Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN DAN PRINSIP DASAR WIRAUSAHA ISLAM. Islam melarang bunga tetapi memungkinkan. Ini mendorong perdagangan sebagai suatu pekerjaan dan keuntungan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN DAN PRINSIP DASAR WIRAUSAHA ISLAM. Islam melarang bunga tetapi memungkinkan. Ini mendorong perdagangan sebagai suatu pekerjaan dan keuntungan."— Transcript presentasi:

1 PENGERTIAN DAN PRINSIP DASAR WIRAUSAHA ISLAM

2 Islam melarang bunga tetapi memungkinkan. Ini mendorong perdagangan sebagai suatu pekerjaan dan keuntungan hal sebagai karunia dari Allah. PENGANTAR

3 DEFINISI 1.Peter F Drucker: Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different) 2.Thomas W Zimmerer: Kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari. 3.Andrew J Dubrin: Seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif (Entrepeneurship is a person who founds and operates an innovative business)

4 Dalam Islam Kewirausahaan berarti: Kegiatan yang dilakukan oleh orang atau sekelompok orang dengan melihat peluang yang ada, kemudian membuka usaha dalam bidang produksi atau distribusi barang ejonomi atau jasa, memelihara dan membesarkannya dengan mencurahkan seluruh tenaga dan pikiran dengan maksud memperoleh keuntungan serta sebagai salah satu wujud ibadah kepada Allah SWT

5 PRINSIP DASAR Menyadari adanya suatu aturan yang bersifat tetap dan ada yang berubah. Aturan yang bersifat tetap adalah masalah aqidah sedangkan yang selalu mengalami perubahan adalah dalam hal bermuallah. Inovatif, yaitu mampu membuat sesuatu yang berbeda dari orang lain, sebagaimana dalam Al- Quran dijelaskan bahwa manusia sebagai “pemimpin” dalam usahanya memakmurkan bumi dan senantiasa selalu melakukan perubahan- perubahan dalam hal yang positif

6 Selalu bersungguh-sungguh dan bekerja keras dalam setiap usaha agar dapat bermanfaat bagi orang lain. Hal ini berlandaskan pada Al-Quran yang menjelaskan bahwa sebaik-baiknya orang adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain Usahanya berkelanjutan, seorang muslim hendaknya memikirkan generasi penerus dari usaha yang dia bangun, tidak hanya mementingkan usaha pada masanya saja. Hal ini berdasarkan QS. An Nisa: 9 “hendaklah merasa khawatir orang-orang yang meninggalkan keturunannya dalam keadaan lemah, khawatir akan masa depan mereka.

7 ETIKA Sedikit untung banyak laku Mudah dan menyenangkan Jujur Tepat janji Zikir dan doa Banyak sedekah

8 CONTOH Dompet Duafa Bank Syariah


Download ppt "PENGERTIAN DAN PRINSIP DASAR WIRAUSAHA ISLAM. Islam melarang bunga tetapi memungkinkan. Ini mendorong perdagangan sebagai suatu pekerjaan dan keuntungan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google