Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

الله SIFAT GHAIB TUHAN /ALLAH?? ???? ILMU/ PENGETAHUAN METODE ILMU/ PENGETAHUAN METODE 1.METODE QAULIYAH (AL- QURAN) 2.Metode ayat Kauniyah ( Fenomena.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "الله SIFAT GHAIB TUHAN /ALLAH?? ???? ILMU/ PENGETAHUAN METODE ILMU/ PENGETAHUAN METODE 1.METODE QAULIYAH (AL- QURAN) 2.Metode ayat Kauniyah ( Fenomena."— Transcript presentasi:

1 الله SIFAT GHAIB TUHAN /ALLAH?? ???? ILMU/ PENGETAHUAN METODE ILMU/ PENGETAHUAN METODE 1.METODE QAULIYAH (AL- QURAN) 2.Metode ayat Kauniyah ( Fenomena Alam dan seluruh penciptaan-Nya)

2 Dari ibnu Abbas.ra.: تَفَكَرُ و افي خَلقِ اللهِ وَلاَ تَتَفَكَرُوا فيِ اللهِ ، فَإنَكُم لَنْ تَقدِيرُ وا قَدرهُ Berfikirlah tentang makhluk Allah, Janganlah berfikir tentang Allah, karena akal kalian tidak akan dapat menjangkau-NYA Bukti Keberadaan ALLAH SWT Bukti dengan dalil Naqli / Nash ( AL QURAN) Al-Hasyr, 59: 22 dan 24. Dan {QS Al Ikhlash. 112: 1-4} Bukti Fitrah sifat dasar asli yang terpengaruhi oleh factor eksternal. {QS. Al-Araf 7: 172}, teori Ilmiah TABULARASA, telah membuktikan, teori ilmu jiwa. Bukti Indrawi { QS. At Takwir 81: 29} Bukti Rasional { QS. Al-Ikhlash 112: 1-4} { QS. AL-l-Mukminun, : 23:91} Bukti Sejarah, bahwa banyak sejarah pada masa lampau semenjak nabi Adam. As. Hingga sekarang ini.

3 MENGENAL MANUSIA bahwa manusia adalah makhluk yang concerned, (menaruh minat yang besar terhadap segala sesuatu) selalu bertanya dan berfikir, ngeyel-red jawa. bahwa manusia disebut sebagai “ al insane hayawanun nathiq ( أَلإِنسَانُ الحَيَوَانُ النَطِيقُ ) manusia adalah hewan berfikir. Juga manusia adalah hewan politik ( zoon politicion, political animal).

4 Manusia merupakan : Makhluk ( Creation of GOD). QS. Al Mursalat : 77: 20. QS. Ash- Shafat: 37 : 11) Mukarram ( Honorably) yang di muliakan. Meskipun dari sari pati tanah. Allah memuliakan manusia secara absolute : QS. Al-Isra 17: 70. Mukallaf (burdened), manusia telah terbebani akan fungsi dan tugas serta tanggung jawab, untuk beribadah : {QS. Adzariyat 51: 56} Khalifah { QS. Al-Ahzab 33: 72} Mukhayyar (humans is free to choose) Allah SWT memberikan akal kepada manusia untuk memilih. { QS. Al-Insan 76: 3} Majziyyum (returned ) manusia diberikan kebebasan untuk memilih bukan tanpa konsekuensi, harus mempertanggung jawabkan apa yang telah di lakukannya. { QS. Al-Qoriah 101: 6-9}

5 Proses Terjadinya Manusia menurut AL- QURAN Al-Mukminun Dari Sari pati tanah (Sulalatin min thin) Air Mani (Sperma) bertemu Nuthfah (Telor) dalam rahim Segumpal Darah (Alaqoh) Segumpal Daging Tulang belulang ( idhaman) Dibungkus dengan daging ( lahman) Menjadi Makhluk yang berbentuk (janin) Ditiupkan Roh, pada usia ke 120 kandungan Lahir sebagai bayi (QS. Al Hajj 5) Diberikan pendengaran, penglihatan, dan Hati (Q.S An-Nahl : 78) Tumbuh anak anak, dewasa, tua (pikun) QS. AL Hajj 5 MATI (QS.AL Mukminun 15) Dibangkitkan dari Kubur-Qiyamat (QS. AL Mukminun 16)

6 Misi Utama Keberadaan manusia di muka bumi ini mempunyai misi utama, yaitu beribadah kepada Allah SWT. Misi Manusia Misi Fungsional Selain misi utama yang harus diemban manusia, ia juga mempunyai misi fungsional sebagai khalifah.

7 Misi Operasional Manusia diciptakan di bumi ini—selain untuk beribadah dan sebagai khalifah, juga harus bisa bermain cantik untuk memakmurkam bumi (Huud: 61). Kerusakan di dunia, di darat, maupun di lautan bukan karena binatang ternak yang tidak tahu apa-apa, tetapi ia lahir dari tangan-tangan jahil manusia yang tidak pernah mengenal rambu- rambu Tuhannya. Benar, semua yang ada di bumi ini diciptakan untuk manusia, namun ia tidak bebas bertindak diluar ketentuan dan rambu ilahi (ar-Ruum: 41).

8 Diantara karakteristik manusia adalah : 1. Perusak 2. Syetan,Iblis 3. Munafiq,Sombong 4. Dengki, Rakus 5. Bejat 1. Aspek Kreasi 2. Aspek Ilmu 3. Aspek Kehendak 4. Pengarahan 5. Akhlak

9 Manusia dan Kemasyarakatan  Manusia sebagai mahluk individu yaitu manusia menpunyai sifat-sifat yg khas berlaku bagi dirinya sendiri, sehingga berbeda dg orang lain. Seperti : Hobby, Kepercayaan/keyakinan, dll  Manusia sbg mahluk sosial yaitu ikut sertanya manusia didalam hubungan2 sosial dalam membentuk kebudayaan masyarakat dan kesadaran akan adanya persamaan dan perbedaan dg orang lain.

10 Implementasi nilai Islam di dalam masyarakat sebagai seorang Muslim/Muslimah adalah Khalifah, Menjaga dan Memelihara Amar Ma’ruf Nahi Munkar Bertetangga dengan Baik, Ramah, serta Tolong Menolong Menjaga Nilai Nilai Islam dalam diri dan Keluarga Toleransi dalam beribadah.


Download ppt "الله SIFAT GHAIB TUHAN /ALLAH?? ???? ILMU/ PENGETAHUAN METODE ILMU/ PENGETAHUAN METODE 1.METODE QAULIYAH (AL- QURAN) 2.Metode ayat Kauniyah ( Fenomena."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google