Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Petunjuk Penulisan Naskah Padjadjaran Journal of Dental Education (PJDE) adalah publikasi ilmiah enam bulanan yang diterbitkan oleh Fakultas Kedokteran.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Petunjuk Penulisan Naskah Padjadjaran Journal of Dental Education (PJDE) adalah publikasi ilmiah enam bulanan yang diterbitkan oleh Fakultas Kedokteran."— Transcript presentasi:

1 Petunjuk Penulisan Naskah Padjadjaran Journal of Dental Education (PJDE) adalah publikasi ilmiah enam bulanan yang diterbitkan oleh Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran. Jurnal ini menerima artikel penelitian tindak kelas,tinjauan pustaka pendidikan kedokteran gigi, laporan kasus tindak kelas,penyegaran ilmu dalam pengembangan kurikulum pendidikan kedokteran gigi dan artikel khusus yang terkait dengan dunia pendidikan di kedokteran gigi.

2 Syarat-syarat Pengiriman Makalah Makalah belum pernah dipublikasikan atau dikirim pada majalah/jurnal lain pada saat yang sama,untuk menghindari duplikasi X. Semua makalah akan dinilai oleh pakar bidang ilmu masing-masing dan penyunting pelaksana. Makalah yang perlu diperbaiki format atau isi akan dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki per penulis. Laporan penelitian tindak kelas harus memperoleh persetujuan tertulis dari koordinator blok pengajaran.

3 Penulisan Makalah Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris dengan menggunakan kaidah yang benar. Diketik 2 spasi dengan jarak tepi 2,5 cm serta jumlah halaman maksimum 20 halaman (termasuk rujukan,tabel dan gambar) dan diberi nomor halaman. Kirimkan makalah 3 (tiga) set artiket ( hard copy) beserta 1 (satu) soft copy( CD) yang ditunjukan kepada Sekretariat Padjadjaran journal of dental education (Drg. Aldila miranda), FKG Universitas Padjadjaran (UNPAD) Jl. Sekeloa Selatan No. 1 Bandung, Indonesia. / (sms

4 Makalah harus disertai surat pengantar yang ditandatangani oleh seluruh penulis (bila penulis lebih dari satu) dan ditandatangani oleh koordinator blok pengajaran (bila penulis melakukan kajian penelitian tindak kelas)

5 Halaman Judul Halaman judul berisi judul makalah,nama penulis dengan gelar tertinggi dan instansi afiliasi penulis,nama dan alamat korespondensi,nomor telfon,faksimili dan alamat . Judul dibuat dalam bahasa indonesia dan inggris. Judul singkat,informatif dan deskriptif,tidak menggunakan singkatan. Jika makalah pernah dipresentasikan,tuliskan diorganisasi mana,lokasi serta waktunya. Bila makalah dibuat dengan didanai lembaga tertentu,cantumkan daftar penyumbang atau pendukung dananya dan atau nomor sumbangan.

6 Abstrak dan Kata kunci Abstrak dibuat dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris dalam bentuk terstruktur (terutama artikel penelitian) dengan jumlah maksimum 200 kata. Abstrak penelitian berisi : (1) latar belakang masalah, (2) tujuan penelitian, (3) bahan dan metode,(4) hasil utama, (5) kesimpulan utama. Abstrak dibuat ringkas dan jelas,sehingga pembaca memahami aspek- aspek yang baru atau penting. Abstrak dari laporan kasus atau tehnik- tehnik penelitian tindak kelas berisi kesimpulan dari artikel dan keuntungan-keuntungan prosedur yang dilakukan. Pilih 3-5 kata kunci dan cantumkan pada halaman yang sama dengan abstrak.

7 Jenis-jenis artikel Artikel Penelitian (Class action research) Berisi artikel hasil penelitian tindak kelas dengan format terdiri dari PENDAHULUAN, Berisi latar belakang dari kelas yang dipilih didukung oleh pustaka yang ada yang relevan dengan tujuan penelitian, identifikasi batasan-batasan penelitian.

8 BAHAN DAN METODA, Jelaskan metoda penelitian, populasi dan sampel,tempat dan waktu penelitian,cara pengukuran dan analisis data sehingga dapat diduplikasi dan dinilai validitasnya. HASIL, Sajikan secara tepat dan jelas, baik dalam bentuk tekstural maupun grafikal. Berikan kalimat pengantar untuk menerangkan tabel atau gambar,tetapi jangan mengulang apa yang telah disajikan dalam tabel/gambar.

9 PEMBAHASAN, berisi pembahasan hasil penelitian yang ditemukan.Bandingkan hasil penelitian tersebut dengan penelitian (hasil riset orang lain) yang sudah dipublikasikan,serta menjelaskan implikasi data yang kita peroleh bagi ilmu pengetahuan. KESIMPULAN, berisi pendapat penulis berdasarkan hasil penelitiannya. Ditulis singkat,padat dan relevan.

10 Review/kupasan/Tinjauan Pustaka Merupakan artikel review dari jurnal atau buku mengenai pendidikan di kedokteran gigi yang dikupas secara kritis dan komprehensif suatu topik yang menjadi perhatian publik yang aktual dan didukung oleh kepustakaan terbaru. Penyegar ilmu pendidikan kedokteran gigi atau terkait dunia pendidikan Berisi artikel yang mengulas berbagai hal lama tetapi masih up to date dan perlu diingat kembali.

11 Artikel khusus Berisi artikel didunia pendidikan dan layak diketahui oleh kalangan pengajar dibidang dunia pendidikan kedokteran gigi, misalnya penggunaan teknologi dalam pengajaran etika dan hukum kesehatan. Presentasi harus logis,efektif dan berguna bagi pembaca.

12 TABEL DAN GAMBAR Tabel maksimum 6 buah,diketik 2 spasi dan diberi nomor sesuai urutan dengan judul yang singkat dan menggambarkan isinya. Setiap singkatan dijelaskan dalam footnote.Apabila pernah dipresentasikan sebelumnya sebut sumber aslinya dalam footnote. Gambar maksimum 6 buah yang dibuat secara profesional. Warna hitam putih dengan ukuran standar. Beri keterangan nomor gambar sesuai urutan,nama penulis,petunjuk bagian atas gambar belakangnya. Redaksi berhak membatasi jumlah ilustrasi berwarna.

13 METODA STATISTIK Dijelaskan secara rinci di bagian metode.Metoda yang tidak lazim ditulis secara rinci berikut rujukannya. UCAPAN TERIMA KASIH Dibuat ringkas sebagai ucapan terimak kasih kepada pihak yang telah membantu penelitian,penelaahan,manuskrip atau penyedia dana.

14 RUJUKAN Rujukan disusun sesuai dengan aturan penulisan Vancouver berdasarkan urutan kemunculannya, bukan berdasarkan abjad. Jika jumlah penulis lebih dari 6 orang, selanjutnya dicantumkan et al. Bila kurang dari 6 orang ditulis seluruhnya.

15 CARA PENULISAN BERDASARKAN SUMBER RUJUKAN : Buku dan monograf lain Pengarang pribadi (personal author) Armitage P, Berry G. Statistical Methods in Medical Research. 2nd ed. Oxford (UK): Blackwell Science;1994. Organisasi sebagai pengarang Institute of Medicine (US). Looking at the future of the Medicaid programs. Washington:The Institute;1992. Buku ajar dengan editor dan bab yang mempunyai pengarang tersendiri Editor lebih dari 6 Hillman S. Iron Deficiencies and Other Hypoproliverative Anemias. In: Fauci AS, Braunwald E, Isselbacher KJ, Wilson JD, Martin JB, Kasper DL, et al., editors. Harrison's Principle of Internal Medicine. 14th ed. New York: McGraw-Hill; p

16 Prosiding pertemuan ilmiah Kimura J, Shibasaki H, editors. Recent advances in clinical neurophysiology. Proceedings of the 10th International Congress of EMG and Clinical Neurophysiology: 1995 Oct 15-19; Kyoto, Japan. Amsterdam:Elsevier; 1996.

17 Materi elektronik Gilang Yubiliana, Inovasi pembelajaran etika dan hukum kesehatan,2006 Avalaible from video-profile-part-1. Diakses 5 juni video-profile-part-1

18 contoh

19 (contoh) Surat Pengantar Bandung, Kepada Yth. Redaksi Padjadjaran journal of dental education di Tempat Dengan hormat Bersama ini saya sampaikan 3 (tiga) set artikel (hard copy) beserta 1 (satu) soft copy (CD) dengan judul Artikel. JUDUL ARTIKEL Perlu diketahui bahwa artikel tersebut belum pernah/tidak sedang diajukan ke majalah lain. Besar harapan kami artikel ini dapat dimuat di Padjadjaran journal of dental education edisi mendatang Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya Penulis, (Penulis Utama)


Download ppt "Petunjuk Penulisan Naskah Padjadjaran Journal of Dental Education (PJDE) adalah publikasi ilmiah enam bulanan yang diterbitkan oleh Fakultas Kedokteran."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google