Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK 7 AGUS PUJI WIDODO C.K ANGIE PRITTA CAROLINE SANDY PRADANA SUPPLY CHAIN MANAGEMENT CARREFOUR INDONESIA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK 7 AGUS PUJI WIDODO C.K ANGIE PRITTA CAROLINE SANDY PRADANA SUPPLY CHAIN MANAGEMENT CARREFOUR INDONESIA."— Transcript presentasi:

1 KELOMPOK 7 AGUS PUJI WIDODO C.K ANGIE PRITTA CAROLINE SANDY PRADANA SUPPLY CHAIN MANAGEMENT CARREFOUR INDONESIA

2 IDENTIFIKASI MASALAH 1. Mengidentifikasi masalah-masalah yang ada di Carrefour Indonesia, dan bagaimana Supply Chain Management (SCM) membantu mengatasi masalah tersebut. 2. Mengidentifikasi tantangan dalam melakukan strategi supply chain saat ini dan bagaimana mengatasi tantangan tersebut. 3. Mengidentifikasi bisnis dan teknologi yang tepat sehingga dapat diterapkan secara optimal oleh Carrefour Indonesia.

3 SUPPLY CHAIN Merupakan sekumpulan aktifitas yang terlibat dalam proses transformasi dan distribusi barang mulai dari bahan baku paling awal dari alam sampai produk jadi pada konsumen akhir.

4 SUPPLY CHAIN MANAGEMENT Merupakan aplikasi terpadu yang memberikan dukungan sistem informasi kepada manajemen dalam hal pengadaan barang dan jasa bagi perusahaan sekaligus mengelola hubungan diantara mitra untuk menjaga tingkat kesediaan produk dan jasa yang dibutuhkan perusahaan secara optimal.

5 Bagian Utama Supply Chain 1. Chain 1 : Supplier 2. Chain 1 – 2 – 3 : Supplier – Manufactures – Distribution 3. Chain 1 – 2 – 3 – 4 : Supplier – Manufactures – Distribution – Retail Outlet 4. Chain 1 – – 4 – 5 : Supplier – Manufactures – Distribution - Retail Outlet – Customer

6 Struktur model supply chain

7 MANFAAT SUPPLY CHAIN MANAGEMENT 1. Kepuasan pelanggan 2. Meningkatkan pendapatan 3. Menurunnya biaya 4. Pemanfaatan asset semakin tinggi 5. Peningkatan laba 6. Perusahaan akan berkembang semakin besar

8 TUJUAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT 1. Penyerahan / pengiriman produk secara tepat waktu demi memuaskan konsumen. 2. Mengurangi biaya. 3. Meningkatkan segala hasil dari seluruh supply chain (bukan hanya satuperusahaan) 4. Mengurangi waktu. 5. Memusatkan kegiatan perencanaan dan distribusi.

9 DASAR YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMBANGUN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT 1. Perencanaan (Plan) 2. Pemasokan (Source) 3. Pembuatan (Make) 4. Pengantaran (Deliver) 5. Pengembalian (Return)

10 CASE STUDY : CARREFOUR INDONESIA

11 PROFIL  Carrefour Indonesia dibuka pertama kali pada bulan oktober 1998 di kawasan cempaka putih,  Carrefour masih menjadi leader dalam format hypermarket. Saat ini, Carrefour Indonesia memiliki 30 gerai yang tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Yogyakarta, Medan, Palembang dan Makasar yang didukung lebih dari 9,794 karyawan profesional yang siap untuk melayani para konsumen.  Tiga pilar utama Carrefour yang diyakini akan dapat membuat Carrefour menjadi pilihan tempat berbelanja bagi para konsumen Indonesia tersebut yaitu ; harga yang bersaing, pilihan yang lengkap, dan pelayanan yang memuaskan.

12 VISI DAN MISI PERUSAHAAN Visi Perusahaan : Carrefour Indonesia adalah menjadi ritel nomor 1 (satu) di Indonesia. Misi Perusahaan : 1. Menciptakan paserba dengan konsep tempat belanja keluarga. 2. Memberikan pilihan dan kualitas ke semua orang. 3. Menciptakan harga yang diinginkan konsumen dan penyediaan lokasi yang dekat dengan rumah. 4. Membangun kerja sama yang baik dengan para pemasok yang berkualitas. 5. Memberikan dukungan yang terbaik bagi para karyawan untuk berkembang dan mencapai potensi maksimal guna memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan.

13 ANALISA 1.a. Masalah-masalah yang ada di Carrefour Indonesia berkaitan dengan SCM tersebut. Masalah yang berhubungan dengan supplier, mengenai bagaimana supplier dapat memenuhi kebutuhan Carrefour secara kuantitas dan tepat waktu. b. SCM dapat membantu mengatasi masalah tersbut dengan menerapkan sistem SCM yang optimal misalnya dengan membangun SCM berbasis IT.

14 ANALISA 2.a. Tantangan dalam melakukan strategi supply chain di Carrefour Indonesia adalah :  Bagaimana Carrefour Indonesia dapat menjamin kelancaran distribusi barang ke gerai-gerai Carrefour di seluruh Indonesia dengan tepat waktu, menjamin barang yang diminati customer tidak pernah terjadi out of stock. Agar customer tidak berpindah ke pesaing.  Bagaimana Carrefour Indonesia menerapkan aplikasi supply chain yang mampu menjalankan sistem pengelolaan gudang.

15 ANALISA 2.b. Cara yang dilakukan dalam mengatasi tantangan tersebut adalah : Carrefour Indonesia dalam menjamin kelancaran distribusi barang adalah dengan mengubah fungsi Distribution Center (DC) yang sebelumnya sebagai gudang penyimpanan menjadi tempat pendistribusian barang ke gerai-gerai Carrefour di seluruh Indonesia. Carrefour Indonesia menggunakan aplikasi supply chain yang mampu menjalankan warehouse management system yaitu InfoLog.

16 ANALISA 3. Mengidentifikasi bisnis dan teknologi yang tepat sehingga dapat diterapkan secara optimal oleh Carrefour Indonesia. Selain bergerak dalam bisnis retail hypermarket, Carrefour Indonesia perlu menggembangkan lingkup bisnisnya salah satu strateginya adalah dengan mengakuisisi minimarket yang ada di Indonesia.

17 ANALISA b. Untuk menunjang SCM, Carrefour Indonesia menggunakan IT dalam bentuk : e-SCM : Merupakan sebuah taktik dan strategi yang diterapkan dalam teknologi internet sebagai channel system yang menghubungkan semua organisasi yang terlibat dalam supply chain untuk meningkatkan pelayanan atau memberikan manfaat kepada pelanggan. ERP : Metode mengatur seluruh proses bisnis yang ada dalam suatu perusahaan dengan suatu arsitektur perangkat lunak yang berjalan secara real time. EDI : Hal yang berkaitan dengan standar perpindahan data yang berhubungan dengan transaksi bisnis antara komputer.

18 KESIMPULAN Adanya supply chain management dalam perusahaan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam proses pembelian bahan baku, pemenuhan pesanan customer serta proses distribusi barang jadi. Selain itu dengan adanya teknologi informasi, maka jaringan informasi dan komunikasi perusahaan dapat berjalan secara cepat, tepat serta real time sehingga kinerja perusahaan juga lebih efektif dan efisien.


Download ppt "KELOMPOK 7 AGUS PUJI WIDODO C.K ANGIE PRITTA CAROLINE SANDY PRADANA SUPPLY CHAIN MANAGEMENT CARREFOUR INDONESIA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google