Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 PSIKOLOGI UMUM Oleh : BUDI ASTUTI Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta 2006.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 PSIKOLOGI UMUM Oleh : BUDI ASTUTI Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta 2006."— Transcript presentasi:

1 1 PSIKOLOGI UMUM Oleh : BUDI ASTUTI Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta 2006

2 2 PENGERTIAN PSIKOLOGI Pengertian PSYCHE Pengertian PSYCHE 1. Singgih Dirgagunarsa (1986) 2. Dali Gulo (1982) 3. Eysenk (1972) 4. Wulyo (1992) 5. Abu Ahmadi (1982) 6. Dimyati Mahmud (1989)

3 3 Pendapat mengenai PSIKOLOGI 1. Sarlito Wirawan Sarwono (1976) 2. Robert E. Silverman (1982) 3. Linda L. Davidoff (1987) 4. Soegarda Poerbakawatja (1982) 5. Ensiklopedi Umum (1987) 6. Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13 (1990) 7. Wulyo (1990) 8. Dakir (1993)

4 4  Singgih Dirgagunarsa merangkum pendapat ahli sbb: a. Plato ( SM): 3 kekuatan jiwa manusia (Trichotomi) Berpikir (Logistion) Kehendak (Thumeticon) Keinginan (Abdumen)

5 5 Lanjutan… b. Aristoteles ( SM): jiwa adalah jumlah dari daya hidup dengan proses-prosesnya. Fungsi jiwa: kemampuan untuk mengenal dan berkehendak (= Dichotomi). c. John Locke ( ): unsur atau elemen terkecil dari jiwa manusia ialah simple idea. d. James Will ( ): jiwa merupakan susunan yang tidak terbatas dari elemen- elemennya, dan susunan itu dapat diuraikan dalam elemen dasarnya. e. John Stuart Mill ( ): jiwa atau mental mrp perpaduan dari elemen-elemen atau kesatuan yang bersifat tersendiri, berbeda dengan sifat elemen-elemen dasarnya (mental chemistry)

6 6 JADI, PSYCHE: sesuatu yang abstrak, yang menjadi penggerak dan pengatur bagi segala tingkah laku seseorang, baik tingkah laku yang termasuk perbuatan maupun tingkah laku yang termasuk penghayatan. PSYCHE: sesuatu yang abstrak, yang menjadi penggerak dan pengatur bagi segala tingkah laku seseorang, baik tingkah laku yang termasuk perbuatan maupun tingkah laku yang termasuk penghayatan. Tingkah laku perbuatan: tingkah laku yang dapat diamati secara langsung (misalnya berjalan, lari, bercakap-cakap), dan tingkah laku yang tidak dapat secara langsung dapat diamati (perasaan, pikiran, motivasi, reaksi berbagai kelenjar dll.) Tingkah laku perbuatan: tingkah laku yang dapat diamati secara langsung (misalnya berjalan, lari, bercakap-cakap), dan tingkah laku yang tidak dapat secara langsung dapat diamati (perasaan, pikiran, motivasi, reaksi berbagai kelenjar dll.)

7 7 PSIKOLOGI adalah: Ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik tingkah laku yang termasuk perbuatan maupun yang termasuk penghayatan, dalam hubungan dengan lingkungannya.

8 8  OBYEK PSIKOLOGI  RUANG LINGKUP PSIKOLOGI: segala macam gejala jiwa, yaitu: kognitif afektif, psikomotor, dan campuran. Normal Abnormal Sakit

9 9 Macam-macam gejala jiwa: Gejala pengalaman/kognitif: pengamatan, tanggapan, persepsi, fantasi, asosiasi, berpikir, kecerdasan kognitif. Gejala perasaan/emosi/afektif: jasmaniah & rohaniah. Gejala kehendak/karsa/konatif: motif & kemauan. Gejala campuran/kombinasi: perhatian, sugesti, dan kelelahan.

10 10  Tingkat ANORGANIK: berlangsung menurut hukum alam, misal; batu, besi akan jatuh menurut hkm percepatan gerak beraturan. Hal ini terjadi juga pada manusia, misal: jatuh dari atap atau kapal terbang.  Tingkat VEGETATIF: ada proses pertumbuhan & kehidupan. Seperti tumbuhan, pada manusia juga terdapat fungsi peredaran darah, fungsi berkembang biak.  Tingkat ANIMAL: didorong oleh insting/naluri & nafsu. Pada manusia berupa gerak-gerik naluriah dan nafsu.  Tingkat HUMAN: berupa kemampuan, pengertian, pikiran, kesadaran, pendirian, kata hati, mengakui norma-norma, kemauan. Didukung kemampuan berbahasa manusia.  Tingkat ABSTRAK atau disebut tingkat absolut, metafisis, religius, transedental: dorongan manusia untuk memberi arti pada hidup. Bentuk tertingginya adalah ingin mengadakan hubungan dengan Tuhan, Sang Maha Pencipta.

11 11  Berdasarkan lapangan/ # Berdasarkan obyek yang diselidiki; keguanaan/tujuannya; 1. Psikologi UMUM 1. Psikologi TEORITIS 2. Psikologi KHUSUS 2. Psikologi PRAKTIS

12 12 PSIKOLOGI KHUSUS Ditinjau dari terjadinya dan perkembangan manusia: GENETIS & PERKEMBANGAN Ditinjau dari kelompok manusia yang menyimpang dari norma: PATOLOGI, ABNORMAL, KRIMINAL, ANAK LUAR BIASA, DAN KLINIS Ditinjau dari masalah kelompok: MASSA, KEMASYARAKATAN, BANGSA-BANGSA, DAN SOSIAL Ditinjau dari sifatnya: KEPRIBADIAN

13 13 PSIKOLOGI PRAKTIS/TERAPAN 1.PIKOLOGI PENDIDIKAN 2.PSIKOLOGI KEDOKTERAN 3.PSIKOLOGI INDUSTRI 4.PSIKOLOGI DAGANG


Download ppt "1 PSIKOLOGI UMUM Oleh : BUDI ASTUTI Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta 2006."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google