Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kegiatan Sosialisasi KSM. 1.Sosialisasi awal tingkat kelurahan Siapa yang harus diundang sebagai peserta? Apa yang harus disiapkan fasilitator? Materi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kegiatan Sosialisasi KSM. 1.Sosialisasi awal tingkat kelurahan Siapa yang harus diundang sebagai peserta? Apa yang harus disiapkan fasilitator? Materi."— Transcript presentasi:

1 Kegiatan Sosialisasi KSM

2 1.Sosialisasi awal tingkat kelurahan Siapa yang harus diundang sebagai peserta? Apa yang harus disiapkan fasilitator? Materi saja yang harus disosialisasikan di awal? Media apa saja yang bisa dipergunakan?

3 2. Lokakarya Pembangunan KSM Siapa yang harus diundang sebagai peserta? Apa yang harus disiapkan fasilitator? Materi saja yang harus dilokakaryakan? Media apa saja yang bisa dipergunakan? Metodologi apa yang harus dipergunakan?

4 3. Sosialisasi Menerus Pendampingan KSM Siapa sasaran sosialisasi? Siapa yang melaksanakan kegiatan sosialisasi? Materi saja yang harus disosialisasikan? Media apa saja yang bisa dipergunakan?

5 Pesan Dasar dan Contoh Media Sosialisasi KSM

6 Pesan Dasar 1: Kelompok yang kuat adalah kelompok yang dapat menumbuhkan rasa saling percaya di antara anggota yang didasari oleh keterbukaan, rasa saling menghargai, kesetaraan, keadilan, tanggung jawab dan kejujuran.

7 Pesan Dasar 2: Pancasutra (Lima Aturan Dasar) yang harus ditegakkan dalam Kelompok: 1.Pertemuan Rutin 2.Tabungan 3.Pencatatan 4.Pinjaman dalam Kelompok 5.Angsuran Anggota

8 Pesan Dasar 2.1: Pertemuan Rutin : Jadwal pertemuan rutin ditentukan oleh anggota kelompok secara musyawarah Tempat pertemuan bisa bergantian di tempat anggota. Semua anggota siap memimpin pertemuan bila rumahnya menjadi tempat pertemuan. Ini sebagai pembelajaran dalam kepemimpinan kelompok kecil.

9 Pesan Dasar 2.2: Tabungan: Tabungan rutin ini dilakukan sebagai proses pembelajaran dalam menolong dirinya sendiri melalui kegiatan menabung (self-help) dan menolong sesama anggota kelompok melalui kegiatan pinjaman (Mutual help). Tabungan rutin dapat berbentuk uang atau lainnya, sesuai kemampuan dan kesepakatan anggota kelompok. Dalam pertemuan pertama disepakati bentuk dan besarnya tabungan

10 Pesan Dasar 2.3: Pencatatan: Melakukan pencatatan kegiatan dan keuangan kelompok yang dilakukan

11 Pesan Dasar 2.4: Pinjaman dalam Kelompok: Melaksanakan perguliran pinjaman dalam kelompok. Kelompok dapat memulai pinjaman dalam kelompok segera setelah ada permintaan dari anggotanya, bahkan dapat dimulai dari pertemuan pertama

12 Pesan Dasar 2.4: Angsuran Anggota: Melaksanakan angsuran pinjaman kepada kelompok melalui

13 Pesan Dasar 3: KETENTUAN MENJADI ANGGOTA KELOMPOK:  Anggota kelompok berasal dari warga masyarakat/ rumah tangga miskin hasil pemutakhiran data PS-2  Setiap keluarga miskin diwakili 1 orang sebagai anggota kelompok  Bersedia menabung sesuai kemampuan anggota dalam setiap pertemuan mingguan  Bersedia bekerjasama dalam kelompok  Siap meluangkan waktu untuk mengikuti pertemuan rutin mingguan maupun pelatihan kelompok  Syarat lain yang disepakati oleh warga masyarakat/ rumah tangga miskin

14 Pesan Dasar lainnya????

15 Contoh Media Sosialisasi KSM

16 Buku Petunjuk Teknis KSM Untuk siapa???

17 POB Kegiatan Sosial Untuk siapa???

18 Pand uan OJT Pendam pingan KSM Untuk siapa???

19 Media Warga Sudah ada di tiap desa kan???

20 Lembar Balik Untuk siapa???

21 Buku Saku KSM

22 Poster, Brosur, dll Silahkah rancang dengan sederhana sesuai karakter wilayah masing-masing!!!


Download ppt "Kegiatan Sosialisasi KSM. 1.Sosialisasi awal tingkat kelurahan Siapa yang harus diundang sebagai peserta? Apa yang harus disiapkan fasilitator? Materi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google