Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manajemen Aplikasi LINUX Sistem Operasi Teknik Informatika 2013.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manajemen Aplikasi LINUX Sistem Operasi Teknik Informatika 2013."— Transcript presentasi:

1 Manajemen Aplikasi LINUX Sistem Operasi Teknik Informatika 2013

2 Mengenal Paket Software Setiap linux mempunyai manajemen paket yang berbeda beda. Ex : Redhat dengan.rpm Debian dengan.deb Slackware dengan.tgz Secara umum beberapa extensi dari paket linux sebagai berikut :.rpm,.deb,.tgz,.tar.gz,.tar.bz2,.bin dll.

3 Mengenal Paket Softwar e Beberapa aplikasi untuk manajemen paket linux di konsole : apt-get  Debian / Ubuntu yum  Fedora slapt-get  Slackware * Untuk menggunakan aplikasi ini syarat “Online” Beberapa aplikasi untuk manajemen paket linux di GUI: Synaptic  Debian / Ubuntu YaST  OpenSuse GSLAPT  Slackware Pirut  Fedora

4 Intalasi Paket Software Instalasi Paket.deb Paket yang biasa digunakan untuk linux debian dan turunannya seperti ubuntu, kubuntu, sabily dll. Cara instalasi paket : sudo dpkg -i nama_paket.deb atau Klik 2 kali pada paket tersebut. Atau melalui synaptic Atau sudo apt-get install “nama paket” Atau sudo add-apt-repository ppa:"nama ppa"

5 Intalasi Paket Software Instalasi Paket.rpm Paket yang biasa digunakan untuk linux redhat dan turunannya, Suse dll. Cara instalasi paket : rpm -ivh nama_paket.rpm Ket : opsi -ivh adalah opsi untuk install

6 Intalasi Paket Software Instalasi Paket.tar.gz &.tar.bz2 Paket yang berasal dari file yang dikompresi. Cara instalasi paket : Ekstrak file dengan mengetikkan perintah sebagai berikut : # tar xvzf/xjvf nama_file.tar.gz atau tar xvjf nama_file.tar.bz2 *ubuntu : pake nautilus = klik kanan extract here Kemudian masuk ke direktori paket yang telah diinstal # cd package Kemudian konfigurasi paket dengan perintah #./configure kemudian compile paket tersebut dengan perintah # make terakhir instal paket tersebut # make install

7 Synaptic

8

9 YaST

10

11 GSLAPT

12

13 Repositori Definisi : Kumpulan paket instalasi program linux. Setting Alamat Repositori “online”: Ubuntu dan kawan2 :

14 Repositori Fedora Ketik : /]# cd /etc/yum.repos.d/ setelah itu ketik : yum.repos.d]# vim fedora.repo * untuk mengatur alamat repositori yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi manajemen paket GUI di tiap2 linux. Seperti Synaptic, YaST, Pirut dll.. :-)

15 Referensi Modul Praktikum SO linux/ an_ubuntu aplikasi-di.html

16 Latihan Buka alamat serverlab Download paket Silahkan diinstal di kompi masing.. :-) Jika sudah berhasil cobalah untuk di remove install. Jika belum berhasil, tanya kenapa???

17 Tugas... Cari Paket yang lain yang nantinya akan berguna untuk kebutuhan praktikum atau kebutuhan sehari-hari dalam penggunaan komputer. Install dan tulis cara instalnya. Capture cara instal dan hasil instalasinya Kirim laporan ke subyek Isi (lampirkan): – Laporan berekstensi.pdf – Paket aplikasinya Format laporan bebas yang penting ada nama nim kelas.


Download ppt "Manajemen Aplikasi LINUX Sistem Operasi Teknik Informatika 2013."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google