Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

NEGOTIATION. Menurut Fisher dan Ury Komunikasi dua arah yang dirancang untuk mencapai kesepakatan pada saat kedua belah pihak memiliki kepentingan yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "NEGOTIATION. Menurut Fisher dan Ury Komunikasi dua arah yang dirancang untuk mencapai kesepakatan pada saat kedua belah pihak memiliki kepentingan yang."— Transcript presentasi:

1 NEGOTIATION

2 Menurut Fisher dan Ury Komunikasi dua arah yang dirancang untuk mencapai kesepakatan pada saat kedua belah pihak memiliki kepentingan yang berbeda Menurut Gary Godpaster Proses interaksi dan komunikasi yang dinamis dan beraneka ragam, mengandung seni dan penuh rahasia, untuk mencapai suatu tujuan yang dianggap menguntungkan para pihak

3 Oxford Dictionary “Pembicaran dengan orang lain dg maksud untuk mencapai kompromi atau kesepakatan utk mengatur atau mengemukakan.” Istilah-istilah lainnya : pertawaran, tawar-menawar, perundingan, perantaraan atau barter Ensiklopedia bebas : Sebuah bentuk perundingan antara pihak yang bertujuan untuk menghasilkan suatu persetujuan bersama menggunakan langkah-langkah tawar menawar seperti strategi, taktik, dan persyaratan

4 Para pihak bersedia bernegosiasi secara sukarela berdasarkan kesadaran yang penuh (willingness) Para pihak bersedia bernegosiasi secara sukarela berdasarkan kesadaran yang penuh (willingness) Para pihak memiliki kesiapan untuk melakukan negosiasi (preparednees) Para pihak memiliki kesiapan untuk melakukan negosiasi (preparednees) Para pihak memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan (authoritative) Para pihak memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan (authoritative) Para pihak memiliki kekuatan yang relatif seimbang (relative equal bargaining power) Para pihak memiliki kekuatan yang relatif seimbang (relative equal bargaining power) Para pihak memiliki kemauan menyelesaikan masalah (sense problem solving) Para pihak memiliki kemauan menyelesaikan masalah (sense problem solving)

5 Negosiasi kompetitif vs Negosiasi kooperatif Negosiasi kompetitif vs Negosiasi kooperatif (G. Williams) (G. Williams) Negosiasi bertumpu pada posisi (positional based) vs Negosiasi bertumpu pada kepentingan (interest based) (Fisher dan Ury) Negosiasi bertumpu pada posisi (positional based) vs Negosiasi bertumpu pada kepentingan (interest based) (Fisher dan Ury) Negosiasi bersifat keras (hard) vs Negosiasi bersifat lunak (soft) (Fisher dan Ury) Negosiasi bersifat keras (hard) vs Negosiasi bersifat lunak (soft) (Fisher dan Ury) Negosiasi bersaing (menang kalah) vs Negosiasi kompromi (Gary Godpaster) Negosiasi bersaing (menang kalah) vs Negosiasi kompromi (Gary Godpaster)

6

7

8 1. Kemartiran, membunuh sandera & bunuh diri. 2. Mengurangi tuntutan agar tercapai kesepakatan 3. Menyerah kepada polisi.

9 1. Kumpulkan Personil dan Peralatan utk pam dan penyelamatan. 2. Tunjuk dan siapkan Sniper. 3. Tunjuk dan siapkan Jibom/han berbahaya. 4. Siapkan Negosiator

10 Ka Tim adalah perwira koord dan bertanggung jawab Negosiator : perunding utama dan sekunder/cadangan Intelijen adalah pengumpul informasi Perwira komunikasi, penghub. dlm mengelola krisis. Tim taktis, bertugas bila perundingan gagal Tim psikolog,: (1) pengembangan tim dan seleksi personil; (2) pemantauan kemajuan negosiasi & psikologis profil

11 1.Mampu melakukan empati. 2.Mampu dan mengerti usulan pihak lain, sehingga pihak-pihak yang terlibat dlm negosiasi bersedia merubah kondisi masing-masing. 3. Mampu atasi stres dan menyesuaikan diri terhdp situasi tak pasti serta tuntutans di luar perhitungan. 4. Mampu mengungkapkan gagasans sedemikian rupa, shg pihak lain memahami gagasan yg diajukan. 5. Cepat memahami latar belakang budaya pihak lain, dan dpt menyesuaikan diri terhadap keinginannya. The Five International Negosiation Skill Frederick J. Lanceley (FBI Hostage Negosiator)

12

13 - Mulai negosiasi dg tenang & minimalkan gangguan komunikasi. - Buka dialog dengan perkenalkan diri, berusaha untuk jujur. - Bangun hubungan baik, dengan panggilan hormat. - Bicara lebih lambat dan tenang tidak dominan. - Sesuaikan gaya bicara dan bahasa penyandera. - Tidak terpancing untuk bicara kasar. - Beri waktu penyandera untuk “curhat”. - Minta penjelasan bila tidak mengerti. - Memfokuskan pembicaraan dg penyandera. - Perhatian thd sikon semua pihak. - Melakukan negosiasi dan tekankan untuk berfikir positif.

14 - Negosiasi yang mengakhiri perang Korea butuh waktu 2 tahun dan 575 pertemuan. - Negosiasi Perjanjian negara Austria butuh waktu 8 tahun dan 400 pertemuan. - Negosiasi ttg Badan Tenaga Atom Internasional berlangsung selama hampir 3 tahun. - Hukum laut mengalami perdebatan lebih dari satu dekade.

15 1. Kumpulkan informasi 2. Memperpanjang situasi (besar kemungkinan akan berakhir dengan damai). 3. Menjamin keselamatan para sandera. (pelepasan, perawatan medis, makanan dan air) 4. Menjaga situasi tetap tenang. (positif, sikap optimis, meyakinkan akan berjalan damai). 5. Bina hub. dg penyandera, sandera dan Tim Tindak. (kredibel, kerjasama dan dpt interaksi) 6. Making a Deal 7. Tidak Membuat Deal

16 Tahap ini menghasilkan situasi: Penyandera menyerah dengan damai dan ditangkap. Polisi menyerang, penyandera terbunuh atau tertangkap. Tuntutan Penyandera diberikan, dan melarikan diri. Aksi penyandera dan dilanjutkan dengan tuntutan. Polisi telah berada di TKP, dan tuntutan telah diketahui. Sandera dan Penyandera berada di tempat yang sama. Tugas negosiator sangat berperan agar tawar menawar berhasil. (Ed Grabianowski)

17 1.Menjaga situasi tdk bertambah kacau 2.Atur komunikasi dg penyandera 3.Kumpulkan informasi sebanyak mungkin : a. Data-data dan nama-nama penyandera. b. Apa yang mereka tuntut dan apa yang mereka inginkan. c. Keadaan emosional mereka d. Kondisi sandera.

18 1.Menjaga situasi agar tetap normal 2.Menciptakan rasa kemanusiaan 3.Mengembangkan otoritas

19 1. Langkah-langkah kecil Selain pembicaraan, tawarkan untuk memberikan makanan/minuman dan obat-obatan. 2. Mengelola stres Kelola stres untuk ciptakan keselamatan sandera, tapi juga mungkin tingkatkan ketegangan penyandera untuk menyerah. 3. Menggali solusi Pembebasan para sandera selalu merupakan elemen penting.

20 1. Turunkan Mental Terkadang, hanya bicara, bicara dan bicara sudah cukup untuk membuat penyandera menyerah. Inilah Negosiasi yang ideal. 2. Melepaskan yang lemah Tergantung jumlah sandera, pelepasan anak-anak, orang tua dan orang-orang dengan kondisi medis dapat dinegosiasikan. 3. Konsesi bagi orang-orang Orang mungkin juga dapat ditukarkan dengan berbagai konsesi, mulai dari makanan dan untuk publisitas. 4. Serangan terakhir Apabila tdk tercapai kesepakatan dan diketahui bahwa penyandera akan membunuh sandera maka dilakukanlah penindakan dengan memperhatikan dampak kerugian seminimal mungkin.

21 Idealnya, situasi penyanderaan berakhir dengan semua orang bernafas lega (walaupun beberapa dari mereka di borgol).

22


Download ppt "NEGOTIATION. Menurut Fisher dan Ury Komunikasi dua arah yang dirancang untuk mencapai kesepakatan pada saat kedua belah pihak memiliki kepentingan yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google