Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEPEMIMPINAN IT Andreas Rio, SE, M.Eng.. Overview  Peranan Pimpinan dalam Manajemen Sistem Informasi.  Peran Strategis Teknologi Informasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEPEMIMPINAN IT Andreas Rio, SE, M.Eng.. Overview  Peranan Pimpinan dalam Manajemen Sistem Informasi.  Peran Strategis Teknologi Informasi."— Transcript presentasi:

1 KEPEMIMPINAN IT Andreas Rio, SE, M.Eng.

2 Overview  Peranan Pimpinan dalam Manajemen Sistem Informasi.  Peran Strategis Teknologi Informasi.

3 Peran Manager Menurut Mitzberg, manager memainkan 10 peranan:  Tiga peranan interpersonal (figurehead, leader, liaison),  Tiga peranan informational (monitor, diseminator, spokesman),  Empat peranan pengambilan keputusan (entrepreneur, distrubance handler, resource allocator, dan negotiator).

4 Peran Managerial CIO (1/5) 1. Leader: Sebagai pemimpin, CIO bertanggungjawab membimbing, merekrut, melatih, dan memotivasi kader Teknologi Informasi. 2. Spokesman: Peranan ini menyangkut aktivitas yang mempersyaratkan CIO mengembangkan kontak organisasional di luar departemennya ke bagian-bagian lain di dalam organisasi. Dalam hal ini, CIO terlibat dalam kegiatan produksi, distribusi, marketing, dan keuangan.

5 Peran Managerial CIO (2/5) 3. Monitor: CIO harus mengenali lingkungan eksternal agar bisa mengikuti perkembangan teknologi dan lingkungan kompetisi. Dalam berperanan sebagai inovator teknologi perusahaan, CIO mengidentifikasi ide-ide baru dari sumber-sumber di luar organisasi. Untuk itu, CIO memanfaatkan banyak sumber termasuk kontak dengan vendor, relasi profesional, dan jaringan kontak personal.

6 Peran Managerial CIO (3/5) 4. Liaison: CIO harus berkomunikasi dengan lingkungan eksternal termasuk mempertukarkan informasi dengan pemasok TI, konsumen, pembeli, analis pasar, dan media massa.

7 Peran Managerial CIO (4/5) 5. Entrepreneur: CIO mengidentifikasikan kebutuhan bisnis dan mengembangkan solusi yang mengubah situasi bisnis. Tanggungjawab utama CIO adalah menjamin bahwa peluang teknologi yang berkembang dengan cepat benar-benar dipahami, direncanakan, diimplementasikan, dan secara strategik dieksploitasikan di dalam organisasi.

8 Peran Managerial CIO (5/5) 6. Resource allocator: CIO harus menentukan bagaimana mengalokasikan SDM, keuangan, dan sumberdaya informasi.

9 Peranan CIO  Chief architect. CIO sebagai arsitek utama merancang kemungkinan-kemungkinan masa depan bisnis. Tugas pokok arsitek utama adalah merancang dan mengembangkan infrastruktur TI yang adaptif terhadap perubahan bisnis masa depan, bukan mendefinisikan bisnis tertentu.  Infrastruktur TI hendaknya tidak hanya menyediakan layanan teknologi untuk masa kini, seperti jaringan komputer, basis data, dan sistem operasi, tetapi juga layanan-layanan bisnis seperti workflow management, portfolio management, penjadwalan, dsb.

10  Change leader. CIO sebagai pemimpin perubahan mengelola sumberdaya untuk mencapai implementasi masa depan yang optimal. Ini menyangkut penyediaan sarana-sarana TI baru, disamping penempatan tim SDM yang mampu merancang ulang peranan, pekerjaan, dan aliran kerja. CIO harus mampu mengubah persepsi karyawan tentang perusahaan dan teknologi informasi serta harus mampu merancang sistem insentif untuk membawa karyawan ke perilaku yang baru dan berbeda.

11  Product developer. CIO sebagai pengembang produk membantu mendefinisikan posisi perusahan dalam ekonomi digital yang terus berkembang. Misalnya pengembang produk mungkin melihat potensi pelaksanaan proses bisnis kunci (misalnya order fulfillment, supply chain management, customer relationship management) melalui jalur elektronik seperti Internet. Pengembang produk harus “menjual” ide ini ke mitra bisnis dan bersama-sama mereka dapat melakukan eksperimen dan mengevaluasi kelayakannya. Apakah metoda baru ini diadopsi atau tidak, perusahaan akan belajar dari eksperimen dan menjadi semakin dekat dengan kesuksesan komersial di pasar digital yang semakin berkembang.

12  Technology provocateur. CIO sebagai provokator teknologi mengintegrasikan TI di dalam  strategi bisnis sehingga keberadaan TI tidak harus terlihat tetapi terasakan. Provokator  teknologi kaya akan pengalaman dalam disiplin sistem informasi, sehingga ia memahami  kapabilitas TI dan bagaimana TI berdampak pada bisnis.

13  Coach. CIO sebagai pelatih artinya CIO harus mampu menjadi “guru” agar segenap karyawan  memperoleh sekelompok ketrampilan yang diperlukan untuk menyongsong masa depan. Pelatih  mempunyai 2(dua) tanggungjawab pokok : melatih karyawan tentang bagaimana belajar agar  mereka mampu memperoleh pengetahuan sendiri (self-sufficient), dan memfasilitasi pimpinan  tim dengan staff yang mampu mengerjakan tugas-tugas yang berkaitan dengan TI. Pelatih  adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang solid di bidang TI, tetapi tidak harus yang  terbaik di bidang itu.

14  Chief operating strategist. CIO sebagai manajer strategi operasi “menemukan” (invent) masa depan bersama-sama dengan managemen senior (Peter Drucker:”do not predict the future, invent it!” - jangan meramalkan masa depan, jadilah pemeran masa depan).  Peranan CIO ini berfokus pada agenda masa depan dari organisasi TI. Peranan CIO ini berkaitan pula dengan menginterpretasikan teknologi baru, dan menterjemahkan pemahaman ini menjadi pengembangan strategi bisnis digital organisasi

15 Tugas  Case studies mengenai leadership bidang IT berupa contoh perusahaan yang nyata dan bagaimana seorang pemimpin perusahaan tersebut menerapkan strategi terhadap perubahan yang terjadi, baik perubahan di dalam maupun di luar perusahaan.  Contoh: Apple Inc, Intel, Microsoft, Amazon, Google, Yahoo, Facebook

16 Sergey Brin & Larry Page - Google

17 Jerry Yang – Yahoo!

18 Blake Ross - Mozilla

19 Jack Dorsey - Twitter

20 Mark Zuckerberg

21 Steve Jobs – Apple Inc.

22 Michael Dell - Dell

23 Bill Gates - Microsoft

24 Gordon Moore - Intel

25 Jeff Bezos - Amazon

26 Matt Mullenweg - Wordpress

27 David Karp - Tumblr

28 Andy Rubin - Android

29 Kevin Rose - Digg

30 Reid Hoffman - Linkedin

31 Sean Parker - Napster


Download ppt "KEPEMIMPINAN IT Andreas Rio, SE, M.Eng.. Overview  Peranan Pimpinan dalam Manajemen Sistem Informasi.  Peran Strategis Teknologi Informasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google