Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tim Asisten 1. HAFIZ MAULANA,ST 2. TIFFANY ULFAH,ST 3. RINALDO ALEXANDER 4. ILHAM HIDAYAT 5. NOVI EKA FITRIANI 6. DEDE EKA KURNIADI 7. ASTUTI 8. EVELYN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tim Asisten 1. HAFIZ MAULANA,ST 2. TIFFANY ULFAH,ST 3. RINALDO ALEXANDER 4. ILHAM HIDAYAT 5. NOVI EKA FITRIANI 6. DEDE EKA KURNIADI 7. ASTUTI 8. EVELYN."— Transcript presentasi:

1

2

3 Tim Asisten 1. HAFIZ MAULANA,ST 2. TIFFANY ULFAH,ST 3. RINALDO ALEXANDER 4. ILHAM HIDAYAT 5. NOVI EKA FITRIANI 6. DEDE EKA KURNIADI 7. ASTUTI 8. EVELYN MONIKA T 9. ASNI 10. MUHAMMAD SALEH 11. AGUNG ADRIAN QAUSAR 12. KRISTINUS 13. ZEV AL JAUHARI 14. BAYU SUGARA 15. ANITA LESYA 16. RAHMAT RAMLI 17. PUTRI UTAMI RESMANA 18. RIDHO AIDIL FITRAH 19. SUMI HARNTA 20. SHAZALI A.A 21. ALMAS SEPTIADI 22. INDAH FARADILA

4 PENGENALAN MEKANIKA REKAYASA I  Merupakan salah satu ilmu dalam bidang teknik sipil dalam hal menganalisis struktur

5 Struktur adalah segala sesuatu yang memikul/menerima beban  Gaya, vektor yang mempunyai besaran dan arah  Beban, dalam suatu stuktur pasti ada beban. Dapat bentuk beban mati (berat sendiri), beban hidup, beban gempa, beban angin dll  Beban terpusat, terkonsentrasi pada suatu titik  Beban merata, beban yang terbagi secara merata baik ke arah memanjang maupun ke arah luas  Reaksi yang timbul akibat beban yang bekerja pada struktur disebut Reaksi perletakan, baik dari berat struktur itu sendiri maupun dari luar.  Tumpuan, merupakan perletakan konstruksi atau dukungan bagi konstruksi dalam meneruskan gaya-gaya ke pondasi

6 Jenis-jenis Tumpuan: 1. Tumpuan Sendi (pin)  Tumpuan sendi mampu memberikan reaksi arah vertikal & horizontal (dapat menahan gaya vertikal dan gaya horizontal) tetapi tidak dapat menahan momen. Cara kerja tumpuan sendi seperti engsel.

7 2. Tumpuan Rol  Tumpuan rol merupakan tumpuan yang dapat bergeser ke arah horizontal sehingga tidak dapat memberikan reaksi terhadap gaya horizontal, akan tetapi dapat memberikan reaksi terhadap gaya vertikal. Tumpuan rol juga tidak dapat memberikan reaksi terhadap momen yang bekerja.

8 3. Tumpuan Jepit  Tumpuan jepit merupakan suatu tumpuan yang dapat memberikan reaksi terhadap gaya vertikal, gaya horizontal dan momen (RV, RH, M).

9 RESPON STRUKTUR 1. Deformasi  Deformasi adalah perubahan bentuk, posisi, dan dimensi dari suatu benda [Kuang,1996]. Berdasarkan definisi tersebut deformasi dapat diartikan sebagai perubahan kedudukan atau pergerakan suatu titik pada suatu benda secara absolut maupun relatif.

10 2. Gaya Dalam  Gaya normal (N), yaitu gaya dalam yang bekerja searah sumbu balok.  Gaya normal dikatakan :  (+) Jika benda berada dala keadaan tertarik  (-) Jika benda dalam keadaan tertekan  Gaya lintang (L), yaitu gaya dalam yang bekerja tegak lurus sumbu balok.  Gaya lintang dikatakan :  (+) Jika terjadi pergesekan di antara 2 benda,dimana benda kiri ke atas dan benda kanan ke bawah  (-) Jika terjadi pergesekan di antara 2 benda,dimana benda kiri ke bawah dan benda kanan ke atas

11  Momen lentur (F), yaitu gaya dalam yang menahan lemtur sumbu balok  Momen dikatakan :  (+) Jika serat bawah batang tertarik dan serat atas batang tertekan  (-) Jika serat batang bawah tertekan dan serat atas batang tertarik

12 Rol Jepit  Sendi

13 KETENTUAN PENGERJAAN TUGAS BESAR MEKANIKA REKAYASA I  Praktikan mengikuti responsi umum, nilai akhir +5 poin  Nilai maksimal tiap tahap adalah 100 untuk rentang nilai 0-100,  Teknis Pengerjaan Tugas Besar  Tugas Besar Mekanika Rekayasa I terdiri dari empat tahap :  Tahap I : Simple Beam,  Tahap II : Kantilever dan Konsol,  Tahap III : Gerber,  Tahap IV : Rangka Batang.

14  Tiap tahap wajib diasistensikan kepada asisten masing-masing dan membawa lembar asistensi,  Jika praktikan mengerjakan benar dan ACC tepat waktu maka nilai tahap tersebut maksimal 100,  Jika praktikan mengerjakan benar tapi terlambat ACC (sebelum warning tahap selanjutnya) maka nilai tahap tersebut maksimal 80,  Jika praktikan mengerjakan benar tapi ACC sudah masuk warning ke tahap selanjutnya nilai maksimal tahap tersebut maksimal 65,

15  Jika praktikan mangerjakan benar tetapi ACC sudah lewat dari warning 2 tahap selanjutnya maka nilai tahap tersebut maksimal 45,  Jika praktikan mangerjakan benar tetapi tidak pernah asistensi dan tidak ACC tiap tahap nilai akhir maksimal 15,  Praktikan wajib mendapatkan ACC tahap dari asisten pembimbing sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya,  Verifikasi hasil perhitungan dilakukan menggunakan program SpaceGass versi Student,

16  Tugas dikerjakan pada kertas HVS ukuran A4 minimum 70 gram dengan format yang telah ditentukan,  Petunjuk penilaian berlaku sama untuk seluruh praktikan tugas besar Mekanika Rekayasa I tahun 2014,  Tugas besar bernilai 0 (nol) jika: A. Praktikan mengerjakan salah karena tidak pernah melakukan asistensi dan tidak mendapat ACC untuk tiap-tiap tahap, B. Ditemukan kecurangan pada proses pengerjaan Tugas Besar, baik mengubah soal tanpa sepengetahuan asisten maupun manipulasi data hasil perhitungan, C. Tidak mengumpulkan tugas besar pada waktu yang telah ditentukan.

17

18

19 Slide ini dapat di download di situs: lmsunand.wordpress.com


Download ppt "Tim Asisten 1. HAFIZ MAULANA,ST 2. TIFFANY ULFAH,ST 3. RINALDO ALEXANDER 4. ILHAM HIDAYAT 5. NOVI EKA FITRIANI 6. DEDE EKA KURNIADI 7. ASTUTI 8. EVELYN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google