Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Akhlaq seorang muslim terhadap dirinya sendiri adalah sikap terhadap diri sendiri sebagaimana yang dituntunkan Allah dan Rasulnya.  Akhlaq terhadap.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Akhlaq seorang muslim terhadap dirinya sendiri adalah sikap terhadap diri sendiri sebagaimana yang dituntunkan Allah dan Rasulnya.  Akhlaq terhadap."— Transcript presentasi:

1

2  Akhlaq seorang muslim terhadap dirinya sendiri adalah sikap terhadap diri sendiri sebagaimana yang dituntunkan Allah dan Rasulnya.  Akhlaq terhadap diri sendiri dibagi menjadi dua hal, yakni; (1) akhlaq terhadap fisik berupa pembinaan jasmani; (2) akhlaq terhadap non fisik berupa pembinaan ruhani dan akal.

3  Makan dan minum dengan barang yang halal dan baik serta seimbang  Tidak merusak diri sendiri  Membersihkan dan merawat fisik (organ- organ tubuh)  Memakai pakaian yang bagus dan menutup aurat  Memakai wangi-wangian

4 1)Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan 2)Tidak mempertanyakan asal makanan 3)Tidak mencela makanan 4)Mengawali makan dengan basmallah 5)Makan dan Minum dengan tangan kanan 6)Memakan makanan yang terdekat 7)Memakan dari yang pinggir 8)Memungut makanan yang terjatuh 9)Menjilat jemari setelah makan 10)Membaca doa setelah makan

5 1)Merokok 2)Mentato 3)Minum khamer 4)Dsb.

6 1)Membersihkan gigi 2)Merawat dan Merapikan rambut 3)Merawat jenggot 4)Sunat (khitan) 5)Mandi 6)Istirahat yang cukup

7

8

9

10

11

12

13  Perhatikan tuntunan (Al- Qur’an dan Sunnah)  Perhatikan estika  Perhatikan etika

14

15 ... وَجَعَلَ لَكُمْ سَرَابِيلَ تَقِيكُمُ الْحَرَّ وَسَرَابِيلَ تَقِيكُمْ بَأْسَكُمْ كَذَلِكَ يُتِمُّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تُسْلِمُونَ “Dan Dia jadikan bagi kalian pakaian yang memelihara kalian dari panas, dan pakaian (baju besi) yang memelihara kalian dalam perangan.” (An-Nahl: 81).

16

17 Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda kepada salah seorang shahabatnya di saat beliau melihatnya mengenakan pakaian jelek : “Apabila Allah mengaruniakan kepadamu harta, maka tampakkanlah bekas ni`mat dan kemurahan-Nya itu pada dirimu.” (HR. Abu Daud)

18 Firman Allah Ta ‘ala, “Hai Nabi, katakan kepada istri-istrimu, anak- anak perempuanmu dan istri-istri orang-orang Mukminin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka’.” (Al-Ahzab: 59).

19  Aurat Perempuan: Telapak tangan dan Wajah  Aurat Laki-Laki: Pusar sampai mata kaki

20  “Rasulullah melaknat (mengutuk) kaum laki-laki yang menyerupai kaum wanita dan kaum wanita yang menyerupai kaum pria.” (HR. Al- Bukhari).

21  hadits yang bersumber dari Ali Radhiallaahu ‘anhu mengatakan, Sesungguhnya Nabi Allah Subhaanahu wa Ta’ala pernah membawa kain sutera di tangan kanannya dan emas di tangan kirinya, lalu beliau bersabda: Sesungguhnya dua jenis benda ini haram bagi kaum lelaki dariumatku”. (HR. Abu Daud)

22  “Dua golongan manusia yang termasuk ahli neraka dan aku belum pernah melihat sebelumnya iaitu: Kaum yang membawa cemeti seperti ekor sapi yang mereka pukulkan kepada orang-orang dan wanita yang memakai pakaian tapi bertelanjang yang berjalan lengggak-lenggok serta bergoyang-goyang kepalanya seperti kepala unta yang besar. Mereka ini tidak akan masuk syurga serta tidak akan mencium bau harumnya. Sesungguhnya bau harum syurga itu dapat tercium dari jarak perjalanan yang jauh”

23  “Rasulullah saw. suka memulai dengan tangan kanan dalam segala hal, dalam mengenakan kedua sandalnya, dalam bersisir, dan dalam bersuci.” (Diriwayatkan Muslim).

24

25  “Memanjangkan hingga di bawah kedua tumit pada kain, gamis, dan sorban. Barangsiapa menyeret salah satu daripadanya dengan sombong, maka Allah tidak melihat kepadanya pada hari kiamat.” (Diriwayatkan An-Nasai).

26  Terhadap akal, antara lain: 1. Menuntut ilmu 2. Berpikir positif (positive thingking) 3. Tidak berkhayal-khayal  Terhadap ruhani, antara lain: 1. Ibadah 2. Membaca al-Qur’an 3. Berdzikir 4. Mendatangi majelis ilmu 5. Tadabbur alam 6. Muhasabah


Download ppt " Akhlaq seorang muslim terhadap dirinya sendiri adalah sikap terhadap diri sendiri sebagaimana yang dituntunkan Allah dan Rasulnya.  Akhlaq terhadap."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google