Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. PENGERTIAN a. Penelitian berasal dari bahasa Inggris yaitu research (re berarti kembali, dan search berarti mencari). Dengan demikian research berarti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. PENGERTIAN a. Penelitian berasal dari bahasa Inggris yaitu research (re berarti kembali, dan search berarti mencari). Dengan demikian research berarti."— Transcript presentasi:

1

2

3 1. PENGERTIAN a. Penelitian berasal dari bahasa Inggris yaitu research (re berarti kembali, dan search berarti mencari). Dengan demikian research berarti mencari kembali.

4 b. Penelitian adalah kegiatan yang dilakukan secara sistematis untuk mengumpulkan, mengolah dan menyimpulkan data dengan menggunakan metode/tehnik tertentu guna mencari jawaban atas permasalah yang dihadapi.

5 c. Penelitian pendidikan adalah suatu proses atau kegiatan yang dilakukan secara sistematis, logis dan berencana untuk mengumpulkan data dengan menggunakan metode/teknik tertentu untuk mencari jawaban atas permasalahan yang timbul dalam bidang pendidikan.

6 2. JENIS PENELITIAN PENDIDIKAN a. Dari segi tujuan umum penelitian pendidikan: 1) Jenis penelitian exploratorif, bertujuan untuk menemukan problematik-problematik baru dalam dunia pendidikan

7 2) Jenis penelitian pengembangan, yaitu bertujuan untuk memperkembangkan pengetahuan atau teori pendidikan yang sudah ada. 3) Jenis penelitian verifikasi, yaitu penelitian untuk menguji kebenaran suatu pengetahuan atau suatu teori dalam bidang pendidikan.

8 b. Dari segi kegunaannya: 1) Penelitian Dasar (Fondamental Research) Dilakukan untuk menemukan pengetahuan baru, generalisasi baru maupun teori baru. 2) Penelitian Terapan (Applied Research) Dilakukan untuk memperbaiki proses sesuatu untuk menerapkan teori-teori yang ada.

9 3) Penelitian Tindakan (Action Research) Dilakukan terutama untuk mencari suatu dasar pengetahuan praktis dalam rangka memperbaiki keadaan atau situasi yang dilakukan secara terbatas.

10 4) Penelitian Evaluasi (Evaluation Research) Dilaikukan dengan tujuan untuk melakukan penilaian terhadap pelaksanaan suatu kegiatan yang sedang dilakukan. 5) Penelitian Assesmen (Assesment Research) Dilakukan untuk menentukan perubahan atau perbaikan individu setelah menjalani suatu treatment.

11 3. TUJUAN DAN KEGUNAAN PENELITIAN PENDIDIKAN a. Tujuan 1) Menemukan pengetahuan, teori, konsep atau dalih generalisasi baru tentang pendidikan. 2) Untuk memperbaiki atau memodifikasi teori pendidikan lama. 3) Untuk memperkokoh suatu teori atau generalisasi yang sudah ada.

12 b. Kegunaan Hasil penelitian dapat dijadikan: 1) Peta yang menggambarkan tentang keadaan pendidikan. 2) Sarana diagnosa. 3) Sarana untuk menyusun kebijakan (policy). 4) Sebagai dasar melukiskan tentang kemampuan dalam pembiayaan, peralatan, perbekalan serta tenaga kerja.


Download ppt "1. PENGERTIAN a. Penelitian berasal dari bahasa Inggris yaitu research (re berarti kembali, dan search berarti mencari). Dengan demikian research berarti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google