Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR SISTEM PELAYANAN KESEHATAN. Oleh. Dr.Resna AS. MPH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR SISTEM PELAYANAN KESEHATAN. Oleh. Dr.Resna AS. MPH."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR SISTEM PELAYANAN KESEHATAN. Oleh. Dr.Resna AS. MPH.

2 Unsur Sistem Linkungan Masukan. Proses Keluaran Dampak Umpanbalik Out come Impact

3 Sistem. Sistem adalah Tatanan dari elemen yang saling dihubungkan dengan struktur yang bekerja sama secara bebas tetapi terkait dan berfungsi merubah Masukan menjadi Keluaran melalui suatu Proses.Sistem adalah Tatanan dari elemen yang saling dihubungkan dengan struktur yang bekerja sama secara bebas tetapi terkait dan berfungsi merubah Masukan menjadi Keluaran melalui suatu Proses.

4 Ciri Sistem 1. Terdapat satu sama lain yang saling berhubungan dan mempengaruhi yang kesemuanya membentuk satu kesatuan 2. Fungsi masing – masing bagian tersebut adalah dalam mengubah masukan menjadi keluaran yang di rencanakan. 3. Dalam melaksanakan fungsinya semuanya bekerja sama secara bebas tetapi terkait 4. Tidak tertutup terhadap lingkungan

5 Jenjang Sistem. Supra sistem.Supra sistem. –Sistem lain, yang merupakan acuan dari sistem. Misalnya ; Provinsi terhadap Kabupaten atau kantor Pusat terhadap kantor Cabang. Sistem.Sistem. Subsistem.Subsistem. –Sistem lain yang berada dibawah pengaruh sistem –Misalnya; Kabupaten terhadap Kecamatan atau Kantor Cabang terhadap kantor Anak Cabang.

6 Unsur Sistem. Masukan / Input.Masukan / Input. Proses / ProcessProses / Process Keluaran /Output.Keluaran /Output. Lingkungan /Environment.Lingkungan /Environment. Umpan balik / FeedbackUmpan balik / Feedback Dampak / ImpactDampak / Impact

7 Masukan. MasukanMasukan Yang dimaksud dengan masukan (Input) adalah kumpulan bagian atau elemen yang terdapat dalam sistem dan yang diperlukan untuk dapat berfungsinya sistem tersebut. Unsur Masukan.Unsur Masukan. Man, orang, misalnya pelayanan kesehatan, pendidikan, transportasi.Man, orang, misalnya pelayanan kesehatan, pendidikan, transportasi. Barang, kumpulan barang, untuk proses produksi suatu barang jadi yang punya nilai tambah.Barang, kumpulan barang, untuk proses produksi suatu barang jadi yang punya nilai tambah.

8 Aktivitas yang bisa dilakukan untuk Masukan adalah: 1. 1.Pemasaran / Marketing. Pemasaran bertujuan 1. Memperkenalkan Sistem yang ada. Misalnya Sistem Pelayanan Kesehatan. 2. Memberitahukan persyaratan Masukan. Contohnya; masukanya Pasien Seleksi. Bertujuan. Memilih masukan yang memenuhi Syarat dan Jumlah tertentu.

9 Proses ProsesProses Yang dimaksud dengan Proses (Process) adalah kumpulan bagian atau elemen yang terdapat dalam sistem dan berfungsi untuk mengubah masukan menjadi keluaran yang direncanakan. Menurut George R.Terry, proses terdiri dari Perencanaan (planning), Pengorganisasian (Organizing), Penggerakan (Actuating) dan Pengawasan (Controlling).

10 Aktivitas pada Proses adalah aktivitas yang paling komplex, oleh karena itu perlu dibicarakan pada sesi yang tersendiri. Karena aktivitas pada Proses bisa dibagi atas beberapa bagian dan bagian tsb bisa dipecah menjadi beberapa tahap.Aktivitas pada Proses adalah aktivitas yang paling komplex, oleh karena itu perlu dibicarakan pada sesi yang tersendiri. Karena aktivitas pada Proses bisa dibagi atas beberapa bagian dan bagian tsb bisa dipecah menjadi beberapa tahap.

11 Keluaran. Keluaran (out put) adalah kumpulan atau elemen yang dihasilkan dari berlangsungnya proses dalam sistem.Keluaran (out put) adalah kumpulan atau elemen yang dihasilkan dari berlangsungnya proses dalam sistem. Keluaran terdiri dari:Keluaran terdiri dari: Kuantitas / jumlah.Kuantitas / jumlah. Kualitas / mutu.Kualitas / mutu.

12 Umpan balik Umpan balik (Feed Back) adalah kumpulan bagian atau elemen yang merupakan keluaran dari sistem sekaligus dijadikan sebagai masukan untuk perbaikan bagi sistem tersebut.Umpan balik (Feed Back) adalah kumpulan bagian atau elemen yang merupakan keluaran dari sistem sekaligus dijadikan sebagai masukan untuk perbaikan bagi sistem tersebut. Misalnya:Misalnya: –Hasil suatu therapi, pendidikan, transportasi. –Produk suatu pabrik, baik kwantitas maupun kualitas.

13 Aktivitas Umpan balik terbagi atas;Aktivitas Umpan balik terbagi atas; 1.Aktivitas yang Otomatis / tidak bisa dikendalikan. Aktivitas Umpan balik yang otomatis banyak ditemukan pada Fisiologi dari tubuh manusia atau hewan lainnya. 2.Aktivitas yang tidak Otomatis / dikendalikan. Aktivitas Umpan balik yang tidak otomatis banyak ditemukan pada peralatan dan managemen buatan manusia, terutama sebelum menggunakan pemograman komputer.

14 Dampak Dampak (Impact) adalah akibat yang dihasilkan oleh keluaran suatu sistem.Dampak (Impact) adalah akibat yang dihasilkan oleh keluaran suatu sistem. Dikenal dua Dampak Program, yaitu;Dikenal dua Dampak Program, yaitu; Outcome / dampak jangka pendek, merupakan akibat langsung dari keberhasilan programOutcome / dampak jangka pendek, merupakan akibat langsung dari keberhasilan program Impact / Dampak jangka panjang.Impact / Dampak jangka panjang.

15 Lingkungan Lingkungan (Environment) adalah Sistim lain diluar sistem yang dikelola oleh sistem tsb, tetapi mempunyai pengaruh besar terhadap sistem.Lingkungan (Environment) adalah Sistim lain diluar sistem yang dikelola oleh sistem tsb, tetapi mempunyai pengaruh besar terhadap sistem. Dikenal berbagai lingkungan sistem:Dikenal berbagai lingkungan sistem: Atmosfer PolitikAtmosfer Politik Lingkungan Managemen Supra sistemLingkungan Managemen Supra sistem Lingkungan fisik, sosial, ekonomi, biologis.Lingkungan fisik, sosial, ekonomi, biologis.

16 Standar. Standar adalah keadaan ideal atau tingkat pencapaian tertinggi dan sempurna yang dipergunakan sebagai batas penerimaan minimal. Untuk mengukur tercipta atau tidaknya standar yang telah ditetapkan dipergunakan indikator.Standar adalah keadaan ideal atau tingkat pencapaian tertinggi dan sempurna yang dipergunakan sebagai batas penerimaan minimal. Untuk mengukur tercipta atau tidaknya standar yang telah ditetapkan dipergunakan indikator.

17 Indikator. Indikator (Tolok Ukur) adalah kepatuhan terhadap standar yang telah ditetapkan. Makin sesuai sesuatu diukur dengan indikator, makin sesuai pula keadaannya dengan standar yang telah ditetapkan.Indikator (Tolok Ukur) adalah kepatuhan terhadap standar yang telah ditetapkan. Makin sesuai sesuatu diukur dengan indikator, makin sesuai pula keadaannya dengan standar yang telah ditetapkan.

18 Unsur Sistem Linkungan Masukan. Proses Keluaran Dampak Umpanbalik Out come Impact

19 Sistem (Jasa Pelayanan Kesehatan.) Input Pasien (satu) Proses. Pel. Kes. Output. Sembuh Lingkungan (RUMAHSAKIT) F.B. D sam pah Kalau Proses diteliti lebih detil terlihat gambaran sebagai berikut

20 Rincian Proses. Status. Kartu berobat. Anamnesa. Periksa fisik Pemeriksaan tambahan. Tindakan Resep. dicatat di register harian kunjungan pasien Proses Pelayanan Kesehatan. Pasien Peljanjian via telepon. Pasien Registrasi Biaya admin Menunggu Pasien diperiksa Pasien diagnosis diobati Pasien. Fee dokter Kontrol. Bantuan lain Sekretaris Medik. Dokter. Perawat, Bidan Sekretaris Medik. Catatan medik PEMBERI PELAYANAN KESEHATAN LANGSUNG Satpam, Cleaning services. Telepon, listrik, air, atk, furniture, Tv, alat kedokteran Organisasi. Banguanan, ruangan, halaman.

21 TERIMAKASIH.

22

23 Evaluasi. Jenis Evaluasi:Jenis Evaluasi: –Formative Evaluation. SWOT Evaluation.SWOT Evaluation. PERT (Program Evaluation Review Technique), CPM (Critical Path Method)PERT (Program Evaluation Review Technique), CPM (Critical Path Method) –Summative Evaluation. Evaluasi Usaha (Effort evaluation)Evaluasi Usaha (Effort evaluation) Evaluasi hasil usaha (Performance evaluation)Evaluasi hasil usaha (Performance evaluation) Evaluasi kelayakan hasil guna (effectivitas)Evaluasi kelayakan hasil guna (effectivitas) Evaluasi daya guna (effiseinsi)Evaluasi daya guna (effiseinsi)

24 Contoh data Rencana pembiayaan (Planned resources expenditure) = PR =Rp ,-Rencana pembiayaan (Planned resources expenditure) = PR =Rp ,- Pengeluaran sebenarnya (Actual resources expenditure) = AR = Rp ,-Pengeluaran sebenarnya (Actual resources expenditure) = AR = Rp ,- Rencana kegiatan (Planned unit activities AA = 500 kegiatan.Rencana kegiatan (Planned unit activities AA = 500 kegiatan. Kegiatan sesungguhnya (Actual unit of activities) = 400 kegiatan.Kegiatan sesungguhnya (Actual unit of activities) = 400 kegiatan.

25 Perkiraan besarnya Masalah (Predicted problem size) = PP = 2000 anak kurang gizi.Perkiraan besarnya Masalah (Predicted problem size) = PP = 2000 anak kurang gizi. Besar Masalah sesungguhnya (Actual problem size) = AP = 3000 anak kurang gizi.Besar Masalah sesungguhnya (Actual problem size) = AP = 3000 anak kurang gizi. Rencana pencapaian tujuan (Planned ammount attainment of objective) = PO = 1500 anak naik berat badannya.Rencana pencapaian tujuan (Planned ammount attainment of objective) = PO = 1500 anak naik berat badannya. Hasil pencapaian tujuan (Actual ammount attainment of objective) = PO = 1000 anak naik berat badannya.Hasil pencapaian tujuan (Actual ammount attainment of objective) = PO = 1000 anak naik berat badannya.

26 Contoh Evaluasi. Evaluasi kelayakan hasil usaha (Efektivitas)Evaluasi kelayakan hasil usaha (Efektivitas) Efektivitas = Hasil / Target = AO/ PO = 1000/ 1500 x 100% = 66,66 %. Evaluasi kelayakan guna usaha (Efisiensi)Evaluasi kelayakan guna usaha (Efisiensi) Efisiensi = Output / Input = (AO/AR) / (PO/PR) =(1000/ ) / (1500/ ) X 100% = 74%

27 Evaluasi kelayakan Target.Evaluasi kelayakan Target. = PO / PP = 1500/2000 X 100% = 75% Evaluasi penyelesaian Masalah.Evaluasi penyelesaian Masalah. = AO / AP = 1000 / 3000 = 33,33% Evaluasi kelayakan besarnya masalah.Evaluasi kelayakan besarnya masalah. = PP / AP = 2000 / 3000 X 100% = 66,66%= PP / AP = 2000 / 3000 X 100% = 66,66% Evaluasi kelayakan Aktivitas.Evaluasi kelayakan Aktivitas. = AA / PA = 400 / 500 X 100% = 80%

28

29

30

31

32 Identifikasi Masalah Keluaran (1). VARIABEL TOLOK UKUR PENCAPAIANMASALAH

33 PRIORITAS MASALAH. PENGUMPULAN DATA ANALISA DATA. PENGUMPULAN INFORMASI. RENCANA INTERVENSI. PELAKSANAAN INTERVENSI. EVALUASI. PERBAIKAN JALAN KELUAR UJI COBA JALAN KELUAR PRIORITAS JALAN KELUAR ALTERNATIF JALAN KELUAR.

34 TERIMA KASIH

35


Download ppt "PENGANTAR SISTEM PELAYANAN KESEHATAN. Oleh. Dr.Resna AS. MPH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google