Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERI PUASA SUNNAH DAN PERILAKU TERCELA ISLAMIC RELIGION GRADE 8.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERI PUASA SUNNAH DAN PERILAKU TERCELA ISLAMIC RELIGION GRADE 8."— Transcript presentasi:

1 MATERI PUASA SUNNAH DAN PERILAKU TERCELA ISLAMIC RELIGION GRADE 8

2 PUASA DAUD Puasa yang dilakukan selang satu hari (hari ini puasa, besok tidak). Puasa seperti ini lebih utama daripada puasa-puasa sunah lainnya. Nabi bersabda : “Puasa sunah yang terbaik ialah puasa yang dilakukan Nabi Daud, sehari ia berpuasa dan seharinya tidak”.

3 PUASA YAUMUL BIDH Puasa selama tiga hari dalam setiap bulan (Hijriah). Waktu yang paling baik untuk melakukan puasa ini ialah pada tanggal 13, 14, dan 15. Nabi Bersabda: “Pahala puasa yang dilaksanakan selama tiga hari ini nilainya sama dengan puasa yang dilakukan sepanjang tahun.

4 PUASA SENIN KAMIS Nabi Muhammad saw. berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Sewaktu beliau ditanya tentang hal ini, beliau menjawab bahwa amalan-amalan manusia dilaporkan pada hari senin dan kamis.

5 PUASA SYAWAL Puasa yang dilakukan selama enam hari pada bulan syawal. Puasa enam hari ini dapat dilakukan secara berturut-turut atau tidak, tetapi yang pertama lebih afdhal daripada yang kedua. Nabi bersabda: “Barang siapa yang melakukan puasa selama enam hari sesudah puasa Ramadhan, ia seakan-akan telah berpuasa wajib sepanjang tahun.”

6 PUASA ARAFAH Puasa yang dilakukan pada tanggal 9 Zulhijjah bagi orang yang tidak sedang melakukan ibadah haji صوم عرفة يكفر السنة الماضية والباقية Nabi bersabda : Puasa hari Arafah itu menghapuskan dosa dua tahun, satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang”

7 PUASA TASU’A DAN ASURA Puasa yang dilakukan pada tanggal 9 dan 10 Muharram صوم عاشورا يكفر السنة الماضية

8 PUASA SAKBAN Dari Aisyah ra. ia berkata : “Saya tidak melihat Rasulullah saw. berpuasa satu bulan penuh, kecuali pada bulan Ramadhan dan saya tidak melihat bulan yang paling banyak untuk berpuasa kecuali bulan Syakban

9 PERILAKU TERCELA

10 ANANIYAH Sifat ini biasa disebut dengan egois, yaitu sikap hidup yang terlalu mementingkan diri sendiri bahkan jika perlu dengan mengorbankan kepentingan orang lain. Orang yang egois biasanya membangga-banggakan diri sendiri, menganggap orang lain hina dan rendah. Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri اِنَ اللهَ لاَ يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالاً فَخُوْرًا ( النساء : 36)

11 GHADAB Ghadab berarti sikap seseorang yang mudah marah karena tidak senang terhadap perlakuan atau perbuatan orang lain. Amarah selalu mendorong manusia bertingkah laku buruk dan jahat. Seorang pemarah tergolong lemah imannya karena berpandangan picik dan tidak mengendalikan hawa nafsunya. Sebaliknya, jika seseroang berpandangan luas dan dapat mengendalikan hawa nafsunya, maka ia akan bersikap arif atau bijaksana dalam menyelesaikan setiap masalah والكاظمين الغيظ والعافين عن الناس، والله يحب المحسنين ( ال عمران : 134)

12 شُكْرًا كَثيِـْراً


Download ppt "MATERI PUASA SUNNAH DAN PERILAKU TERCELA ISLAMIC RELIGION GRADE 8."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google