Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar Kuliah Akhlaq. Pengertian Secara bahasa (lughatan) akhlaq (Arab: akhlâq) adalah bentuk jamak dari kata khuluq yang berarti budi pekerti, perangai,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar Kuliah Akhlaq. Pengertian Secara bahasa (lughatan) akhlaq (Arab: akhlâq) adalah bentuk jamak dari kata khuluq yang berarti budi pekerti, perangai,"— Transcript presentasi:

1 Pengantar Kuliah Akhlaq

2 Pengertian Secara bahasa (lughatan) akhlaq (Arab: akhlâq) adalah bentuk jamak dari kata khuluq yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku dan tabi’at. Berakar dari kata khalaqa yang artinya menciptakan. Seakar dengan kata khâliq (pencipta), makhluq (yang diciptakan) dan khalq (penciptaan). Secara istilah, menurut Prof. Dr. Yunahar Ilyas, Lc., M.Ag. akhlaq adalah sifat yang tertanam dalam jiwa manusia, sehingga dia akan muncul secara spontan bilamana diperlukan, tanpa memerlukan pemikiran atau pertimbangan lebih dulu, serta tidak memerlukan dorongan dari luar.

3 Posisi Akhlaq dalam Islam 1. Misi utama diutusnya Rasulullah saw. 2. Akhlaq merupakan inti keimanan seseorang. 3. Akhlaq yang baik adalah faktor yang paling banyak memasukan manusia ke dalam surga

4 Ciri-Ciri Akhlaq 1. Tolak ukur baik dan buruknya akhlaq adalah al-Qur’an dan sunnah 2. Berlaku universal 3. Sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan 4. Akhlaq dapat dijadikan parameter keimanan seseorang 5. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan

5 Ruang Lingkup Pembahasan Akhlaq Dari segi sifatnya, ada dua: akhlâqul karimah dan Madzmumah Dari segi dampak atau praktisnya ada dua; akhlaq terhadap Sang Khaliq (Allah/Tuhan) dan Akhlaq terhadap Makhluq (ciptaan- Nya). Akhlaq terhadap makhluk terbagi menjadi menjadi 6.

6 Akhlaq terhadap Makhluq; 1. Akhlaq terhadap Rasulullah 2. Akhlaq terhadap diri sendiri 3. Akhlaq terhadap keluarga 4. Akhlaq terhadap masyarakat 5. Akhlaq terhadap negara 6. Akhlaq terhadap alam semesta

7 Mengapa Manusia Membutuhkan Akhlak? Suatu ketika Sang Guru marah atas pemberian hadiah muridnya. Lalu kemudian ia berdiri dan berkata pada murid-muridnya. “Jika kita diberi hadiah dari orang lain, yang mana hadiah itu membuat kita jengkel, lalu kemudian kita menolak hadiah tersebut, maka milik siapakah hadiah itu sekarang?.” Salah seorang murid Sang Guru menjawabnya, “hadiah tersebut akan kembali kepada pemberinya.” Lalu Sang Guru kembali berbicara, “begitulah ibarat perbuatan buruk. Jika kita berbuat buruk kepada orang lain, lalu kemudian orang lain tersebut tidak dapat menerimanya, maka sesungguhnya keburukan itu akan kembali kepada pelakunya. Semakin banyak keburukan yang dilakukan maka semakin banyak pula keburukan yang akan kembali kepada dirinya.”

8 مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَى إِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ Barangsiapa membawa amal yang baik, Maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan Barangsiapa yang membawa perbuatan jahat Maka Dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan). (Al-An’am (6): 160)


Download ppt "Pengantar Kuliah Akhlaq. Pengertian Secara bahasa (lughatan) akhlaq (Arab: akhlâq) adalah bentuk jamak dari kata khuluq yang berarti budi pekerti, perangai,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google