Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Misalkan kuesioner adalah sasaran tembak seperti pada gambar berikut ini.  Anggap bahwa pusat sasaran tembak itu adalah target dari apa yang kita.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Misalkan kuesioner adalah sasaran tembak seperti pada gambar berikut ini.  Anggap bahwa pusat sasaran tembak itu adalah target dari apa yang kita."— Transcript presentasi:

1

2

3  Misalkan kuesioner adalah sasaran tembak seperti pada gambar berikut ini.  Anggap bahwa pusat sasaran tembak itu adalah target dari apa yang kita ukur.  Jawaban tiap responden yang ditanya menggunakan kuesioner adalah menembak pada sasarannya.  Jika pertanyaannya baik dan responden menjawab dengan baik pula maka kita sudah menembak tepat pada sasaran.

4  Jika tidak demikian maka tembakan kita meleset.  Makin banyak responden menjawab salah (karena pertanyaan tidak jelas atau bias) maka sasaran kita makin jauh.  Pertama : menembak sasaran secara konsisten tetapi jauh dari sasaran sebenarnya. Hal ini disebut konsisten dan sistematis mengukur pendapat responden dengan nilai yang salah untuk semua responden  reliable tetapi tidak valid (konsisten tetapi salah sasaran).

5  Kedua, menebak secara acak, merata di segala tempat.  Kadang-kadang tembakannya kena sasaran, tetapi secara rata-rata diperoleh jawaban yang benar secara kelompok (tetapi tidak terlalu baik untuk individu).  Dalam hal ini, kita memperoleh estimasi yang benar secara kelompok, tetapi tidak konsisten. Sekarang jelas bahwa reliabilitas berkaitan langsung dengan validitas dari apa yang diukur.

6  Ketiga, menunjukkan tembakan yang menyebar dan secara konsisten menyimpang dari sasaran  tidak reliable dan tidak valid  Terakhir, menunjukkan menembak sasaran secara konsisten  reliable dan valid.

7  Uji validitas adalah uji tentang kemampuan suatu questionare sehingga benar-benar dapat mengukur apa yang ingin diukur.  Dalam kasus di atas yang ingin diukur adalah kepuasan Upah. Apakah questionare valid atau sah untuk mengukur kepuasan upah?  Cara meguji validitas item-item pertanyaan ini adalah dengan membuat korelasi skore pada item itu (yang diuji) dengan skore total.

8  Misalnya kepuasan Upah diungkap dengan 20 pertanyaan. Apakah jawaban pertanyaan no 3 konsisten dengan total skore yang dipilih oleh seluruh responden?  Jika r (korelasi), dengan (df = n-k, dimana: n = besar sampel, k = konstruk = variabel) maka item tersebut valid.  Besarnya r tiap butir pertanyaan dapat dilihat dari SPSS pada kolom Corrected Items Total Correlation.

9 12345Jumlah r

10  Lihat Demo

11

12  Dimiliki data hasil kuesioner dari 10 orang atas 5 item.  Untuk setiap orang dihitung jumlah skor untuk seluruh item.  Dihitung korelasi antara jumlah skor dan skor item untuk seluruh item.  Item dianggap valid jika korelasi antara skor item dengan jumlah skor relatif besar (tergantung pada banyaknya orang yang mengisi kuesioner n dan faktor kesalahan  (10 %, 5 % atau 1 %).

13  Untuk n=10 dan taraf signifikansi  = 5 % jika korelasi lebih besar dari 0,632.  Dari hasil tabel korelasi terlihat bahwa item 2 dan item 3 valid, sedangkan item-item yang lain tidak valid.  Untuk n dan taraf signifikansi  yang lain dapat dilihat pada tabel nilai-nilai batas r product moment (lihat tabel pada web).

14

15  Suatu questionare disebut reliabel/handal jika jawaban-jawaban seseorang konsisten.  Contoh pertanyaan:  Apakah gaji/upah yang diterima memuaskan? Jawab: memuaskan  Apakah yang krusial untuk diatasi? Jawab: Kenaikan upah.  Ini menunjukkan ketidak konsistenan pertanyaan dalam mengungkap sikap atau pendapat responden.

16  Reliabilitas dapat diukur dengan jalan mengulang pertanyaan yang mirip pada nomor-nomor berikutnya, atau dengan jalan melihat konsistensinya (diukur dengan korelasi) dengan pertanyaan lain.

17

18

19

20  Variansi butir ke-2 sampai ke-5 dapat dihitung dengan cara yang sama seperti menghitung variansi butir I sehingga total variansi butir :  b 2 = 0,61 + 0,45 + 0,45 + 0,84 + 0,16 = 2,51

21

22

23 Misal: Kepuasan Upah disurvai dengan 5 pertanyaan  Buka file yang akan diuji  Klik Analyze  Scale dan pilih Reliability Analysis  Masukkan 5 pertanyaan yang diuji  Pilih pada box model Alpha  Klik Statistics dan pilih scale if item deleted (lihat gambar)

24

25  Nilai-nilai untuk pengujian reliabilitas berasal dari skor-skor item angket yang valid. Item yang tidak valid tidak dilibatkan dalam pengujian reliabilitas.  Instrumen yang memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi jika nilai koefisien yang diperoleh lebih dari 0,60 (secara kasar).  Baik buruknya reliabilitas instrumen dapat dibandingkan dengan tabel yang tergantung pada n dan tingkat signifikansi  (untuk n=10 dan  = 5 % diperoleh batas 0,632).

26  Karena koefisien Cronbach diperoleh 0,58 sehingga tidak signifikan berarti reliabilitas intrumen buruk atau data hasil instrumen kuesioner/angket kurang dapat dipercaya.


Download ppt " Misalkan kuesioner adalah sasaran tembak seperti pada gambar berikut ini.  Anggap bahwa pusat sasaran tembak itu adalah target dari apa yang kita."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google