Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Saat ini internet sudah digunakan oleh banyak orang, dan internet menjadi media informasi yang pertumbuhannya sangat cepat. Sudah selayaknya anda yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Saat ini internet sudah digunakan oleh banyak orang, dan internet menjadi media informasi yang pertumbuhannya sangat cepat. Sudah selayaknya anda yang."— Transcript presentasi:

1

2 Saat ini internet sudah digunakan oleh banyak orang, dan internet menjadi media informasi yang pertumbuhannya sangat cepat. Sudah selayaknya anda yang mempunyai usaha atau bisnis, dan mulai mempertimbangkan penggunaan internet sebagai media untuk mengembangkan bisnis anda yang biasa kita kenal dengan e-Business. E- Business merupakan suatu bentuk kegiatan usaha atau bisnis yang dilakukan oleh orang pribadi, kelompok maupun Badan Usaha dengan melalui sebuah jaringan Internet untuk melakukan berbagai macam kegiatan penawaran, pemasaran barang maupun jasa, ataupun kegiatan bisnis lainnya yang dilakukan secara online. Banyak pengusaha yang masih enggan memanfaatkan media ini, dan alasan yang paling klasik adalah usaha mereka sama sekali tidak ada hubungannya dengan internet.

3 Revenue Stream (aliran pendapatan) akan lebih menjanjikan bahkan lebih besar dibandingkan dengan bisnis konvesional yang memiliki banyak kendala dalam proses promosi dan publikasi serta masalah fleksibilitas. Operating Cost (biaya operasional) yang lebih kecil dibandingkan bisnis konvensional, sehingga akan meningkatkan tingkat laba yang didapatkan. Global Reach (jangkauan global) akan lebih mudah untuk diterapkan karena kelebihan Internet yang dapat menjangkau seluruh pelosok wilayah geografis di dunia. Customer Loyality (loyalitas pelanggan) dapat lebih diharapkan dan ditingkatkan sehingga akan menjaga kesinambungan usaha. Suplier Management (pengaturan pengiriman) yang lebih mudah karena dapat memakai pihak ketiga sebagai alternatifnya. High Fleksibility (tingkat fleksibilitas yang tinggi) karena dapat dilakukan kapan dan dimana saja tanpa dibatasi ruang dan waktu.

4 Untuk menjadi website yang sukses dan menjadi representasi bisnis anda di dunia maya, sebuah website harus dikelola dengan benar, mulai dari tujuan yang jelas, target audience yang tepat, informasi atau layanan apa saja yang akan dimuat, sampai ke masalah teknis mulai dari pemilihan nama domain atau alamat website, penempatan server, pembuatan kode halaman website, dan ke pengelolaan selanjutnya setelah website anda online. Banyak aspek yang harus diperhatikan dalam membangun dan mengelola website untuk bisnis anda, saya akan megumpulkan beberapa artikel dari berbagai sumber, dan bisa anda baca pada artikel satudigit selanjutnya.

5 Dapat menunjang image dari perusahaan anda di mata pelanggan dan calon pelanggan anda. Karna selangkah didepan competitor anda yang belum memiliki website Siap untuk melakukan transaksi online. Meskipun di Negara Indonesia transaksi online masih kecil nilainya dibandingkan dengan Negara lain, semakin cepat anda memutuskan untuk mendukung sistem secara online maka akan semakin cepat anda mengetahui seluk-beluk, manfaat maupun resiko yang ada dari teknologi baru ini. Semakin matang anda melakukan bisnis online, tingkat kepercayaan pelanggan akan semakin baik dan tentu saja memudahkan bisnis anda secara keseluruhan. Meningkatkan Pelayanan Terhadap pelanggan. Melalui website anda dapat memberikan informasi secara update kepada pelanggan anda. Baik berupa informasi produk atau dukungan terhadap produk yang telah dibeli. Mendapatkan Pelanggan Baru. Salah satu kunci utama suksesnya sebuah website adalah website yang mampu menarik sebanyak mungkin pengunjung sebagai pelanggan anda.

6 contoh pemanfaatan dan manfaat Internet sebagai media bisnis: Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan. Analisa produk dan pasar. Nasehat dan bantuan pakar di bidangnya. Rekruitmen tenaga kerja dan penyedian lowongan kerja. Akses informasi dan penyebaran informasi. Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan biaya murah. Peluang bisnis baru.

7 1. Web dapat memantapkan kehadirannya di dunia bisnis. 2. Web memberikan kesempatan bagi perusahaan memasuki jaringan yang lebih global. 3. Web menyediakan informasi bisnis untuk pelanggan dan masyarakat secara luas 4. Dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan secara lebih baik dengan adanya berbagai fasilitas yang menarik dan interaktif. 5. Web dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap produk maupun perusahaan. 6. Web menjadi sarana pemberitaan informasi yang sensitif terhadap waktu 7. Web juga dapat dijadikan sarana menjual produk atau tempat transaksi 8. Web dapat menyajikan informasi secara interaktif dengan memanfaatkan multimedia 9. Web mampu mencapai pasar ditinjau secara demografi sesuai dengan yang diinginkan

8 10. Web menjadi saran untuk tanya jawab antara pelanggan dengan perusahaan atau sering disebut frequently asked question (FAQ) 11. Web dapat memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk melakukan kontak atau berkomunikasi dengan pramuniaganya secara langsung 12. Web membuka kemungkinan bagi perusahaan memasuki pasar internasional 13. Web dapat mensiptakan pelayanan 24 jam 14. Web memungkinkan melakukan perubahan informasi yang tersedia dengan cepat 15. Web akan memberikan kesempatan pelanggan untuk memberikan umpan balik kepada perusahaan 16. Web dapat dijadikan ajang uji coba terhadap produk dan jasa yang ditawar kan 17. Web dapat dijadikan saran media informasi, publikasi perusahaan dan promosi. Web dapat mencapai pasar yang terspesilisasi 18. Web juga dapat digunakan untuk memberikan pelayanan kepada pasar lokal

9 1. Sarana Penjualan Produk Jika Anda punya produk barang atau jasa yang ingin dipasarkan di internet, maka Anda harus punya website. Website itu fungsinya adalah sebagai alat untuk memperkenalkan produk Anda kepada dunia internet. Dengan banyaknya pemakai internet, Anda punya peluang untuk mendapatkan calon pembeli dengan jumlah yang cukup banyak juga. 2. Mempermudah Komunikasi Lewat website, Anda bisa berkomunikasi dengan mudah. Entah itu dengan klien Anda, dengan teman-teman Anda, dengan calon konsumen dan sebagainya. Website modern itu dilengkapi dengan berbagai fitur komunikasi yang memungkinkan kita berbicara dengan pengelola website. Adanya kotak komentar di website, adanya form contact adalah sebagian kecil dari cara komunikasi lewat website. 3. Memperkenalkan Profil Perusahaan Anda Semakin dikenall profil maka akan makin terkenal profil tersebut. Sebuah perusahaan atau organisasi tentu mau jika profilnya dikenal luas. Untuk itu memilih website sebagai media publikasi profil perusahaan adalah salah satu cara yang inovatif.

10 4. Mendatangkan Calon Konsumen Sebuah website juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendatangkan calon konsumen. Banyak perusahaan yang bisa menggaet klien dari luar daerah atau bahkan luar negeri lewat website yang mereka miliki. Seperti yang kita ketahui, jumlah pengunjung website tidak hanya dari Indonesia, tetapi dari luar negeri. Bahkan blog ini saja sering mendapatkan kunjungan dari luar negeri, terbukti dari banyaknya komentar asing yang masuk ke blog ini. 5. Menjadi Sarana Publikasi Resmi Perusahaan Anda Lewat website, perusahaan Anda bisa menjadikannya sebagai sarana publikasi resmi. Misalnya perusahaan Anda mengadakan undian berhadiah, maka informasi seputar kegiatan tersebut bisa ditampilkan lewat website yang dimiliki. Bahkan, hampir semua perusahaan dituntut untuk memiliki website. 6. Branding Membangun branding juga sangat penting bagi perusahaan. Nah peran membangun branding juga bisa dilakukan lewat website. Banyak website yang didesain secara khusus dan memiliki ciri khas tersendiri dari suatu perusahaan. Untuk itu branding lewat website juga perlu lho.

11 7. Kemudahan Memberi Informasi Dengan memiliki sebuah website, perusahaan akan mudah untuk mengupdate informasi terbaru. Seperti jadwal kegiatan, berita terbaru, dan lain sebagainya. Dengan adanya website, konsumen maupun calon konsumen tetap bisa mengetahui perkembangan terbaru dari perusahaan Anda meski jaraknya sangat jauh. Selain itu, umumnya konsumen akan lebih suka berinteraksi dengan customer service perusahaan lewat sebuah website karena kepraktisannya. 8. Kemudahan Melakukan Polling Polling juga merupakan sarana untuk mengetahui keadaan dan keinginan konsumen atau calon konsumen saat ini. Lewat website, kita bisa membuat polling dengan mudah dan praktis namun bisa dimaksimalkan. Di internet ada banyak penyedia layanan pembuatan form isian polling yang bisa Anda tampilkan di website Anda. Dengan kemudahan ini, tentu polling juga bisa dilakukan lewat website Anda.

12 9. Menimbulkan Kesan Profesional Sebuah perusahaan yang memiliki website, sudah pasti akan mendapatkan perhatian lebih dari perusahaan yang belum memiliki website. Konsumen maupun calon konsumen pasti akan melihat lebih dulu kepada perusahaan yang sudah memiliki website. Itulah sebabnya perusahaan harus punya website. 10. Mencari Partner Baru Banyak perusahaan yang terkadang membutuhkkan partner untuk saling bekerja sama. Nah dengan mempublikasikan perusahaan Anda lewat website yang dioptimalkan, akan semakin banyak orang yang tahu mengenai keberadaan dan eksistensi perusahaan Anda. Dari sana mungkin saja perusahaan Anda bisa menemukan partner bisnis yang cocok dan menguntungkan

13 1. Katalog online secara elektronis 2. Komunikasi satu-satu dengan pelanggan 3. Mendukung penjualan 4. Dukungan purna jual produk atau jasa 5. Mempertajam kehadiran perusahaan 6. Iklan produk dan jasa 7. Penelusuran order pelanggan

14 8. Pendukung penelitian konsumen 9. Rekruitmen tenaga kerja 10. Transaksi secara elektronis 11. Publikasi secara online 12. Penyaluran barang atau distribusi 13. Meningkatkan dana investasi 14. Sumber bisnis dan jaringan pribadi 15. Komunikasi bisnis dengan cara menyediakan tenaga pramuniaga secara online, komunikasi antar kantor, komunikasi jarak jauh dengan suara, konferensi melalui video. Electronic data interchange (EDI)

15 1. Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan Untuk mendapatkan klien atau pelanggan baru dan menciptakan basis klien tidak selalu dapat diperoleh dengan mudah. Internet merupakan salah satu alternatif wadah yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat untuk basis pertemuan jutaan orang di seluruh dunia. Dengan demikian untuk mendapatkan pelanggan baru lebih mudah dengan adanya kelompok yang besar di internet tersebut. 2. Analisa produk dan pasar Internet dapat dijadikan tempat yang baik untuk melakukan riset pemasaran karena produsen atau perusahaan dapat langsung berhadapan dengan pelanggan. Analisa pasar akan membantu perusahaan untuk mendapatkan ide dalam pengembangan produk baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. 3. Nasehat dan bantuan pakar di bidangnya Banyak pakar yang ada di internet yang mempublikasikan karyanya untuk diketahui publik. Sering pula kita memperoleh nasehat dan bantuan secara gratis dari para pakarnya tentang masalah yang kita hadapi. Jika kita membandingkannya dengan mendapatkan nasihat dari konsultan, maka kita harus membayar dengan harga yang sangat mahal.

16 4. Rekruitmen tenaga kerja dan penyedian lowongan kerja Sekarang ini rekruitmen tenaga kerja melalui internet semakin digemari oleh perusahaan-perusahaan. Di internet terdapat banyak sekali daftar lowongan kerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan dirinya melalui internet. Sehingga dengan begitu antara yang membutuhkan tenaga kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu di internet. 5. Akses informasi dan penyebaran informasi Mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas melebihi media lainnya. Dalam hal akses informasi, melalui internet pun jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan fax atau pos. Kita semua dapat mengakses informasi dan menyebarkan informasi dari dan ke penjuru dunia dan juga dapat membuat hubungan secara interaktif dan langsung melalui komputer. Kontak secara interaktif tersebut akan menarik dengan adanya penggunaan chat dan video conferencing.

17 6. Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan biaya murah Berbagai fasilitas yang ada di internet telah banyak membuktikan mampu mempercepat komunikasi dengan orang yang dituju. adalah salah satu contoh yang telah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat komunikasi yang dilakukan di internet. Internet dapat juga digunakan untuk mentransfer dokumen secara online dalam waktu yang singkat. 7. Riset peluang bisnis baru Banyak yang memanfaatkan internet untuk mencari ide inovatif. Pengguna internet sering memperoleh ide baru tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan penelitiannya, tetapi juga ada nya suasana kooperatif di antara pemakai internet. Internet sering pula dijadikan forum komunikasi antara para ahli di bidangnya masing-masing.


Download ppt "Saat ini internet sudah digunakan oleh banyak orang, dan internet menjadi media informasi yang pertumbuhannya sangat cepat. Sudah selayaknya anda yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google