Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMAHAMAN KONSEP DASAR EKONOMI ISLAM NAMA EKONOMI ISLAM Iqtishad Ekonomi ilahiyah Ekonomi syariah Ekonomi qurani.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMAHAMAN KONSEP DASAR EKONOMI ISLAM NAMA EKONOMI ISLAM Iqtishad Ekonomi ilahiyah Ekonomi syariah Ekonomi qurani."— Transcript presentasi:

1 PEMAHAMAN KONSEP DASAR EKONOMI ISLAM NAMA EKONOMI ISLAM Iqtishad Ekonomi ilahiyah Ekonomi syariah Ekonomi qurani

2 Makna ekonomi Islam Ilmu hasil penafsiran al-quran dan al- hadist. Ilmu hasil penafsiran ruang dan waktu Ilmu yang mempunyai eksistensi tertentu

3 Defenisi ekonomi Islam Menurut Hasanuzzaman adalah pengetahuan dan aplikasi dari anjuran dan aturan syariah yang mencegah ketidakadilan. Menurut Abdul Mannan adalah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat.

4 Hakikat ekonomi Islam Ilmu ekonomi Islam seperti juga ilmu ekonomi konvensial dapat digambarkan sebagai hipotesis-hipotesis karena kebenaran beroperasinya tergantung pada begitu banyak faktor yang variabel – variabel nya mudah berubah dan tidak dapat dipastikan sepenuh nya.

5 Prinsip-prinsip dan karekteristik ekonomi Islam 1.pondasi yaitu: Tauhid Adil Nubuwwah Khilafah Ma’ad

6 Prinsip ekonomi Islam Ciri-ciri dalam ekonomi Islam Kepemilikan multijenis Freedom to act(kebebasan bertindak/berusaha) Keadilan sosial

7 Perilaku Islam dalam bisnis dan ekonomi Bisnis yg di lakukan secara jujur Tidak boleh ada satupun pihak yg di zalimi Tidak boleh ada monopoli dan penumpukan kekayaan di tangan sementara orang. Bisnis yg mengandung unsur spekulasi di pandang sebagai judi yg ujungnya terletak permusuhan dan kebencianantara sesama anggota.

8 Karekteristik ekonomi Islam Bersumber dari tuhan dan agama Ekonomi pertengahan dan berimbang Ekonomi berkecukupan dan berkeadilan Ekonomi pertumbuhan dan barakah

9 Ekonomi Islam keterkaitan ilmu dan nilai Konsep dan rancangan yang intergal (keseluruhan) dalam membangun keutuhan hidup bermayarakat. Nilai menjadikan ekonomi islam relavan dengan fitrah hidup manusia yaitu menuntun kejalan kebaikan dan menjauhi jalan kehinaan. Ekonomi konvensial cenderung memisah kan antara ilmu dan nilai yang mengantar manusia pada kehidupan yang absurd.

10 Sumber hukum ekonomi Islam Al-quran merupakan firman-firman Allah yang di turunkan kepada Rasul Muhammad sebagai kitab yang membimbing manusia. Hadist dan sunnah nabi yang berita dapat berwujud perkataan,perbuatan. Ijma ialah kesepakatan para mujtahid memutuskan suatu masalah sesudah wafat Rasulullah saw. Ijtihad Qiyas Urf’ Istihsan Istishlah Istishhab Mashatul al-mursalah

11 PERBANDINGAN SISTEM EKONOMI Fenomena yang menjukkan adanya hubungan semacam ini di sebut sistem. Fenomena yang menjukkan adanya hubungan semacam ini di sebut sistem. Menurt gregory grossman mengatakan sistem ekonomi islam adalah berbagai bagian yang tidak hanya saling berkaitan tapi juga saling mempengaruhi dengan tingkat konsisten tertentu dan keeratan yang pasti.suatu sistem harus secara keseluruhan berfungsi walaupun tidak perlu dia berfungsi dengan sempurna. Menurt gregory grossman mengatakan sistem ekonomi islam adalah berbagai bagian yang tidak hanya saling berkaitan tapi juga saling mempengaruhi dengan tingkat konsisten tertentu dan keeratan yang pasti.suatu sistem harus secara keseluruhan berfungsi walaupun tidak perlu dia berfungsi dengan sempurna.

12 PERBANDINGAN SISTEM EKONOMI Sedangkan menurut J.A schumpeter,sistem ekonomi islam adalah komposisi suatu ekonomi yang komprehensif yang di dalamnya terdiri dari kekuatan yang pasti terhadap prinsip ekonomi liberal dan sosialisme dan lain- lain Sedangkan menurut J.A schumpeter,sistem ekonomi islam adalah komposisi suatu ekonomi yang komprehensif yang di dalamnya terdiri dari kekuatan yang pasti terhadap prinsip ekonomi liberal dan sosialisme dan lain- lain

13 Faktor yg mempengaruhi sistem ekonomi Negara yang posisinya selalu mendapat dukungan ekonomi dari negara yang menggunakan sistem tertentu akan menjadikan negara tersebut memilih sistem ekonomi seperti negara yang mendukungnya. Negara yang posisinya selalu mendapat dukungan ekonomi dari negara yang menggunakan sistem tertentu akan menjadikan negara tersebut memilih sistem ekonomi seperti negara yang mendukungnya. Sistem ekonomi di suatu negara tidak ada yang tidak di pisahkan dari pengalaman yang ada, yang lebih menunjukkn peran dalam mempertahan kan ideologinya. Sistem ekonomi di suatu negara tidak ada yang tidak di pisahkan dari pengalaman yang ada, yang lebih menunjukkn peran dalam mempertahan kan ideologinya.

14 Luas dan letak geografi Salah satu penyebabnya mengapa peningkatan ekonomi suatu negara tidak di rasakan masyarakat secara merata karena faktor luasnya daerah. Salah satu penyebabnya mengapa peningkatan ekonomi suatu negara tidak di rasakan masyarakat secara merata karena faktor luasnya daerah. Luas daerah mempersulit pemerintah pusat dalam membuat kebijakan ekonomi yang sesuai di setiap daerah Luas daerah mempersulit pemerintah pusat dalam membuat kebijakan ekonomi yang sesuai di setiap daerah Letak negara menimbulkan adanya pengkondisian antara negara yang berdekatan untuk menggunakan kebijakan yang saling mendukung. Letak negara menimbulkan adanya pengkondisian antara negara yang berdekatan untuk menggunakan kebijakan yang saling mendukung.

15 Tingkat pembangunan Tingkat pembangunan menjadi ukuran suatu negara dalam memberikan keleluasan rakyat untuk berpartisipasi.semakin mapan dan maju dalam bidang ekonomi suatu negara,tingkat partisipasi nya masyarakat semakin meningkat.keadaan ini di sebabkan masyarakat telah menemukan pola pemenuhan kebutuhan yang di lakukan dalam keseharian nya. Tingkat pembangunan menjadi ukuran suatu negara dalam memberikan keleluasan rakyat untuk berpartisipasi.semakin mapan dan maju dalam bidang ekonomi suatu negara,tingkat partisipasi nya masyarakat semakin meningkat.keadaan ini di sebabkan masyarakat telah menemukan pola pemenuhan kebutuhan yang di lakukan dalam keseharian nya.

16 KETERBUKAAN Keterbukaan dalam bidang ekonomi merupakan suatu konsekkuensi agar tidak tertinggal denagn ngara lain.konsep ekonomi terbuka menjadikn sistem ekonomi suatu negara berubah menjadi sistem ekonomi terbuka yang mengakui tidak ada batas daerah,batas negara,batas benua. Keterbukaan dalam bidang ekonomi merupakan suatu konsekkuensi agar tidak tertinggal denagn ngara lain.konsep ekonomi terbuka menjadikn sistem ekonomi suatu negara berubah menjadi sistem ekonomi terbuka yang mengakui tidak ada batas daerah,batas negara,batas benua.

17 SISTEM POLITIK Sistem politik yang baik adalah memberikan perhatian agar pemimpin memperjuangkan hak rakyat.denagn cara meningkat kan keikutsertaannya rakyat dalam menentukan kebijakan-kebijakan ekonomi. Pemimpin merupakan wakil rakyat yang di pilih oleh rakyat untuk memenuhi kepentingan hidup rakyat. Sistem politik yang baik adalah memberikan perhatian agar pemimpin memperjuangkan hak rakyat.denagn cara meningkat kan keikutsertaannya rakyat dalam menentukan kebijakan-kebijakan ekonomi. Pemimpin merupakan wakil rakyat yang di pilih oleh rakyat untuk memenuhi kepentingan hidup rakyat.

18 Ragam sistem ekonomi dunia Mainstream sistem ekonomi di dunia terdiri dari sistem kapitalisme dan sosialisme. Mainstream sistem ekonomi di dunia terdiri dari sistem kapitalisme dan sosialisme. Sistem kapitalisme dan sosialisme mengalami perubahan menjadi berbagai macam nama sistem. Sistem-sistem ini merupakan hasil interaksi yng intens antara berbagai unsur ekonomi maupun politik di suatu negara dalam mainstream sistem ekonomi yang ada Sistem kapitalisme dan sosialisme mengalami perubahan menjadi berbagai macam nama sistem. Sistem-sistem ini merupakan hasil interaksi yng intens antara berbagai unsur ekonomi maupun politik di suatu negara dalam mainstream sistem ekonomi yang ada

19 Ragam sistem ekonomi dunia Dua negara yang mempunyai sistem ekonomi yang sama belum tentu mempunyai karakter yang sama.untuk membedakan karekter setiap negara dapat di di ketahui melalui stuktur pengambilan keputusan,mekanisme informasi dan koordinasi hak milik pribadi dan intenif Dua negara yang mempunyai sistem ekonomi yang sama belum tentu mempunyai karakter yang sama.untuk membedakan karekter setiap negara dapat di di ketahui melalui stuktur pengambilan keputusan,mekanisme informasi dan koordinasi hak milik pribadi dan intenif

20 Ragam sistem ekonomi dunia Sistem ekonomi kapitalis,kapitalis negara dan kapitalis campuran cenderung mempunyai karekteristik sama.karena karekter ini di karenakan keberadaan sistem baru lebih di karenakan sebagai kritik,pelengkap,atau memperbaiki. Sistem ekonomi kapitalis,kapitalis negara dan kapitalis campuran cenderung mempunyai karekteristik sama.karena karekter ini di karenakan keberadaan sistem baru lebih di karenakan sebagai kritik,pelengkap,atau memperbaiki. Sistem ekonomi islam di ilhami al-quran dan al hadist.sistem ekonomi islam terletak diantara sistem kapitalis dan sosialis,karena bagian perilaku seseorang yang di tuntut oleh nurani manusia dalam kegiatan ekonomi,itu sudah islam. Sistem ekonomi islam di ilhami al-quran dan al hadist.sistem ekonomi islam terletak diantara sistem kapitalis dan sosialis,karena bagian perilaku seseorang yang di tuntut oleh nurani manusia dalam kegiatan ekonomi,itu sudah islam.

21 Prinsip sistem ekonomi Sistem ekonomi kapitalis yang di pengaruhi oleh semangat mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin dengan sumber daya terbatas. Usaha kapitalis ini di dukung oleh nilai-nilai kebebasan untuk memenuhi kebutuhan. Sistem ekonomi kapitalis yang di pengaruhi oleh semangat mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin dengan sumber daya terbatas. Usaha kapitalis ini di dukung oleh nilai-nilai kebebasan untuk memenuhi kebutuhan. Mekanisme pasar yang yang di metamorfosiskan dengan tangan gaib(invisible hand) akan mengatur bagaimana jalanya keseimbangan antara penawaran dan permintaan di pasar. Mekanisme pasar yang yang di metamorfosiskan dengan tangan gaib(invisible hand) akan mengatur bagaimana jalanya keseimbangan antara penawaran dan permintaan di pasar.

22 Sistem ekonomi Islam kapitalis mempunyai kecendrungan yaitu 1.kebebasan memiliki harta secara perorangan. 1.kebebasan memiliki harta secara perorangan. 2.kebebasan ekonomi dan persaingan 2.kebebasan ekonomi dan persaingan 3.ketimpangan ekonomi 3.ketimpangan ekonomi

23 Kecendrungan kebaikan sistem ekonomi kapitalis 1.kebebasane konomi sangat bermanfaat untuk masyarakat.mereka menyebut “dasar hukum” ekonomi. 1.kebebasane konomi sangat bermanfaat untuk masyarakat.mereka menyebut “dasar hukum” ekonomi. 2.meningkatkan produksi persaingan bebas di antara individu akan mewujudkan tahap “produksi dan ‘tingkat harga” pada tingkat yang wajar. 2.meningkatkan produksi persaingan bebas di antara individu akan mewujudkan tahap “produksi dan ‘tingkat harga” pada tingkat yang wajar. Profil motif merupakan keuntungan menjadi faktor yang menentukan keberlngsungan usaha. Profil motif merupakan keuntungan menjadi faktor yang menentukan keberlngsungan usaha.

24 Kecendrungan kelemahann sistem ekonomi kapitalis 1.tidak merata 1.tidak merata 2.tidak selaras 2.tidak selaras 3.memaksimasi profit 3.memaksimasi profit 4.krisis moral 4.krisis moral 5.materialistis 5.materialistis 6.mengesampingkan kesejahteraan 6.mengesampingkan kesejahteraan

25 Sistem ekonomi sosialis Sistem yang mempunyai tujuan kemakmuran bersama.filosofi ekonomi sosial adalah bagaimana bersama-sama mendapatkan kesejahteraan. Perkembangan sosialisme di mulai dari kritik tehadap kapitalisme yang pada waktu kaum kapitalis atau di sebut kaum borjuis mendapat legitimasi gereja untuk mengekplotasi buruh. Sistem yang mempunyai tujuan kemakmuran bersama.filosofi ekonomi sosial adalah bagaimana bersama-sama mendapatkan kesejahteraan. Perkembangan sosialisme di mulai dari kritik tehadap kapitalisme yang pada waktu kaum kapitalis atau di sebut kaum borjuis mendapat legitimasi gereja untuk mengekplotasi buruh.

26 Sistem ekonomi sosial mempunyai kecendrungan yaitu 1.Pemilikan harta oleh negara yang seluruh bentuk produksi dan proses pendapatan menjadi milik negara dan di atur kemudian lewat negara. 1.Pemilikan harta oleh negara yang seluruh bentuk produksi dan proses pendapatan menjadi milik negara dan di atur kemudian lewat negara. 2.kesamaan ekonomi. 2.kesamaan ekonomi. 3.disiplin politik yang aturan yang di perlukan sangat kettat untuk lebih mengefektifkan praktek sosialisme. 3.disiplin politik yang aturan yang di perlukan sangat kettat untuk lebih mengefektifkan praktek sosialisme.

27 Kecenderungan kebaikan sistem ekonomi sosialis 1.disediakannya kebutuhan pokok yaitu makanan/minuman,pakaian,rumah,kemudian fasilitas kesehatan serta tempat tinggal dan lain- lain. 1.disediakannya kebutuhan pokok yaitu makanan/minuman,pakaian,rumah,kemudian fasilitas kesehatan serta tempat tinggal dan lain- lain. 2.didasarkan perencanaan negara perancanaan negara yang sempurna di antara produksi dengan penggunaanya. 2.didasarkan perencanaan negara perancanaan negara yang sempurna di antara produksi dengan penggunaanya. 3.produksi di kelola oleh negara semua produksi dan di kelola oleh negara,sedangkan keuntungan acab di gunakan untuk kepentingan negara. 3.produksi di kelola oleh negara semua produksi dan di kelola oleh negara,sedangkan keuntungan acab di gunakan untuk kepentingan negara.

28 Kecendrungan kelemahan sistem ekonomi sosialis 1)sulit melakukan transaksi yang tawar- menawar sangat sukar di lakukan oleh individu yang terpaksa mengorbankan kebebasan pribadinya. 1)sulit melakukan transaksi yang tawar- menawar sangat sukar di lakukan oleh individu yang terpaksa mengorbankan kebebasan pribadinya. 2)membatasi kebebasan sistem sosialisme menolak sepenuhnya sifat mementingkan diri sendiri,dan mementingkan golongan 2)membatasi kebebasan sistem sosialisme menolak sepenuhnya sifat mementingkan diri sendiri,dan mementingkan golongan 3)mengabaikan pendidikan moral 3)mengabaikan pendidikan moral

29 Sistem ekonomi komunis Istilah komunisme ang berasal dari bahasa latin yaitu “conmunis” tidak dapat terdapat sebelum tahun 1840,walaupun konsep yang meliputinya sama taunya dengan pendapat itu sendiri. Istilah komunisme ang berasal dari bahasa latin yaitu “conmunis” tidak dapat terdapat sebelum tahun 1840,walaupun konsep yang meliputinya sama taunya dengan pendapat itu sendiri. Komunis marx yakin tentang suatu penafsiran ekonomis atau materialists dari sejarah yaitu peristiwa ekonomi mendominasikan dalam mengendalikan kehidupn sosial dan politik. Komunis marx yakin tentang suatu penafsiran ekonomis atau materialists dari sejarah yaitu peristiwa ekonomi mendominasikan dalam mengendalikan kehidupn sosial dan politik. Komunis adalah pengganti sepenuhnya bagi alokasi sumber daya ekonomi yang dalam suatu sistem kapitalis di tentukan oleh harga dan pedapat. Komunis adalah pengganti sepenuhnya bagi alokasi sumber daya ekonomi yang dalam suatu sistem kapitalis di tentukan oleh harga dan pedapat.

30 Sistem ekonomi komunis Dalam komunisme,konsumsi maupun produksi akan di kendalikan secara kolektif.uang,harga,upah,pertukaran bebas akan di hapuskan. Dalam komunisme,konsumsi maupun produksi akan di kendalikan secara kolektif.uang,harga,upah,pertukaran bebas akan di hapuskan. Rumusan komunis ialah dari setiap orang menurut kemampuannya kepada setiap orang menurut kebutuhannya. Rumusan komunis ialah dari setiap orang menurut kemampuannya kepada setiap orang menurut kebutuhannya. Komunisme mengajarkan bahwa semua masalah kerja dapat diselesaikan dengan menasionalisasi pabrik,atau nampaknya di tegaskan bahwa hanya 1 permasalah yang ada. Komunisme mengajarkan bahwa semua masalah kerja dapat diselesaikan dengan menasionalisasi pabrik,atau nampaknya di tegaskan bahwa hanya 1 permasalah yang ada.

31 Sistem ekonomi komunis Kaum komunis mengabaikan semua hal ini dan bersikeras bahwa segala-galanya akan beres begitu pabrik telah dinasionalisasikan. Kaum komunis mengabaikan semua hal ini dan bersikeras bahwa segala-galanya akan beres begitu pabrik telah dinasionalisasikan. Materalisme historik adalah hasil penyerdehanaan berlebih-lebihan tentang motif dan sejarah manusia oleh komunisme marx.dia hanya menangkap sekeping kebenaran dan mencoba meyakinkan umat manusia bahwa itulah seluruh kebenaran atau kebenaran pokok. Materalisme historik adalah hasil penyerdehanaan berlebih-lebihan tentang motif dan sejarah manusia oleh komunisme marx.dia hanya menangkap sekeping kebenaran dan mencoba meyakinkan umat manusia bahwa itulah seluruh kebenaran atau kebenaran pokok.

32 Sistem ekonomi komunis Menurut kaum komunis bahwa segala sesuatu yang mengabdi kepada partai dan partai tunggal nyajelas di anggap baik,sedangkan segala sesuatu yang bertentangan dengannya kan di cap jahat. Menurut kaum komunis bahwa segala sesuatu yang mengabdi kepada partai dan partai tunggal nyajelas di anggap baik,sedangkan segala sesuatu yang bertentangan dengannya kan di cap jahat. Komunisme bersifat monitis dan percaya bahwa hanya terdapat satu nilai mutlak yaitu kemenangan partai, sedangkan yang lainnya hanya relatif. Komunisme bersifat monitis dan percaya bahwa hanya terdapat satu nilai mutlak yaitu kemenangan partai, sedangkan yang lainnya hanya relatif.

33 Sistem ekonomi Islam Islam telah mengtur kehidupan manusia dengan ketentuan –ketentuan yang semestinya.keberadaan aturan ini semata- mata untuk menunjukkan jalan bagi manusia dalam memperoleh kemuliaan. Kemuliaan akan bisa di dapat dengan jalan melakukan kegiatan yang di rhidoi Allah. Islam telah mengtur kehidupan manusia dengan ketentuan –ketentuan yang semestinya.keberadaan aturan ini semata- mata untuk menunjukkan jalan bagi manusia dalam memperoleh kemuliaan. Kemuliaan akan bisa di dapat dengan jalan melakukan kegiatan yang di rhidoi Allah.

34 Prinsip dasar sistem ekonomi islam 1.kebebasan individu 1.kebebasan individu 2.hak terhadap harta 2.hak terhadap harta 3.ketidaksamaan ekonomi dalam batas yang wajar 3.ketidaksamaan ekonomi dalam batas yang wajar 4.jaminan sosial 4.jaminan sosial 5.distribusi kekayaan 5.distribusi kekayaan 6.larangan menumpukkan kekayaan 6.larangan menumpukkan kekayaan 7.kesejahteraan individu dan masyarakat. 7.kesejahteraan individu dan masyarakat.

35 Terima Kasih


Download ppt "PEMAHAMAN KONSEP DASAR EKONOMI ISLAM NAMA EKONOMI ISLAM Iqtishad Ekonomi ilahiyah Ekonomi syariah Ekonomi qurani."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google