Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Yayasan Tarakanita Wilayah Lahat 26 – 28 Maret 2012 MENYUSUN KTSP dengan Pola Pikir BACKWARD DESIGN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Yayasan Tarakanita Wilayah Lahat 26 – 28 Maret 2012 MENYUSUN KTSP dengan Pola Pikir BACKWARD DESIGN."— Transcript presentasi:

1 Yayasan Tarakanita Wilayah Lahat 26 – 28 Maret 2012 MENYUSUN KTSP dengan Pola Pikir BACKWARD DESIGN

2 BACKWARD DESIGN Tujuan yang tidak jelas dapat menyebabkan kebingungan Kita sering kali meloncat pada aktivitas pembelajaran di kelas atau MATERI tanpa menjelaskan TUJUAN PEMBELAJARAN terlebih dulu Tujuan Pembelajaran: JELAS, KHUSUS Tujuan yang jelas membantu guru dan siswa untuk TERFOKUS Refleksi

3 BACKWARD DESIGN TUJUAN dan BUKTI BELAJAR yang JELAS membuat pembelajaran menjadi EFEKTIF Bukti belajar dan tujuan yang jelas membantu guru memilih STRATEGI pembelajaran yang sesuai Refleksi

4 Hasil survey

5

6 RUMUSAN MASALAH Sebagian besar para guru belum mengetahui konsep Backward Design Tingkat pemahaman (persepsi) Guru SMP St. Yoseph mengenai hakekat atau prinsip Backward Design masih rendah. Guru masih memiliki pemahaman konsep yang umum terjadi di luar pembelajaran siswa yakni tujuan, strategi, dan bukti hasil belajar

7 TUJUAN WORKSHOP Membantu para Supervisor dan para Guru memahami kerangka pikir dan prinsip Backward Design Meningkatkan kemampuan para guru dalam membuat rancangan pembelajaran kurikulum berdasarkan Backward Design

8 FOKUS Pelaksanaan pelatihan yang difokuskan pada merubah pola pikir “lama” ke dalam kerangka pikir Backward Design Para guru mampu menentukan tujuan, bukti hasil belajar, dan strategi pembelajaran serta jabaran dari masing- masing elemen tersebut Perencanaan pembelajaran tahun sudah berdasarkan kerangka pikir Backward Design.

9 OUTCOMES Short term: Para guru dan supervisor memiliki pengetahuan baru tentang kerangka pikir dan prinsip Backward Design Para guru dan supervisor memiliki keterampilan baru dalam merancang perangkat pembelajaran kurikulum berdasarkan Backward Design Intermediate: Para guru membuat rancangan perangkat pembelajaran kurikulum berdasarkan Backward Design Long term: Para guru semakin kompeten dalam membuat rancangan perangkat pembelajaran kurikulum berdasarkan Backward Design

10 INDIKATOR Short term: 90 % guru pada saat pelatihan mampu membuat satu contoh design pembelajaran berdasarkan Backward Design dari satu KD untuk masing-masing mata pelajaran. Intermediate: Pada saat mentoring, para guru sudah membuat perangkat pembelajaran kurikulum berdasarkan Backward Design untuk satu semester Long term: Penilaian DP3 komponen fungsional 80% guru baik dan 20% guru sangat baik.

11 BACKWARD DESIGN DOKUMEN AKTIVITAS Pandangan Tentang Kurikulum

12 BACKWARD DESIGN RANCANGAN URUTAN DESIGN

13 BACKWARD DESIGN MENGAPA “BACKWARD“ ?

14 BACKWARD DESIGN Saya ingin siswaku MAMPU MELAKUKAN apa ya? PRODUK SEPERTI APA yang bisa mereka buat?

15 BACKWARD DESIGN

16 Kita terbiasa langsung melompat pada aktivitas pembelajaran di kelas tanpa menjelaskan pada siswa tujuan pembelajaran yang akan dicapai Dengan menentukan bentuk assessment di depan, kita memastikan adanya kesesuaian antara tujuan dan strategi pembelajaran dan bahwa mengajar itu berfokus pada hasil yang diinginkan

17 BACKWARD DESIGN GOAL EVIDENCESTRATEGY

18 BACKWARD DESIGN Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar MATERI POKOK INDIKATOR Understanding School Values Tujuan Dimana?

19 MERUMUSKAN MATERI POKOK PENGETAHUANKETERAMPILANSIKAP Apa yang harus DIKETAHUI siswa? Apa yang harus BISA DIBUAT / DIP RODUKSI / DI HASILKAN siswa? Apa yang harus BISA DIDEMONST RASIKAN / DI PERAGAKAN siswa? Apa yang harus DITERAPKA N siswa? 1. Unsur - Unsur Surat Lamaran Pekerjaa n 2. Struktur Surat Lamaran Pekerjaa n Surat Lamaran berdasark an iklan Penggunaa n kaidah - kaidah EYD dalam penulisan Surat Lamaran 1. Kejujura n 2. Keteliti an 3. Kesantun an berbahas a SK: Mengungkapkan Informasi dalam Bentuk Surat Dinas KD: Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Berdasarkan Unsur-Unsur dan Struktur

20 MERUMUSKAN INDIKATOR 1.Merumuskan MATERI POKOK Menambahkan KATA KERJA pada materi pokok yang sudah ditetapkan

21 MERUMUSKAN INDIKATOR PENGETAHUANKETERAMPILANSIKAP 1. Unsur - Unsur Surat Lamaran Pekerjaa n 2. Struktur Surat Lamaran Pekerjaa n Surat Lamara n berdas arkan iklan Pengguna an kaidah - kaidah EYD dalam penulisa n Surat Lamaran 1. Kejujuran 2. Ketelitian 3. Kesantunan berbahasa 1. MENGIDEN TIFIKASI unsur - unsur dalam surat lamaran pekerjaa n 2. MENJELAS KAN struktur surat surat lamaran pekerjaa n MEMBUA T surat lamara n pekerj aan berdas arkan iklan MEMPERBA IKI surat lamaran pekerjaa n dari segi struktur, diksi, kejelasa n kalimat, dan pengguna an EYD 1. Dalam membuat surat lamaran, siswa MENGGUNAKA N DATA yang SESUAI dengan keadaan siswa 2. MENUNJUKKA N SIKAP TELITI dalam membuat surat lamaran pekerjaan 3. MENUNJUKKA N KESANTUNAN berbahasa dalam membuat surat lamaran pekerjaan Tambahkan KATA KERJA

22 MERUMUSKAN UNDERSTANDING Pengetahuan- pengetahuan detil akan segera dilupakan… Pengetahuan yang lebih banyak tidak menjamin pemahaman yang lebih… Merumuskan Materi Pokok dan Indikator = BELUM CUKUP

23 MERUMUSKAN UNDERSTANDING UNDERSTANDING  KESIMPULAN yang memaknai berbagai elemen pengetahuan yang terpisah - pisah dan mungkin tampak sepele  Cara terbaik : MENGUNGKAP dan MELAKUKAN hal yang dipelajari ( Wiggins & McTighe, Understanding by Design, 2006) INDIKATOR : “ Siswa MAMPU untuk………..” UNDERSTANDING : “ Siswa MEMAHAMI bahwa……… ”

24 MERUMUSKAN SCHOOL VALUES Nilai - nilai hidup yang sesuai dengan Visi - Misi Sekolah ( Spiritualitas Sekolah ) COMPASS ION Credo & Celebration Competency of the brain Conviction Communion of community Creativity

25 FORMAT KTSP

26 BACKWARD DESIGN KDMATERI INDIKATOR UNDERS TANDING PENILAI AN SCHOOL VALUES SUMBER

27 EVIDENCE / BUKTI HASIL BELAJAR 1234 Satu bentuk asesmen hanya memberi gambara n minimal penguas aan siswa. Menggun akan lebih dari satu dapat menguku r lebih efektif Asesme n, selain menguk ur pemaha man, harus memban tu siswa meliha t koneks i dengan kontek s dunia nyata Selected Response Assesment ( PG, menjodohk an, jawaban singkat ) harus disertai dengan asesmen yang mengukur tingkat analisa, evaluasi, penerapan, dan penciptaa n ) Meranca ng bukti hasil belajar di depan membant u Guru meranca ng strateg i pembela jaran

28 EVIDENCE / BUKTI HASIL BELAJAR ASESMEN terdiri dari : 1. FORMATIF ASSESMENT Mengukur keefektifan pengajaran & proses belajar Ditujukan untuk melakukan penyesuaian - penyesuaian Dapat dilakukan beberapa kali dalam KD yang sama 2. SUMATIF ASSESMENT Mengukur tingkat pengetahuan / pemahaman siswa menyeluruh Ditujukan untuk melakukan evaluasi & penilaian Biiasanya dilakukan satu kali dalam satu KD

29 EVIDENCE / BUKTI HASIL BELAJAR TEKNIKBENTUK 1. TES TERTULISA. TES ISIAN B. TES URAIAN C. TES PILIHAN GANDA D. TES MENJODOHKAN E. DLL 2. TES LISANA. DAFTAR PERTANYAAN 3. TES UNJUK KERJAA. TES IDENTIFIKASI B. TES SIMULASI C. UJI PETIK KERJA PRODUK / HASIL D. UJI PETIK KERJA PROSEDUR / PROSES E. UJI PETIK KERJA PROSEDUR DAN PRODUK

30 EVIDENCE / BUKTI HASIL BELAJAR 4. PENUGASANA. TUGAS PROYEK B. TUGAS RUMAH 5. OBSEVASILEMBAR OBSERVASI 6. WAWANCARAPEDOMAN WAWANCARA 7. PORTO FOLIO DOKUMEN PEKERJAAN, KARYA DAN / ATAU PRENSENTASI SISWA

31 EVIDENCE / BUKTI HASIL BELAJAR 1 Informa l check underst anding ( observa si, think loud ) Quiz dan Test Academi c prompts ( pertany aan terbuka ) 3 Tugas pribadi Rubrik Pertany aan - pertany aan refleks i 2 Nyata, disimul asikan Konteks tual Rubrik Assesme nt Lain ( AL ) Self Assesme nt ( SA )

32 BUKTI HASIL BELAJAR Nilai adalah pencapaian hasil belajar peserta didik secara komulatif dalam satu semester. Komulatif artinya perata-rataan dari: setiap nilai ulangan harian per kompetensi dasar, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester. Bobot setiap ulangan harian sama dengan bobot ulangan tengah semester dan akhir semester

33 BACKWARD DESIGN UH1 + UH2 + UH3...dst. + UTS + UAS NR= Banyaknya UH, UTS, dan UAS Semua nilai dinyatakan dengan angka skala

34 BACKWARD DESIGN UH1: 70 UH2: 80 UH3: UH4: 80 NR= UH5: 65 8 UH6: 70 NR= 74 UTS: 65 UAS: 70

35 THANKS AND REGARDS “Hargailah proses lebih daripada hasilnya”

36 Taksonomi Bloom Revisi Quality Questioning Urutan dari rendah ke tinggi : 1.Mengingat 2.Memahami 3.menerapkan 4.Menganalisis 5.Mengevaluasi 6.Mencipta


Download ppt "Yayasan Tarakanita Wilayah Lahat 26 – 28 Maret 2012 MENYUSUN KTSP dengan Pola Pikir BACKWARD DESIGN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google