Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Contoh Kasus Perusahaan yang Menggunakan Jaringan Local Area Network (LAN) RS. Angkatan Laut Dr.Mintohardjo, Jakarta.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Contoh Kasus Perusahaan yang Menggunakan Jaringan Local Area Network (LAN) RS. Angkatan Laut Dr.Mintohardjo, Jakarta."— Transcript presentasi:

1 Contoh Kasus Perusahaan yang Menggunakan Jaringan Local Area Network (LAN) RS. Angkatan Laut Dr.Mintohardjo, Jakarta

2 Kelompok 3: Catur Bagus H Indah Suprihatin Hafida Yunie S Elis Ayu Wardhani

3 Local area network (LAN) merupakan suatu jaringan komputer yang dibentuk untuk menghubungkan PC dan perangkat digital lainya dalam radius setengah mil atau 500 meter. LAN secara khusus menghubungkan beberapa komputer di kantor kecil, semua komputer dalam satu bangunan, atau semua komputer di beberapa bangunan yang berdekatan.

4  Mempunyai pesat data yang lebih tinggi  Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit  Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.

5  Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing)  Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (Printer Sharing)  File-file data dapat disimpan pada server, sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan, yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin  File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di kontrol  Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat

6 Rumah Sakit Angkatan Laut Dr.Mintohardjo merupakan salah satu perusahaan yang menggunakan jaringan LAN. Tipe jaringan LAN (local Area Network) yang ada pada RS. AL Dr.Mintohardjo menggunkan metode Client-Server, Topologi yang digunakan pada RS. AL Dr.Mintohardjo adalah topologi Star. Topologi ini digunakan karena jaringan LAN pada RS. AL Dr.Mintohardjo adalah jaringan yang besar dan membutuhkan penghubung yang banyak.

7 Keuntungan topologi ini adalah jika kabel terputus hanya mempengaruhi satu terminal. Terminal dapat ditambahkan dengan mudah, tanpa mempengaruhi keseluruhan jaringan. Konfigurasi TCP/IP menggunakan kelas C, dengan IP address sampai dengan , dari IP address ini juga dapat diketahui bahwa jaringan LAN pada RS. AL Dr.Mintohardjo memiliki 240 unit client. Dengan adanya LAN ini, maka setiap gedung yang terpisah-pisah di RS. AL Dr.Mintohardjo dapat saling berhubungan satu sama lain. Jaringan komputer RS. AL Dr.Mintohardjo juga terkoneksi ke internet untuk pengiriman dan penerimaan informasi dari kantor direksi maupun ke kantor unit.

8 1. Jaringan komputer yang digunakan di RS. AL Dr.Mintohardjo adalah jaringan LAN yang bertopologi star dan berbasis client/server. 2. Jaringan tersebut dapat tercipta karena adanya perangkat-perangkat jaringan (berupa : kartu jaringan, hub, kabel jaringan dan konektor, router, repeater, gateway, modem eksternal), protokol jaringan, IP Address, SubnetMask, dan DNS. 3. Dalam Jaringan LAN RS. AL Dr.Mintohardjo menggunakan 1 (satu) unit server dan beberapa client. 4. Jaringan yang berbasis client/server artinya server dapat mengakses client, tetapi client tidak dapat mengakses server. Itu terjadi karena adanya security yang membatasi hak akses setiap client.

9

10  Laudon, Kenneth C. dan Laodon, Jane P. “Sistem Informasi Manajemen.” Salemba Empat, Jakarta.2007  alisa-jaringan-komputer-di-rs-angkatan-laut-dr- mintohardjo/ alisa-jaringan-komputer-di-rs-angkatan-laut-dr- mintohardjo/  tian-dan-fungsi-jaringan-wan-man.html tian-dan-fungsi-jaringan-wan-man.html

11


Download ppt "Contoh Kasus Perusahaan yang Menggunakan Jaringan Local Area Network (LAN) RS. Angkatan Laut Dr.Mintohardjo, Jakarta."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google