Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Arsitektur Komputer “Instruksi Set Arsitektur” Kurniawan Teguh Martono Sistem Komputer UNDIP.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Arsitektur Komputer “Instruksi Set Arsitektur” Kurniawan Teguh Martono Sistem Komputer UNDIP."— Transcript presentasi:

1 Arsitektur Komputer “Instruksi Set Arsitektur” Kurniawan Teguh Martono Sistem Komputer UNDIP

2 Pendahuluan  Instruksi  Bahasa yang digunakan untuk memerintahkan obyek untuk beraksi.  Instruksi set arsitektur  kumpulan susunan perintah  Karena bicara mengenai komputer maka ISA merupakan bahasa yang digunakan untuk memerintah mesin untuk dapat melakukan operasi  Sehingga :  Operasi dari CPU ditentukan oleh instruksi yang dilaksanakan atau dijalankan

3 Jenis Intruksi  CISC, Complex Instruction Set Computer  Sebuah arsitektur dari set instruksi komputer dimana setiap instruksi akan menjalankan beberapa operasi tingkat rendah, seperti pengambilan dari memori, operasi aritmetika, dan penyimpanan ke dalam memory, semuanya sekaligus hanya di dalam sebuah instruksi  RICS, Reduce Instruction Set Computer  Rancangan arsitektur CPU yang mengambil dasar filosofi bahwa prosesor dibuat dengan arsitektur yang tidak rumit dengan membatasi jumlah instruksi hanya pada instruksi dasar yang diperlukan saja.

4 Instruksi Set Architecture  Harus memiliki spesifikasi  Format instruksinya  Dalam berapa bit panjang instruksinya?  Lokasi operand dan result  Data type dan size  Operation  Kondisi

5 Diagram eksekusi Intruksi Set Arsitektur Instruction fetch Instruction Decode Operand Fetch Execute Store Result Next Instruction

6 Basic ISA class  Load and Store  Load dari memori  Store ke Memory  Operasi Logika  And / or  Negation  Shift  Operasi Aritmatik  Add, sub  Branch  Spesial Instruksi  Data Processing  Data Storage  Data Movement  Control

7 Elemen Instruksi Set  Operation Code (opcode)  Nilai yang menentukan operasi satu set intruksi.  Source Operand Reference  Nilai asal yang akan dioperasikan  Result Operand Reference  Hasil dari operasi  Next Instruction Reference

8 Lokasi source dan result operand  Main memory atau virtual memory  CPU Register  I/O Device

9 Format Instruksi  Suatu instruksi terdiri atas beberapa field yang sesuai dengan elemen dalam instruksi tersebut.  Layout dari suatu instruksi sering disebut sebagai Format instruksi OPCODEResult ReferenceOperand Reference

10 Jenis Operand  Address  Number  Character  Logical Data

11 Operand disimpan?  Ingat : semua instruksi dieksekusi di dalam CPU  Sebuah operasi hanya membutuhkan register sebagai tempat membaca dan menyimpan  Adakalanya juga operand disimpan dilokasi lain melalui register yang berisi alamat tempat penyimpanan. (dibahas di lain hari  mode pengalamatan)

12 Transfer Data  Memindahkan data dari satu lokasi ke lokasi lain  Menetapkan lokasi operand sumber dan operand tujuan  Lokasi dapat berupa :  Memory  Register  Menetapkan panjang data yang dipindahkan  Menetapkan mode pengalamatan

13 Opcode transfer data  MOVE  STORE  LOAD  EXCHANGE  CLEAR/RESET  SET PUSH  POP

14 Operasi Aritmatika  Tindakan CPU :  Transfer data sebelum atau sesudah  Melakukan fungsi dalam ALU  Operasi :  ADD  SUBTRACT  MULTIPLY  DIVIDES  ABSOLUTE  NEGATIVE  DECREMENT  INCREMENT

15 Operasi Logika  Operasi nya :  AND  OR  NOT  EXOR  COMPARE  SHIFT  ROTATE

16 Input / Output  Operasi yang dilakukan  Input  Output  Start I/O  Test I/O

17 Transfer control  Mengupdate PC untuk Subrutin, call, return  Operasi  Jump  Jump bersyarat  Return  Skip  Halt  Wait  NOP

18 Penggunaan alamat dan ISA  Zero Operand  One Operand  Two Operand  Three Operand

19 Zero Operand  A, B, C, D, E, Y adalah register  Misal : Y = (A - B) / (C + D x E)  Instruksi : PUSH A#S[tos]  A PUSH B#S[tos]  B SUB#S[tos]  A-B PUSH C#S[tos]  C PUSH D#S[tos]  D PUSH E#S[tos]  E MPY#S[tos]  D x E ADD#S[tos]  C +S[tos] DIV#S[tos]  (A-B) / S[tos] POP Y#out  S[tos] Jadi dengan zero operand memerlukan 10 operasi

20 One Operand  A, B, C, D, E, Y adalah register  Menggunakan AC (Accumulator sebagai tempat penyimpan sementara)  Misal : Y = (A - B) / (C + D x E)  Instruksi : LOAD D MPY E ADD C STOR Y LOAD A SUB B DIV Y STOR Y Sehingga memerlukan 8 operasi

21 Two Operand  Menggunakan Temporary  A, B, C, D, E, T, Y adalah register  Program Y= (A - B) / (C + D x E)  Instruksi : MOVE Y, A SUB Y, B MOVE T, D MPY T, E ADD T, C DIV Y, T Sehingga memerlukan 6 operasi

22 Three operand  Menggunakan Temporary  A, B, C, D, E, T, Y adalah register  Program Y= (A - B) / (C + D x E)  Instruksi : SUBY, A, B MPYT, D, E ADDT, T, C DIVY, Y, T Sehingga memerlukan 4 operasi

23 Big endian dan little endian  Big Endian :  alamat yang digunakan adalah MSB  Nilai terkecil berada di MSB  Contoh :  IBM 360/370  Motorla 68K  MIPS  SPARC  Little Endian :  Alamat yang digunakan dalah LSB  Nilai terkecil berada di LSB  Contoh :  Intel 80x86  DEC Vax  DEC Alpha

24 Sekian Terima kasih


Download ppt "Arsitektur Komputer “Instruksi Set Arsitektur” Kurniawan Teguh Martono Sistem Komputer UNDIP."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google