan oleh perusahaan yang telah mendapat pengakuan sebagai IP-Tekstil. o oHanya dipergunakan sebagai bahan baku atau bahan penolong untuk proses produksi dari industri yang dimiliki oleh IP-Tekstil yang bersangkutan dan dilarang diperjualbelikan / dipindahtangankan. o oPengakuan sebagai IP-Tekstil ditetapkan oleh Direktur Jenderal Daglu. o oIP-Tekstil berlaku paling lama 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang kembali. o oIP-Tekstil wajib menyampaikan laporan tentang pelaksanaan importasi tekstil kepada Direktur Jenderal cq. Direktur Impor setiap 3 (tiga) bulan dengan tembusan Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Tekstil dan Aneka cq. Direktur Industri Tekstil dan Produk Tekstil, Departemen Perindustrian. o oSelain IP-Tekstil, Menteri atau pejabat yang ditunjuk Menteri dapat menunjuk perusahaan lain untuk melaksanakan impor TPT. Perusahaan yang mendapat penunjukan hanya dapat memasok kepada industri yang tidak melaksanakan importasi TPT sendiri dan dilarang untuk memperdagangkan ke pasar dalam negeri.

13 Nomor Pengenal Importir Khusus (NPIK) Latar Belakang :  Meningkatkan upaya perlindungan konsumen.  Mendukung industri dalam negeri.  Menciptakan iklim persaingan yang sehat.  Mengamankan penerimaan negara dari sektor pajak dan pungutan impor lainnya.  Tertib administrasi di bidang impor.  NPIK bukan tata niaga impor, bukan non tarif barrier atau hambatan non tarif, tetapi merupakan alat untuk memonitor pelaku impor dan pelaksanaan impornya.

14 Bentuk Pengaturan :  IP-Tekstil terdiri dari HS : s/d 52.11, 52.12, 54.07, 54.08, s/d 55.14, 55.15, 55.16, 56.02, 58.01, 60.01, 60.05, dan  Serat dan Benang tidak termasuk yang diatur tata niaga impornya  Hanya dapat diimpor oleh Importir Produsen Tekstil (IP-Tekstil).  Dipergunakan sebagai bahan baku atau bahan penolong untuk proses produksi IP-Teksti dan dilarang diperjual belikan maupun dipindah tangankan.  Persyaratan pengakuan IP-Tekstil, harus mengajukan permohonan tertulis kepada Ditjen. Daglu dengan melampirkan: - Izin Usaha Industri/Tanda Draftar Industri atau Izin Usaha lain. - NPIK – TPT - API-P atau API-T - Nomor Importir Khusus (NIK) - NPWP - Surat Pernyataan Rencana Kebutuhan Bahan Baku atau Bahan Penolong dan Pemasaran Hasil Produksi 1 tahun. Penolong dan Pemasaran Hasil Produksi 1 tahun.  Hanya dapat diimpor oleh Importir Produsen Tekstil (IP-Tekstil).

15 Bentuk Pengaturan :  IP-Tekstil wajib menyampaikan laporan realisasi impor secara tertulis kepada Direktur Impor setiap bulan tentang dilaksanakan atau tidak dilaksanakannya importasi tekstil  Pengakuan IP-Tekstil dibekukan apabila tidak melaksanakan kewajiban melaporkan realisasi impor sebanyak dua kali. Pembekuan pengakuan sebagi IP-Tekstil dapat dicairkan apabila perusahaan telah memenuhi kewajibannya kembali melaporkan realisasi impor.  Pengakukan IP-Tektil dicabut apabila: - Mengubah, menambah dan atau mengganti isi dalam IP-Tekstil IP-Tekstil - Memperjualbelikan atau memindahtangankan - Pengurus perusahaan dinyatakan bersalah oleh pengadilan atas tindak pidana penyalahgunaan IP-Tekstil atas tindak pidana penyalahgunaan IP-Tekstil

16 Verifikasi Atau Penelusuran Teknis Impor Tekstil dan Produk Tekstil Latar Belakang  Mengantisipasi penyelundupan yang masih marak.  Meningkatkan upaya perlindungan konsumen.  Meningkatkan iklim usaha yang lebih kondusif.  Meningkatkan efektifitas pelaksanaan Kep. Menperindag No. 141/MPP/Kep/3/2002 (NPIK) dan Permendag No. 15/M-DAG/PER/5/2008 tanggal 5 Mei 2008 tentang Ketentuan Impor tekstil dan Produk Tekstil.

17 Verifikasi..... Lanjutan Bentuk Pengaturan :  Setiap importasi TPT wajib dilakukan verifikasi atau penelusuran teknis sebelum pengapalan di negara asal muat barang oleh surveyor yang ditunjuk.  Importir TPT tetap tunduk pada kententuan Kep. Menperindag No. 141/MPP/Kep/3/2002 dan No. 15/M-DAG/PER/5/2008  Penelusuran teknis oleh surveyor meliputi negara pembuat barang, spesifikasi barang, nomor HS, uraian barang, komposisi bahan, jumlah dan jenis barang, serta waktu pengapalan.  Surveyor memberikan tanda pemeriksaan surveyor dalam bentuk segel pada kemasan angkutan jenis FCL atau dalam bentuk label pada barang atau kemasan angkutan jenis lainnya.  Hasil verifikasi atau penelusuran teknis oleh surveyor dituangkan dalam Laporan Surveyor yang merupakan dokumen impor untuk penerbitan Pemberitahuan Impor Barang.  Penunjukan surveyor ditetapkan oleh Menteri.  Biaya verifikasi atau penelusuran teknis impor TPT ditanggung oleh importir.  Kegiatan verifikasi atau penelusuran teknis oleh surveyor tidak mengurangi kewenangan Ditjen. Bea dan Cukai untuk melakukan pemeriksaan pabean.  Surveyor yang ditunjuk pelaksana verifikasi atau penelusuran teknis impor TPT wajib menyampaikan laporan tertulis secara periodik satu kali sebulan kepada Dirjen. Daglu cq. Direktur Impor pada minggu pertama bulan berikutnya.  Ketentuan tehnis pelaksanaan Keputusan ini di tetapkan dengan Keputusan Dirjen. Daglu.  Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan.

18 Verifikasi..... Lanjutan Pengecualian Verifikasi :  Dimasukkan ke KB, GB dan KPB Sabang, bila dimasukkan ke DPIL di verifikasi dimana barang tersebut berada.  Merupakan : - Barang keperluan Pemerintah dan Lembaga negara lainnya. - Barang keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. - Barang bantuan teknis dan bantuan proyek berdasarkan PP.19/ Barang hibah. - Barang contoh. - Barang pindahan. - Barang pribadi penumpang, awak pengangkut, pelintas batas dan barang promosi. barang promosi. - Barang kiriman melalui jasa kurir dengan pesawat udara. - Barang kiriman < FOB US$. 1000,-, tanpa jasa kurir, pesawat udara.  Yang mendapat pembebasan BM dan atau Cukai serta PPN dan PPn BM tidak dipungut (fasilitas KITE), bila dimasukkan ke DPIL di verifikasi dimana barang tersebut berada.  Beberapa produk tertentu sebagaimana Lampiran I Permendag No. 15/M- DAG/PER/5/2008 tanggal 5 Mei 2008 tentang Ketentuan Impor tekstil dan Produk Tekstil.

19 Penunjukan Surveyor Pelaksana Verifikasi / Penelusuran TPT  Surveyor sebagai Pelaksana Verifikasi atau Penelusuran Teknis Impor Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) adalah PT. Surveyor Indonesia dan PT. Sucofindo.  Surveyor dapat memungut imbalan jasa atas jasa yang diberikan dari importir yang besarannya berdasarkan azas manfaat.  Penunjukan Surveyor tidak menghapus kewenangan Menperindag untuk mencabut, mengganti dan menambah penunjukan Surveyor sebagagai pelaksana verifikasi.

20 TPT TERKAIT LANGSUNG DALAM SK NOPOS TARIF/HSJENIS BARANG S/D Karpet Kain tekstil berperekat Kain untuk Ban Kain yang ditutupi/diresapi/lapisi plastik. Kain berkaret. Kanvas Sumbu. Selang tekstil. Ban berjalan. Selimut. Linen (Bed linen, kitchen linen, dll). Tirai/gorden. Barang perabot lainnya. Kantong dan karung. Terpal, renda, layar dan sejenisnya. Barang jadi lainnya termasuk pola pakaian. Set untuk bahan serbet, permadani, babut dll.

21 TPT YANG TIDAK TERKAIT LANGSUNG (merupakan produk berbahan TPT) NOPOS TARIF/HSJENIS BARANG s/d – Pakaian bekas Gombal Topi dari bermacam-macam bahan termasuk tekstil Payung Wig dari tekstil sintetis Parasut Layar proyeksi Kantong tidur/Sleeping Bag. Bed Spreads, Mattress Protector. Baju Boneka. Net, bantalan kriket, pelindung tulang kering

22 TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA


Download ppt "PEMBATASAN IMPOR, POTENSI DAN PELUANGNYA BAGI INDUSTRI TEKSTIL KHUSUSNYA INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH BAGI INDUSTRI TEKSTIL KHUSUSNYA INDUSTRI KECIL DAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google