Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bahasa Indonesia penghela dan pembawa pengetahuan. PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bahasa Indonesia penghela dan pembawa pengetahuan. PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS."— Transcript presentasi:

1 Bahasa Indonesia penghela dan pembawa pengetahuan. PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS

2 Bahasa Indonesia penghela dan pembawa pengetahuan. Teks disebut juga genre atau wacana Teks dapat dimediakan dalam bentuk gambar. Apakah Teks? Teks adalah satuan bahasa yang dimediakan secara tulis atau lisan dengan tata organisasi tertentu untuk mengungkapkan makna dalam konteks tertentu (Wiratno, 2003)

3 Bahasa Indonesia penghela dan pembawa pengetahuan.  Teks merupakan objek fisik yang dapat diamati, namun secara abstrak merupakan satuan bahasa dalam wilayah bahasa sebagai sistem;  teks mempunyai tata organisasi yang kohesif;  teks mengungkapkan makna;  teks tercipta pada sebuah konteks;  teks dapat dimediakan secara tulis atau lisan (Wiratno, 2009: 77)

4 Bahasa Indonesia penghela dan pembawa pengetahuan. Apakah Genre? Genre dapat dipandang sebagai proses sosial dan budaya secara luas yang menjadi latar belakang terbentuknya teks. Secara sempit, yaitu jenis teks dalam bentuk instantiasi.

5 Bahasa Indonesia penghela dan pembawa pengetahuan. Apa beda Teks dengan Wacana Teks mengacu secara formal kepada bentuk fisik dari peristiwa komunikasi, sedangkan wacana mengacu secara fungsional kepada makna sebagai hasil dari interpretasi terhadap peristiwa komunikasi tersebut dalam konteks. (Cf. Nunan, 1993: 5-7)

6 Bahasa Indonesia penghela dan pembawa pengetahuan. PRINSIP PEMBELAJARAN BAHASA BERBASIS TEKS 1.bahasa dipandang sebagai teks, bukan semata-mata kumpulan kata-kata atau kaidah-kaidah kebahasaan, 2.penggunaan bahasa merupakan proses pemilihan bentuk-bentuk kebahasaan untuk mengungkapkan makna, 3.bahasa bersifat fungsional, tidak pernah lepas dari konteks karena bahasa mencerminkan ide, sikap, nilai, dan ideologi penggunanya, 4.bahasa merupakan sarana pembentukan kemampuan berpikir yang direalisasikan dalam struktur teks. (Prawacana, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik, 2013)

7 Bahasa Indonesia penghela dan pembawa pengetahuan. Metode pembelajaran pada Pendekatan Berbasis Teks dilaksanakan dalam empat tahap bersiklus: o Pembangunan Konteks o Pemodelan o Pembangunan Teks secara Bersama o Pembangunan Teks secara Mandiri. (MEDSP, 1985; Rose & Martin, 2012)

8 Bahasa Indonesia penghela dan pembawa pengetahuan. KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS Buku BI SMPSMA Kegiatan Belajar 4: Pembangunan Teks Mandiri Kegiatan Belajar 1: Pembangunan Konteks dan 2. Pemodelan Kegiatan Belajar 3: Pembangunan Teks Bersama

9 Bahasa Indonesia penghela dan pembawa pengetahuan.


Download ppt "Bahasa Indonesia penghela dan pembawa pengetahuan. PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google