Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRAKTIKUM TINGKAH LAKU HEWAN “DOMINANCE-DISCOVERY TRADE-OFFS” Kelompok I Melinda Purnamasari (0910422035) Andri Saputra (1010422039)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRAKTIKUM TINGKAH LAKU HEWAN “DOMINANCE-DISCOVERY TRADE-OFFS” Kelompok I Melinda Purnamasari (0910422035) Andri Saputra (1010422039)"— Transcript presentasi:

1 PRAKTIKUM TINGKAH LAKU HEWAN “DOMINANCE-DISCOVERY TRADE-OFFS” Kelompok I Melinda Purnamasari ( ) Andri Saputra ( )

2 Latar Belakang Setiap makhluk hidup akan melakukan interaksi dengan lingkungannya sejak pertama kali mereka dilahirkan. Kajian perilaku dari suatu hewan dapat dijadikan suatu ‘kunci’ untuk memahami evolusi dan fungsi ekologi dari hewan. Ekologi tingkah laku merupakan study untuk mempelajari bagaimana lingkungn biotik dan abiotik mempengaruhi tingkah laku hewan. Banyak tingkah laku hewan yang menunjukkan kemampuan berkompetisi untuk menemukan makanan.

3 Parameter Berkunjung: mendekati umpan minimal 1 detik Makan: menempelkan mandibula pada umpan minimal 10 detik Membawa makanan : membawa potongan umpan keluar dari daerah pengamatan Waktu dan Tempat Pengamatan dilakukan di tepi jalan utama dibawah pohon (dekat halte Farmasi) pada hari Jumat, tanggal 9 November 2012 jam

4 Alat dan Bahan Kertas putih berukuran 7,5 cm x 6,25 cm. Umpan makanan, berupa: coklat, pisang, dan ikan asin. Tali rafia untuk mengukur panjang transek. Stopwatch untuk penanda waktu. Buku dan alat tulis untuk mencatat pengamatan. Camera sebagai dokumentasi.

5 Cara Kerja Panjang total transek (80 m) dibagi dengan setiap 10 m terdapat stasiun. Umpan diletakkan pada setiap stasiun diatas kertas putih, dimana fungsi kertas putih ini untuk mempermudah pengamatan. Pengamatan dilakukan selama 40 menit. Hal-hal yang dicatat yaitu waktu memulai pengamatan, jenis hewan yang datang beserta aktivitas yang dilakukan, soliter/berkelompok, pada menit keberapa hewan melakukan aktivitasnya. Dianalisis jenis hewan yang pertama kali datang dan yang mendominasi beserta usaha-usaha yang dilakukan hewan untuk mempertahankan sumber makanannya.

6 Hasil Grafik diatas menggambarkan jumlah dan jenis individu yang melakukan aktivitas pada transek berdasarkan pengamatan terhadap waktu

7 Dokumentasi

8 Kompetisi (semut hitam memakan semut merah)

9 Kesimpulan Hewan yang pertama kali menemukan sumber makanan yaitu semut hitam yaitu dengan aktivitas melihat-lihat pada menit ke 5 lalu memakan coklat pada menit ke 7. Kemudian kehadiran semut kecil kuning pada menit ke 10, dilanjut kehadiran semut merah pada menit ke 27. Hewan yang paling mendominasi yaitu semut merah dengan kehadiran pada seluruh umpan. Umpan yang paling diminati secara berurutan yaitu coklat, pisang, dan ikan asin. Walaupun jumlah individu semut merah lebih banyak terdapat pada umpan pisang namun tidak jauh berbeda jumlahnya dengan individu pada umpan coklat (padahal ukuran coklat lebih kecil setelah dimakan oleh hewan sebelumnya). Sehingga kami memutuskan coklat lebih diminati dari pada pisang. Hewan melakukan kompetisi untuk mempertahankan sumber makanan (semut hitam memakan semut merah) pada menit ke 37 pengamatan. Pengamatan yang kami lakukan membuktikan bahwasanya hewan melakukan kompetisi dalam mempertahankan sumber makanannya. Disini kami juga menemukan adanya hewan yang lebih cepat menemukan sumber makanan namun tidak menjadi spesies yang mendominasi.

10 TERIMAKASIH


Download ppt "PRAKTIKUM TINGKAH LAKU HEWAN “DOMINANCE-DISCOVERY TRADE-OFFS” Kelompok I Melinda Purnamasari (0910422035) Andri Saputra (1010422039)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google