Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Budi Sugandi. QS Al Baqoroh : 183-185 Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Budi Sugandi. QS Al Baqoroh : 183-185 Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu."— Transcript presentasi:

1 Budi Sugandi

2 QS Al Baqoroh : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (183) [yaitu] dalam beberapa hari yang tertentu. …..(184) [Beberapa hari yang ditentukan itu ialah] bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan [permulaan] Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia…..(185)

3 Sebelum puasa Ramadhan Puasa tiga hari setiap bulan dan puasa pada tanggal 10 Muharram (Asyura’). ”Rasulullah SAW berpuasa tiga hari pada setiap bulannya dan beliau berpuasa di hari Asyura.” (HR. Abu Daud) Dari Salamah bin Al-Akwa’ radhiyallahu ‘anhuma berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam memerintahkan seseorang dari suku Aslam: “Umumkanlah kepada masyarakat bahwa barangsiapa tadi pagi telah makan, maka hendaklah ia berpuasa pada sisa harinya. Dan barangsiapa belum makan tadi pagi, maka hendaklah ia berpuasa. Karena hari ini adalah hari Asyura’.” (HR. Bukhari dan Muslim) Puasa Ramadhan Perintah awal puasa : 10 Sya‘ban di tahun kedua setelah hijrah Rasulullah SAW menjalankan puasa Ramadhan hingga akhir hayatnya sebanyak sembilan kali

4 Puasa Nabi Daud Dari Abdullah bin Amru radhiyallahuanhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Shalat (sunnah) yang paling dicintai oleh Allah adalah shalat (seperti) Nabi Daud as. Dan puasa (sunnah) yang paling dicintai Allah adalah puasa (seperti) Nabi Daud alaihissalam. Beliau tidur separuh malam, lalu shalat 1/3-nya dan tidur 1/6-nya lagi. Beliau puasa sehari dan berbuka sehari. (HR. Bukhari) Dari Ibnu Umar radhiyallahuanhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Puasalah sehari dan berbukalah sehari. Itu adalah puasanya nabi Daud as dan itu adalah puasa yang paling utama. Aku menjawab,"Aku mampu lebih dari itu". Nabi SAW bersabda,"Tidak ada lagi yang lebih utama dari itu". (HR Bukhari )

5 Puasa Maryam Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini."(QS. Maryam: 26) Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina", maka Maryam menunjuk kepada anaknya. Mereka berkata: "Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih dalam ayunan?" Berkata Isa: "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi. (QS. Maryam : 28-30)

6 Puasa Yahudi Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata: “Nabi shallallalhu ‘alaihi wa salam tiba di Madinah, maka beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa hari ‘Asyura. Beliau bertanya kepada mereka: “Ada apa ini?” Mereka menjawab, “Ini adalah hari yang baik. Pada hari ini Allah menyelamatkan Bani Israil dari musuh mereka. Maka Nabi Musa berpuasa pada hari ini.” Nabi shallallalhu ‘alaihi wa salam bersabda, “Saya lebih layak dengan nabi Musa dibandingkan kalian.” Maka beliau berpuasa ‘Asyura dan memerintahkan para shahabat untuk berpuasa ‘Asura.”(HR. Bukhari dan Muslim)

7 Lebih Ringan Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. (QS. Al-Baqarah : 185) Puasa Maryam : puasanya akan menjadi batal kalau berbicara Puasa ramadhan : berbagai macam rukhshah atau keringanan (qodho, fidyah) dan haram puasa wishal (bersambung tanpa buka tanpa sahur) Lebih Sedikit Hanya dalam beberapa hari yang tertentu. (QS. Al-Baqarah : 184) -----Hanya dibulan Ramadhan Puasa Nabi Daud: selang sehari sepanjang tahun Disunahkan Sahur Yang membedakan antara puasa kita dan puasa ahli kitab adalah makan sahur. (HR. Muslim) Mintalah bantuan dengan menyantap makan sahur agar kuat puasa di siang hari. Dan mintalah bantuan dengan tidur sejenak siang agar kuat shalat malam. (HR. Ibnu Majah)

8 Mengetahui fiqh dan aturan2 puasa Menghayati Keutaman dan Manfaat Puasa Menjaga Puasa kita agar tetap utuh pahalanya Menghias Puasa kita dengan Ragam Amal yang disyariatkan di bulan Ramadhan Mempertahankan atau menjaga semua amal dengan istiqomah hingga akhir Ramadhan

9 Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda : “seorang faqih (ahli ilmu agama) lebih ditakuti syetan dari pada seribu ahli ibadah (tanpa ilmu) “. (HR Ibnu Majah) Fiqih Puasa: Syarat Puasa : Beragama Islam, Suci dari Haidh dan Nifas, Pada Hari Yang Dibolehkan Rukun Puasa : Niat dan menjaga dari yang membatalkan puasa

10 Puasa Wajib Dari Hafshah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Barang siapa yang tidak berniat sebelum fajar, maka tidak ada puasa untuknya.” (HR. Tirmidzy, An-Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad). Puasa Sunah Dari Aisyah radhiyallahuanha berkata bahwa Rasulullah SAW datang kepadaku pada suatu hari dan bertanya,“Apakah kamu punya makanan?”. Aku menjawab,”Tidak”. Beliau lalu berkata,”Kalau begitu aku berpuasa”. (HR. Muslim)

11 Menggugurkan dosa-dosa kita yang terdahulu “Barang siapa yang puasa Ramadhan dengan iman dan ihtisab, akan diampuni dosanya yang telah lalu.(HR. Bukhari Muslim)” “Shalat lima waktu, shalat jum’at sampai ke shalat jum’at berikutnya, puasa Ramadhan ke puasa Ramadhan berikutnya adalah sebagai penghapus (dosa) apabila perbuatan dosa besar ditinggalkan”. (HR. Muslim) Mendapatkan Syafaat dengan Puasanya “Puasa dan al-Qur’an akan memberi syafa’at kepada seorang hamba pada Hari Kiamat. Puasa berkata, ‘Wahai Rabbku, aku telah menghalanginya dari makan dan syahwatnya di siang hari, maka izinkan aku memberi syafa’at kepadanya.’ Al-Qur`an berkata, ‘Aku telah menghalanginya dari tidur di malam hari, maka izinkan aku memberi syafa’at kepadanya” (HR Ahmad)

12 Ibadah Puasa Khusus Buat Allah Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. (HR. Muslim)

13 Mendapatkan Dua Jenis Kebahagiaan Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. (HR. Muslim) Bau Mulutnya Disukai Allah Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi. (HR. Muslim)

14 Mendapatkan Surga Lewat Pintu Ar-Rayyan Di dalam surga ada sebuah pintu yang disebut pintu ar-Rayyan. Yang masuk melalui pintu itu di hari kiamat hanyalah orang-orang yang berpuasa, yang lainnya tidakmasuk lewat pintu itu. Dan diserukan saat itu,”Manakahorang-orang yang berpuasa?”. Maka mereka yang berpuasabangun untuk memasukinya, sedangkan yang lain tidak.Bilamana mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup dan tidak ada lagi yang bisa memasukinya. (HR Bukhori Muslim) Doanya Tidak Tertolak “Tiga orang yang tidak akan ditolak doanya: Imam yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka dan dan orag orang yang didzalimi. Doanya diangkat ke awan dan dibukakan baginya pintu langit dan Tuhan azza wa jalla berfirman: demi kemuliaanku saya pasti menolong engkau setelah ini. (HR.Ahmad)

15 menjalani sunnah-sunnah puasa serta menjauhi hal-hal yang bisa mengurangi pahala puasa.

16 mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka Umatku masih dalam kebaikan selama mendahulukan buka puasa dan mengakhirkan sahur.(HR. Ahmad)” Sahur itu barakah maka jangan tinggalkan meski hanya dengan seteguk air. Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang sahur. (HR Ahmad) Berdoa Saat Berbuka Bagi orang yang berpuasa ketika sedang berbuka ada doa yang tak akan ditolak.. (HR. Tirmidzy) Berbuka Dengan Ruthab, Kurma atau Air Dari Anas bin Malik ia berkata,"Rasulullah berbuka dengan rutab sebelum shalat, jika tidak terdapat rutab, maka beliau berbuka dengan tamr, jika tidak ada beliau meneguk air. (HR.Ahmad dan Abu Dawud) Dari Salman bin Amir radhiyallahuanhu bahwa RasulullahSAW bersabda,”Bila kalian berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma, karena kurma itu barakah. Kalau tidak adakurma, maka dengan air, karena air itu mensucikan. (HR.Abu Daud dan At-Tirmizy

17 Menjaga Lidah dan Anggota Tubuh Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Siapa yang tidak meninggalkan perkataan kotor dan perbuatannya, maka Allah tidak butuh dia untuk meninggalkan makan minumnya (puasanya). (HR Bukhari, Abu Daud, At-Tirmizy, An-Nasai, Ibnu Majah) Betapa Banyak Orang berpuasa tapi tidak mendapat (pahala) apa-apa dari puasanya kecuali hanya lapar, dan betapa banyak orang yang sholat malam (tarawih) tapi tidak mendapatkan apa-apa selain begadang saja (HR An-NAsai) Meninggalkan Nafsu dan Syahwat

18 Menjalankan Sholat Tarawih dan/atau Qiyam Ramadhan Barang siapa melakukan qiyam ramadhan dengan iman dan pengharapan, maka akan diampuni dosa-dosanya terdahulu (HR Bukhori) Tilawah dan Tadarus atau Mempelajari AlQuran Jibril alaihissalam mendatangi Rasulullah SAW pada tiap malam bulan Ramadhan dan mengajarkannya Al- Quran. (HR. Bukhari dan Muslim) “ yang terbaik di antara kalian adalah mereka yang mempelajari Al- Quran dan mengajarkannya kepada yang lain “ (HR Bukhori)

19 Memberi makan orang berbuka “Siapa yang memberi makan (saat berbuka) untuk orang yang puasa, maka dia mendapat pahala seperti pahala orang yang diberi makannya itu tanpa dikurangi sedikitpun dari pahalanya. (HR At-Tirmizy, An-Nasai, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaemah). Memperbanyak Sahadaqah “Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan. Dan kedermawanannya lebih lagi pada bulan Ramadhan ketika Jibril menemuinya. dan Jibril menemuinya setiap malam di bulan Ramadhan untuk tadarus Al-Qur’an. Sungguh Rasulullah SAW lebih murah hati melakukan kebaikan daripada angin yang berhembus”. ( HR Al Bukhari) Beri‘tikaf Aisyah RA berkata,”Bila telah memasuki 10 malam terakhir bulan Ramadhan, Nabi SAW menghidupkan malam, membangunkan keluarganya (istrinya) dan meninggalkan istrinya (tidak berhubungan suami istri). (HR. Bukhari dan Muslim)

20 Mempertahankan atau menjaga semua amal dengan istiqomah hingga akhir Ramadhan

21 Tidak lebih baik yang berbicara dari yang mendengar karena yang terbaik adalah yang mengamalkannya Wallahu ‘alam


Download ppt "Budi Sugandi. QS Al Baqoroh : 183-185 Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google