Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LAPORAN KERJA PRAKTEK PT TEMPRINA MEDIA GRAFIKA JAWA POS GROUP KELOMPOK : M. AZIS KHOIRUL FATA / 7410040016 DIMAS FANNY H. P. / 7410040023.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LAPORAN KERJA PRAKTEK PT TEMPRINA MEDIA GRAFIKA JAWA POS GROUP KELOMPOK : M. AZIS KHOIRUL FATA / 7410040016 DIMAS FANNY H. P. / 7410040023."— Transcript presentasi:

1 LAPORAN KERJA PRAKTEK PT TEMPRINA MEDIA GRAFIKA JAWA POS GROUP KELOMPOK : M. AZIS KHOIRUL FATA / DIMAS FANNY H. P. /

2 LATAR BELAKANG Dalam era globalisasi dunia dan perdagangan yang bebas diperlukan adanya industri yang maju dengan tenaga kerja yang professional dibidangnya masing-masing. Sebagaimana telah kita ketahui mahasiswa merupakan generasi penerus yang pada gilirannya akan memikul tanggung jawab guna mensukseskan pembangunan nasional dan memajukan bangsa dan Negara. Kerja praktik merupakan salah satu mata kuliah di jurusan teknik informatika PENS-ITS sebagai sarana untuk latihan mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah.

3 RUANG LINGKUP KERJA PRAKTIK Kerja praktik dilaksanan di ruang server jaringan internet PT. Temprina Media Grafika, desa Sumengko, kec. Wringinanom, kab. Gresik. Dalam kerja praktik ini kami melakukan migrasi data dari Microsoft Server Windows 2003 ke Microsoft Server Windows 2008.

4 TUJUAN KERJA PRAKTIK Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, berusaha agar lulusannya bisa dan siap menghadapi tantangan begitu memasuki dunia kerja, sehingga mahasiswa dapat mengetahui permasalahan- permasalahan yang sering terjadi di dunia kerja.

5 MANFAAT Bagi mahasiswa dapat menambah ilmu yang didapatkan pada industr serta mengenal ruang lingkup dunia kerja industri. Bagi PENS sebagai sarana pengenalan perkembangan iptek khususnya Teknik Informatika dan sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan program di PENS-ITS Bagi perusahaan sarana untuk memberikan kriteria tenaga kerja yang dibutuhkan oleh badan usaha terkait dan untuk mengenalkan teknologi industri pada dunia pendidikan.

6 PROFIL PERUSAHAAN PT. TEMPRINA MEDIA GRAFIKA Berdirinya PT Temprina Media Grafika yang beralamat di jl. Karah agung no. 45, Surabaya tidak bisa dilepaskan dari PT Jawa Pos. Perkembangan PT Jawa Pos yang pesat perlu didukung oleh layanan percetakan yang harus mampu mendukung aspek mutu atau kualitas, ketepatan waktu, dan jumlah sesuai yang diminta. Untuk itu bagian percetakan yang awal mulanya merupakan bagian dari departemen produksi PT Jawa Pos kemudian dipisahkan menjadi perusahaan berbadan hukum sendiri dengan akta pendirian perusahaan tertanggal 29 Nopember Keunggulan temprina yang lain adalah adanya dukungan pasokan kertas dari pabrik kertas PT Adiprima Suraprinta (Jawa Pos Group) untuk menjaga kontinuitas ketersediaan bahan baku utama percetakan serta dukungan suplai energi listrik dari PT Prima Elektrik Power (Jawa Pos Group) untuk kelancaran operasional sehari-hari dan kelancaran proses produksi di Temprina.

7 VISI DAN MISI PT. TEMPRINA MEDIA GRAFIKA Visi: “Menjadi Jejaring Percetakan Media Terbesar Di Indonesia” Misi: Memberikan Layanan Cetak Media Dan Komersial Dengan Konsep “One Stop Service”. Mensinergikan Optimasi Sdm, Teknologi, Dan System. Memberikan Layanan Terbaik Dalam Standart / Ketepatan Jumlah, Waktu, Dan Mutu.

8 KEBIJAKAN MUTU PT. TEMPRINA MEDIA GRAFIKA Kami adalah percetakan media cetak terbesar di indonesia. Konsep kami adalah melayani dengan cepat, tepat, dan kompetitif. Komitmen kami adalah selalu meningkatkan kualitas pelayanan.

9 HUBUNGAN KERJA SAMA Selain pemanfaatan teknologi kekuatan PT. Temprina media grafika terletak pada dukungan bisnis yang kuat dari vendor, supplier dan rekan bisnis lain. Kertas sebagai bahan baku utama percetakan, kontinuitas pengadaannya terjamin. Bisa dikatakan ketersediaan kertas di PT. Temprina media grafika 80% kekuatannya perusahaan karena didukung pabrik kertas PT. Adiprima suraprinta dan pengakuan bahan baku meupun hasil produksi dilakukan oleh PT. Jawa pos ekspedisi mandiri.

10 MICROSOFT SERVER 2003 Windows server 2003 tidak memiliki adanya komponen server diaktifkan, untuk mengurangi serangan permukaan mesin - mesin baru. Windows server 2003 termasuk mode kompatibilitas untuk memungkinkan aplikasi yang lebih tua untuk menjalankan dengan stabilitas yang lebih besar. Ini dibuat lebih kompatibel dengan windows NT 4.0 domain berbasis jaringan. Memasukkan dan meng-upgrade windows NT 4.0 domain untuk windows 2000 dianggap sulit dan memakan waktu, dan umumnya dianggap sebagai semua-atau-tidak terupgrade, terutama ketika berhadapan dengan active directory. Windows server 2003 membawa ditingkatkan active directory kompatibilitas, dan dukungan penyebaran yang lebih baik, untuk memudahkan transisi dari windows nt 4.0 ke windows server 2003 dan windows XP professional.

11 MICROSOFT SERVER 2008 Windows server 2008 adalah nama sistem operasi untuk server dari perusahaan microsoft. Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut windows server Pada tanggal 15 mei 2007, bill gates mengatakan pada konferensi winhec bahwa windows server 2008 adalah nama baru dari windows server "longhorn". Windows server 2008 mendukung sistem klien dengan windows vista, mirip seperti hubungan antara windows server 2003 dan windows xp. Windows server 2008 adalah nama sistem operasi untuk server dari perusahaan microsoft. Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut windows server Windows server 2008 dibangun dari kode yang sama seperti windows vista; karenanya windows server 2008 memiliki arsitektur dan fungsionalitas yang sama dengannya. Karena windows vista, oleh microsoft, menawarkan kemajuan secara teknis dibandingkan dengan windows versi sebelumnya, maka hal-hal yang dimiliki oleh windows vista juga dimiliki oleh windows server 2008.

12 MIGRASI DOMAIN Tujuan dari proses migrasi adalah bahwa server tujuan melakukan fungsi yang sama sebagai server source lakukan, tanpa gangguan layanan kepada komputer klien pada jaringan. Bila migrasi selesai, server tujuan harus dapat mengotentikasi pengguna dan komputer. Komputer klien yang menggunakan layanan dari server source seharusnya tidak harus diubah, dan komputer klien harus mengalami sedikit atau tidak bermasalah. Penggantian server tujuan untuk AD DS server atau DNS server menangani semua lightweight directory access protocol (LDAP) query sebagai server source lakukan.

13 SEKILAS PROSES MIGRASI DOMAIN SERVER Rencanakan migrasi. Perhatikan rencana migrasi. Siapkan server source. Perhatikan persiapan server source. Sebelum migrasi dimulai, mengumpulkan active directory atau pengaturan dns dari server source. Perhatikan AD DS dan DNS server migrasi. Tambahkan windows server 2008 r2 berbasis server x64 baru ke jaringan dan membuatnya menjadi kontroler domain. Perhatikan persiapan server tujuan. Migrasi pengaturan wajib. Perhatikan AD DS dan DNS server migrasi: migrasi AD DS dan peran DNS server. Pastikan bahwa migrasi berhasil. Perhatikan AD DS dan migrasi DNS server: memeriksa migrasi. Melakukan tugas pasca migrasi, mungkin termasuk penurunan pangkat dari server source. Perhatikan AD DS dan DNS server migrasi: tugas pasca migrasi. Migrasi hanya peran server dns dengan mengikuti petunjuk terpisah di ad ds dan dns server migrasi.

14 ACTIVE DIRECTORY DOMAIN SERVICES DAN DNS SERVER MIGRATION Proses migrasi menjelaskan untuk migrasi dalam satu situs. Skenario migrasi didukung dengan instruksi untuk migrasi server ada yang menjalankan AD DS server dan DNS server untuk server yang menjalankan windows server 2008 R2.

15 KESIMPULAN Dalam masa kerja praktek, PT Temprina Media Grafika memberikan suatu proyek untuk melakukan migrasi domain data dari microsoft server 2003 ke microsoft server 2008 R2. Setelah melakukan kerja praktek di PT.Temprina Media Grafika, banyak hal yang didapatkan yaitu pengetahuan dan pengalaman yang di peroleh dari dunia industri. Ilmu yang peroleh selama kuliah benar-benar bermanfaat dan sangat dibutuhkan disini khususnya tentang bagian jaringan internet pada PT.Temprina Media Grafika. Selain mendapatkan ilmu dibidang akademik, juga mendapatkan ilmu non akademik seperti etika kerja dan sopan santun. Selain itu softskill akan berperan penting pada saat terjun ke dunia kerja nanti.

16 TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA


Download ppt "LAPORAN KERJA PRAKTEK PT TEMPRINA MEDIA GRAFIKA JAWA POS GROUP KELOMPOK : M. AZIS KHOIRUL FATA / 7410040016 DIMAS FANNY H. P. / 7410040023."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google