Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Hakikat Kehidupan manusia 2. Tiap apa yang diciptakan Allah s.w.t pastilah ada maksud dan tujuannya. Dalam hal ini, demikian pula ketika Allah menciptakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Hakikat Kehidupan manusia 2. Tiap apa yang diciptakan Allah s.w.t pastilah ada maksud dan tujuannya. Dalam hal ini, demikian pula ketika Allah menciptakan."— Transcript presentasi:

1 Hakikat Kehidupan manusia 2

2 Tiap apa yang diciptakan Allah s.w.t pastilah ada maksud dan tujuannya. Dalam hal ini, demikian pula ketika Allah menciptakan manusia. Allah berfirman dalam Al Qur\’an menjelaskan,.. وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَاْلإِنْسَ إِلاَّ لِيَعْبُدُوْنِ \”Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (Adz-Dzariyat: 56). Manusia bersujud pada Allah, adalah langkah menuju insan yg bertakwa, firmannya, يَا أَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُواْ رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ وَالَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ artinya ; “Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang sebelummu, agar kamu bertakwa”. (Al Baqarah : 21)

3 Wujud dari sujud pada Allah s.w.t adalah dengan melaksanakan sholat, dan melalui sholat ini pula, kita sebagai manusia juga mengaku bahwa,.. إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ “Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan”. (Al Fatihah : 5) Meski Allah s.w.t telah menetapkan ketentuan tersebut, tapi tak semua manusia mutlak taat kepada syari’at yg ditetapkan Allah, karena dalam hidup di dunia ini manusia banyak menghadapi persimpangan. Dalam ebook 1001 kisah tauladan, dijelaskan bahwa Manusia hidup mehadapi enam persimpangan;

4 Abu Bakar Assidiq r.a. berkata “Sesungguhnya iblis berdiri didepan kamu, jiwa di sebelah kanan kamu, nafsu di sebelah kiri kamu, dunia di sebelah belakang kamu, dan anggota tubuhmu berada di sekitar tubuhmu, sedangkan Allah diatasmu. – Sementara iblis terkutuk mengajakmu untuk meninggalkan agama, – Jiwamu mengajak kearah maksiat, – Nafsumu mengajak memenuhi syahwat, – Dunia mengajak agar memilihnya dari pada akhirat, – Anggota tubuh mengajakmu melakukan dosa. – Dan Allah mengajakmu masuk syurga serta mendapat keampunannya, sebagaimana firmannya yg bermaksud “…Dan Allah mengajakmu ke syurga serta menuju keampunanNya…” – “Maka siapa yg memenuhi ajakan iblis, maka hilang agama darinya, – Sesiapa yg memenuhi ajakan jiwa, maka hilang dari-a nilai nyawa, – Sesiapa yg memenuhi ajakan nafsunya, maka hilang akal dari dirinya, – Siapa yg memenuhi ajakan dunia, maka hilang akhirat dari dirinya., dan – siapa yg memenuhi ajakan anggota tubuhnya, maka hilang syurga dari dirinya. – Dan siapa yg memenuhi ajakan Allah s.w.t maka hilang dari dirinya semua kejahatan dan ia memperoleh semua kebaikan”

5 Sesungguhnya iblis adalah musuh manusia, sementara manusia adalah sasaran iblis. Dalam Al Qur’an, Allah juga memberi peringatan kepada manusia, agar waspada dengan godaan iblis, Firman-Nya: يَابَنِي آدَمَ لاَ يَفْتِنَنَّ كُمُ الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُمْ مِنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْآتِهِمَا إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيْلُهُ مِنْ حَيْثُ لاَ تَرَوْنَهُمْ إِنَّا جَعَلْنَا الشَّيَاطِيْنَ أَوْلِيَاءَ لِلَّذِيْنَ لاَ يُؤْمِنُوْنَ ”Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh setan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapakmu dari surga. Ia menanggalkan pakaian keduanya untuk memperlihatkan kepada keduanya auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut- pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin- pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman.” (Al-A’raf: 27) Karena setan sebagai musuh kita, maka kita diperintahkan untuk menjadi musuh setan.

6 Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: إِنَّ الشَّيْطَانَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَاتَّخِذُوْهُ عَدُوًّا إِنَّمَا يَدْعُو حِزْبَهُ لِيَكُوْنُوا مِنْ أَصْحَابِ السَّعِيْرِ “Sesungguhnya setan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuhmu, karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala.” (Fathir: 6) Kerana iblis telah di golongkan Allah sebagai kaum yang sesat, maka ia minta pertangguhan pada Allah untuk menjerumuskan manusia menjadi orang yang tak taat pada Allah.

7 Firman Allah mengabarkan,.. قَالَ أَنْظِرْنِي إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُوْنَ. قَالَ إِنَّكَ مِنَ الْمُنْظَرِيْنَ. قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِي ْمَ. ثُمَّ لآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيْهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ وَلاَ تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِيْنَ ertinya (14) ”Iblis menjawab: ’Beri tangguhlah aku sampai waktu mereka dibangkitkan,(15). Allah berfirman: ’Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh.’(16). Iblis menjawab: ’Karena Engkau telah menghukumiku tersesat, aku benar- benar akan (menghalang- halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus. (17) Kemudian aku akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur(ta’at)”. (Al Araf : 14-17).


Download ppt "Hakikat Kehidupan manusia 2. Tiap apa yang diciptakan Allah s.w.t pastilah ada maksud dan tujuannya. Dalam hal ini, demikian pula ketika Allah menciptakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google