Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Konjungsi dan Kata Tugas. Konjungsi dan Kata Tugas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Konjungsi dan Kata Tugas. Konjungsi dan Kata Tugas."— Transcript presentasi:

1 Konjungsi dan Kata Tugas

2 Konjungsi dan Kata Tugas

3 Konjungsi Kata Tugas

4 Selain bertugas menghubungkan kata, frase, dan kalimat, kata penghubung juga berfungsi menentukan hubungan yang dinyatakan oleh kata penghubung tersebut. Penghubung kata dengan kata : belajar dan bekerja Penghubung frase dengan frase: Saya tidak masuk sekolah karena sakit kepala Penghubung klausa dengan klausa : Ketika ia pergi berbelanja, saya sedang menonton TV Penghubung kalimat dengan kalimat :

5 Konjungsi Konjungsi ( Kata Penghubung ) Konjungsi adalah kata yang menghubungkan kata dengan kata, frase dengan frase, ataupun kalimat dengan kalimat. contoh Pengelompokan Konjungsi

6 Pengelompokan kata penghubung menurut kedudukan unsur-unsurnya : a.Kata penghubung untuk bagian / unsur-unsur yang berkedudukan setara: dan, serta, adalah, agar, bahwa. b.Kata penghubung untuk unsur-unsur yang berkedudukan tidak setara / berbeda: sambil, ketika, meskipun, tetapi.

7 Konjungsi adapun bermakna tentang atau mengenai hal. Konjungsi di satu pihak … di lain pihak … digunakan untuk menyatakan situasi pertentangan atau perlawanan. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Adapun caranya tergantung pada diri masing-masing pihak. Pendidikan yang bermutu dapat membawa dua dilema besar. Di satu pihak mencetak insan berkualitas, di lain pihak mahalnya biaya sehingga tidak semua orang dapat menjangkau. Contoh :

8 Kata Tugas Kelas Kata Suatu & Sesuatu Seorang dan Seseorang

9 Kelas Kata Gorys Keraf dalam bukunya Tata Rujukan Bahasa Indonesia mengemukakan pembagian kelas kata menjadi empat kelas besar, yaitu : kata benda Kata kerja Kata sifat Kata tugas (meliputi suatu, sesuatu, seorang, seseorang)

10 Menggunakan Suatu dan Sesuatu Suatu digunakan sebagai penggolong benda yang artinya satu. Kata suatu diikuti langsung oleh nomina. Contoh: Albert sedang menghadapi suatu masalah besar. Sesuatu digunakan sebagai penggolong benda yang intinya satu. Sesuatu tidak dapat secara langsung diikuti nomina. Kata sesuatu dapat berlaku sebagai kata benda secara mandiri. Contoh: Pemerintah perlu melakukan sesuatu untuk menghentikan illegal logging. Gerombolan bandit sedang mendiskusikan sesuatu yang mencurigakan.

11 Menggunakan Seorang dan Seseorang Seorang digunakan sebagai penggolong orang yang artinya satu. Kata seseorang diikuti langsung oleh nomina. Contoh: Roman Abramovich adalah seorang konglomerat ternama. Seseorang digunakan sebagai penggolong benda yang intinya satu. Seseorang tidak dapat secara langsung diikuti oleh nomina. Kata ini hanya dapat diikuti keterangan dengan didahului konjungtor yang. Contoh : Hanif telah menemukan seseorang yang memikat hatinya.

12 Kesimpulan Konjungsi adapun bermakna tentang atau mengenai hal. Konjungsi di satu pihak … di lain pihak … digunakan untuk menyatakan situasi pertentangan atau perlawanan. Suatu digunakan sebagai penggolong benda yang artinya satu. Kata suatu diikuti langsung oleh nomina.

13 Sesuatu digunakan sebagai penggolong benda yang intinya satu. Sesuatu tidak dapat secara langsung diikuti nomina. Kata sesuatu dapat berlaku sebagai kata benda secara mandiri. Seorang digunakan sebagai penggolong orang yang artinya satu. Kata seseorang diikuti langsung oleh nomina. Seseorang digunakan sebagai penggolong benda yang intinya satu. Seseorang tidak dapat secara langsung diikuti oleh nomina.

14 Sekian Terima kasih. Retno Harindhi W.


Download ppt "Konjungsi dan Kata Tugas. Konjungsi dan Kata Tugas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google