Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Guna & Manfaat Sejarah Disampaikan Dalam introduction perkuliahan Mk. Konsep Kebidanan PB. 2 Eli Rahmawati, S.SiT, M.Kes.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Guna & Manfaat Sejarah Disampaikan Dalam introduction perkuliahan Mk. Konsep Kebidanan PB. 2 Eli Rahmawati, S.SiT, M.Kes."— Transcript presentasi:

1 Guna & Manfaat Sejarah Disampaikan Dalam introduction perkuliahan Mk. Konsep Kebidanan PB. 2 Eli Rahmawati, S.SiT, M.Kes

2 Guna/manfaat mempelajari Sejarah Mata Pelajaran: Biologi Kelas/semester: X (sepuluh)/I (pertama) Tingkat: SMA Mata Kuliah: Konsep Kebidanan Semester: 1 (satu)/Ganjil

3

4 Sesungguhnya manusia tidak sama sekali bersalah, karena ia tidak memulai sejarah. Tapi juga tidak sama sekali tanpa salah, karena ia meneruskan sejarah. Albert Camus - Novelis Perancis Albert Camus Semua “orang berhasil” memiliki kenangan manis berupa saat – saat terpahit yang pernah mereka lewati

5 Materi Pokok 1.Definisi, guna,manfaat sejarah secara umum 2.Manfaat mempelajari sejarah 3.Keterkaitan manfaat sejarah umum dengan mempelajari sejarah kebidanan materi pelajaran Identitas pelajaran

6 Definisi, guna, manfaat sejarah secara umum materi pelajaran Identitas pelajaran

7 Menurut "Bapak Sejarah" Herodotus, Sejarah ialah satu kajian untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat dan peradaban. Sekilas tentang beberapa Definisi Sejarah

8 Menurut Muthahhari, ada tiga cara mendefinisikan sejarah dan ada tiga disiplin kesejarahan yang saling berkaitan, yaitu:

9 a.Sejarah tradisional (tarikh naqli) adalah pengetahuan tentang kejadian- kejadian, peristiwa-peristiwa dan keadaan-keadaan kemanusiaan di masa lampau dalam kaitannya dengan keadaan-keadaan masa kini.

10 b.sejarah ilmiah (tarikh ilmy), yaitu pengetahuan tentang hukum- hukum yang tampak menguasai kehidupan masa lampau yang diperoleh melalui pendekatan dan analisis atas peristiwa-peristiwa masa lampau.

11 c.filsafat sejarah (tarikh falsafi), yaitu pengetahuan tentang perubahan- perubahan bertahap yang membawa masyarakat dari satu tahap ke tahap lain, ia membahas hukum-hukum yang menguasai perubahan-perubahan ini. Dengan kata lain, ia adalah ilmu tentang menjadi masyarakat, bukan tentang mewujudnya saja.

12 Sejarah adalah akumulasi rekaman pengalaman manusia. Dari sejarah masa lampau manusia memperoleh bekal dan titik pijak untuk membangun sejarah baru.

13 G. J. Reiner (ahli Sejarah) “Tanpa pengalaman masa lalu kita tidak mungkin untuk membangun ide-ide tentang konsekuensi dari tindakan kita”

14 Jaman Sokrates, Herodotos (484 – 425 s.M), dan Thucydides (456 – 396) memandang sejarah sebagai teladan kehidupan Teori ini disebut sebagai the examplar theory of history Bagi orang Cina sejarah merupakan cermin kehidupan. Raja atau dinasti wajib menuliskan sejarah raja atau dinasti yang digantikannya. Frasa semacam itu dalam bangsa Romawi kuno diungkapkannya dalam adagium : historia vitae magistra, yang berarti sejarah adalah guru kehidupan

15 Menurut Robert Jones Shafer (1974) manfaat sejarah adalah sebagai berikut: 1.Memperluas pengalaman-pengalaman manusiawi 2.Dengan belajar sejarah akan memungkinkan seseorang untuk dapat memandang sesuatu secara keseluruhan (to see things whole). 3.Sejarah memiliki peranan penting dalam pembentukan identitas dan kepribadian bangsa.

16 Nugent dalam bukunya Creative History (1967) menjawab pertanyaan mengapa kita perlu mempelajari sejarah dari dua segi: 1.How can history help us make a living ? (Bagaimana sejarah itu dapat menolong kita untuk hidup). 2.How can history help us become better person ? (Bagaimana sejarah itu dapat menolong kita menjadi pribadi yang lebih baik) Sejarah sebagai pengalaman manusia memberikan berbagai alternatif untuk memilih begitu banyak cara hidup (a multitude of ways).

17 Untuk menjawab pertanyaan tersebut Nugent (1967) mengatakan dengan tegas bahwa ’’Know other peoples, know yourself.’’ Setiap orang adalah produk masyarakat dan masyarakat adalah produk masa lampau, ialah produk sejarah. Dengan mempelajari sejarah kita akan mampu menghindari berbagai kesalahan dan kekurangan masyarakat masa lampau untuk kemudian memperbaiki masa depan.

18 Guna & manfaat lain Guna edukatif Guna inspiratif Guna rekreatif Guna instruktif

19 Guna Intrinsik, (1) sejarah sebagai ilmu, (2) sejarah sebagai cara mengetahui masa lampau, (3) sejarah sebagai pernyataan pendapat dan (4) sejarah sebagai profesi. Guna Ekstrinsik Sejarah dapat digunakan sebagai liberal education

20 Secara umum sejarah mempunyai fungsi pendidikan, yaitu sebagai pendidikan : Moral Penalaran Politik Kebijakan Perubahan Masa depan Keindahan, dan Ilmu Bantu.

21 Sejarah Bidan Sejarah Bidan ? Atau Pendamping Wanita Pendamping Wanita


Download ppt "Guna & Manfaat Sejarah Disampaikan Dalam introduction perkuliahan Mk. Konsep Kebidanan PB. 2 Eli Rahmawati, S.SiT, M.Kes."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google