Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN MUTU Nama : Ririn Hindun M. Karim NIM : 08620052.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN MUTU Nama : Ririn Hindun M. Karim NIM : 08620052."— Transcript presentasi:

1

2 MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN MUTU Nama : Ririn Hindun M. Karim NIM :

3 PENDAHULUAN Perusahaan didirikan untuk menghasilkan suatu produk barang atau jasa. (yang di sebut juga manejemen operasi) adalah manejemen atas proses di mana sumber daya di gunakan untuk memproduksi barang atau jasa.

4 Metode-metode untuk meningkatkan efesiensi produksi Perusahaan dapat meningkatkan efisiensi produksi melalui metode-metode berikut ini. Teknologi Skala Ekonomis

5 A. TEKNOLOGI Perusahaan dapat meningkatkan efesiensi produksinya dengan menerapkan teknologi baru yang menggunakan teknologi yang telah di kembangkan dapat melekukan pekerjaan dengan lebih cepat.banyak proses produksi telah terotomatisasi (automated) atau dengan kata lain, pekerjaan-pekerjaannya telah di selesaikan oleh Mesin tanpa menggunakan tenaga manusia. Karena mesin dapat lebih murah biayanya dari pada sumber daya manusia, Maka otomatis dapat meningkatkan efesiensi produksi.

6 B. SKALA EKONOMIS Perusahaan juga dapat mengurangi biaya dengan mencapai skala (economis of scale), yaitu biaya rata-rata yang lebih rendah yang timbul akibat melakukan produksi dalam jumlah yang lebih besar. Untuk memahami bagaimana skala ekonomis dapat terjadi, kita lihat dua jenis biaya yang terkait dalam produksi suatu produk.  Biaya tetap (fixed cost)  Biaya variabel (variable cost)

7 Tabel Jumlah Buku yang Diproduksi Biaya Tetap Biaya Variabel ($2 per Unit) Total Biaya Biaya Rata- rata per Unit 1.000$40.000$2.000$42.000$42, , , , , , ,60

8 Grafik

9 GRAFIK

10 TUJUAN Tujuan dari penulisan ini adalah untuk meningkatkan produktifitas dan mutu yang menghasilkan suatu produk yaitu barang dan jasa dalam suatu perusahaan.

11 ANALISIS DAN PEMBAHASAN Kita lihat pula produksi sebuah buku yang membutuhkan sejumlah bahan baku (tinta dan kertas ) dan tenaga kerja kasar. Di asumsikan perusahaan percetakan memiliki biaya tetap (sewa plus mesin) sebesar $ per bulan. Beban ini akan tetap timbul tanpa melihat berapa jumlah buku yang di cetak.Di asumsikan biaya variabel produksi tetap buku adalah $2 per buku. Total biaya produksi buku itu setiap bulannya akan sama dengan biaya tetap plus biaya variabel. Ukuran utama efesiensi produksi adalah biaya rata-rata peerunit, yang di ukur sebagai total biaya di bagi dengan jumlah unit yang di produksi.perhatikanlah bagaimana biaya rata-rata akan turun ketika volume produksi naik.

12 TABEL Jumlah Produksi yang Diproduksi Total Pendapatan ( jumlah X Harga ) Total BiayaLaba 1.000$10.000$42.000$

13 GRAFIK

14 Lanjutan Di asumsikan masin-masing buku yang di produksi dapat di jual dengan harga $10.tampilan 1.2 menunjukan total pendapatan dan total biaya untuk berbagai jumlah yang di produksi. Total pendapan sama dengan jumlah buku yang di produksi di kali harga $10 per buku. Laba akan menunjukan perbedaan antara total pendapatan dengan total biaya.Perhatikan bahwa perusahaan akan mengalami kerugian pada jumlah yang kecil.

15 KESIMPULAN DAN SARAN Dari uraian pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan produktifitas dan mutu suatu barang atau jasa diperlukan adanya suatu metode-metode untuk meningkatkan efisiensi produksi. Dari tabel di atas, perusahaan berusaha untuk memperoleh pangsa pasar yang besar sehingga mereka dapat mencapai skala ekonomis. Dalam memproduksi suatu barang atau jasa kita harus memperhatikan aspek efisiensi produksi sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan mutu terhadap barang atau jasa tersebut. Dengan demikian suatu perusahaan dapat memperoleh profit yang optimum.

16 TERIMA KASIH


Download ppt "MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN MUTU Nama : Ririn Hindun M. Karim NIM : 08620052."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google