Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BENTUK-BENTUK KORUPSI. Slide 2 entuk-bentuk Korupsi Suap Penggelapan, pemalsuan/penggelembungan Pemerasan Hadiah (gratifikasi) Nepotisme 1 2 3 4 5.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BENTUK-BENTUK KORUPSI. Slide 2 entuk-bentuk Korupsi Suap Penggelapan, pemalsuan/penggelembungan Pemerasan Hadiah (gratifikasi) Nepotisme 1 2 3 4 5."— Transcript presentasi:

1 BENTUK-BENTUK KORUPSI

2 Slide 2 entuk-bentuk Korupsi Suap Penggelapan, pemalsuan/penggelembungan Pemerasan Hadiah (gratifikasi) Nepotisme

3 Slide 3 Contoh entuk : Suap = Bribery Sebuah perbuatan kriminal Melibatkan sejumlah pemberian kepada seseorang Penerima pemberian mengubah perilakunya Bertentangan dengan tugas dan tanggung jawab 1 Pengendara mobil/motor yang ditilang polisi Pengusaha konstruksi bangunan menyuap pejabat pemerintah yang berwenang untuk memenangi tender proyek tertentu Koruptor menyuap hakim Mahasiswa menyuap dosen untuk memperoleh kelulusan atau nilai yang lebih baik Umum

4 Slide 4 entuk : Suap = Bribery (Cont’d) Transaktif: Pemberi dan penerima suap sepakat melakukan tindakan penyuapan demi keuntungan kedua belah pihak dan dengan aktif diusahakan tercapainya keuntungan oleh kedua belah pihak Berlangsung secara rahasia: Penyuap dan penerima suap berjanji bertemu di suatu tempat secara rahasia. Tanpa tanda terima, sehingga sulit dibuktikan 1 Ciri-ciri Enrichment: Di negara maju seperti USA, transaksi lebih banyak dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, kartu debit atau cek, sehingga semua transaksi tercatat dengan jelas. Untuk transaksi dengan nilai tertentu, misalnya USD 200, banyak toko yang menolak pembayaran secara cash, selain untuk menghindari uang paslu, hal ini merupakan kesadaran kolektif masyarakat untuk mengurangi potensi suap. Jadi: Transaksi secara cash meningkatkan potensi suap. Mengurangi transaksi secara cash merupakan salah satu cara menekan tingkat suap.

5 Slide 5 Contoh entuk : Penggelapan, Penggelembungan… Suatu bentuk korupsi Melibatkan pencurian uang, properti, dan barang berharga lain Dilakukan oleh seseorang atau lebih yang diberi amanat untuk menjaga dan mengurus uang, properti atau berharga tersebut 2 Menaikkan jumlah penerima dana bantuan berkali lipat dari jumlah aslinya. Jumlah korban Lapindo yang diputuskan menerima bantuan pemerintah digelembungkan dari 500 menjadi 2000 kepala keluarga. Uang hanya diberikan kepada 500, sedangkan sisanya korban fiktif dibagi kepada fihak-fihak yang bersekongkol dalam penggelembungan data tersebut Umum

6 Slide 6 entuk : Penggelapan….(Cont’d) Otogenik Mengacu kepada tindakan korupsi yang dilakukan sendiri (sepihak) tanpa melibatkan orang (pihak) lain 2 Ciri-ciri Enrichment: Saat bepergian ke berbagai negara, dengan mudah kita rasakan tingkat korupsi di negara bersangkutan dengan mengamati kualitas bangunan, infrastruktur dan sarana phisik lainnya. Hampir semua negara, termasuk negara miskin mempunyai peraturan standard bangunan yang tinggi (hampir setara dengan negara maju, karena regulasi gampang sekali ditiru, tinggal cut and paste), tetapi dalam prakteknya penggelembungan, penggelapan dll menyebabkan kualitas bangunan sangat rendah. Kualitas prasarana di India, Pakistan, dan Nigeria, sangat berbeda dengan di Malaysia, Singapura dan Korea….Kualitas bangunan milik pemerintah dan swasta di Indonesia sangat terasa sekali perbedaannya…..ini indikasi awal untuk melihat dimana saja incidence of corruption rentan terjadi.

7 Slide 7 Contoh entuk : Pemerasan = Extortion Suatu bentuk korupsi Menggunakan ancaman kekerasan Membujuk seseorang agar mau bekerjasama 3 Pemerasan oleh polisi terhadap pengusaha Pemerasan terhadap pejabat Pemerasan oleh anggota dewan Umum Enrichment: Pemerasan dilakukan oleh pihak yang mempunyai monopoli terhadap sesuatu. Pengurusan SIM & KTP merupakan contoh yang paling kongkrit, dimana masyarakat tidak mempunyai alternatif untuk mengurusnya selain di Kantor Kelurahan dan Kantor Polisi. Tidak adanya alternatif ini membuat masyarakat kerap menjadi sasaran empuk. Pertanyaannya, apakah privatisasi atau outsource pengurusan KTP dan SIM, dimana pemerintah menunjuk pihak swasta untuk melakukan proses KTP & SIM akan memecahkan masalah? Diskusikan kelebihan dan kekurangannya.

8 Slide 8 = Korupsi entuk : Hadiah = Gratifikasi Terbuka; Bukan rahasia; Tidak menyebabkan pelanggaran tugas dan hak publik maupun pemerintah; Tidak merupakan penggelapan dana pemerintah atau pemerasan publik 4 Hadiah tersebut disalahgunakan dan menjadi lahan subur “pemerasan” oknum Hadiah berpengaruh pada perubahan kebijakan/keputusan atau tanggungjawab penerima Pemberi hadiah memiliki self interest untuk mengeruk keuntungan jangka panjang Sifat Hadiah Hadiah ≠ Korupsi, jika………. Hadiah = Korupsi, jika……….

9 Slide 9 entuk : Hadiah = Gratifikasi Mengharuskan penerima hadiah melaporkan ke KPK selambat-lambatnya 30 hari setelah menerima hadiah tsb. Dalam rangka menghindarkan pejabat dari penyalahgunaan hadiah yang diberikan pengusaha, KPK melarang pejabat menerima hadiah parcel untuk hari-hari besar dan keagamaan. 4 UU no 21 Th 2001 Enrichment: Beberapa investment banking international mengatur bahwa staff tidak boleh menerima pemberian dari klien-nya senilai lebih dari USD 100. Apakah ini efektif? World Bank mensyaratkan agar staff menerima pemberian dari klien, dan pada lain kesempatan staff bersangkutan diharuskan untuk memberikan hadiah dengan nilai yang sama kepada klien bersangkutan, hal ini untuk mencegah: (1) Ketersinggungan klien atas penolakan hadiah, sehingga hadiah diterima, (2) Perasaan hutang budi dari staff, karena dia memberikan hadiah dengan nilai yang setara. Efektifkah kebijakan ini? Pls discuss. UU no 21 Th 2001 UU no 21 Th 2001

10 Slide 10 entuk : Nepotisme Memilih keluarga atau teman dekat Berdasarkan pertimbangan hubungan kekerabatan Bukan karena kemampuannya 5 UU no 21 Th 2001 Enrichment: Dibanyak negara manapun, sistim meritokrasi (berdasarkan ability/kemampuan yang dimiliki) telah menjadi dasar rekrutmen karyawan. Indonesia masih terus berkutat dengan dampak dari kentalnya KKN di masa Orde Baru. Meskipun kini cukup gencar pelaksanaan sistim meritokrasi ini di semua line, namun faktanya masih selalu saja terjadi proses rekrutmen yang diwarnai dengan usaha-usaha memasukkan keluarga, kerabat, teman tanpa ataupun dengan kesamaan daerah asal alias etnisitas - tanpa mempertimbangkan kemampuan. UU no 21 Th 2001 KKN

11 Slide 11 engapa ke 5 hal tersebut disebut korupsi? Pengkhianatan terhadap amanah Penyalahgunaan wewenang Pengambil keuntungan pribadi/lembaga dengan mengorbankan masyarakat umum Karakter Korupsi Enrichment: Pengambilan keuntungan pribadi dengan mengorbankan kepentingan umum adalah merupakan bentuk korupsi. Ada beberapa negara yang berbentuk kerajaan, dimana raja memiliki kekuasaan penuh atas segala kekayaan alam. Apakah kerajaan merupakan sistim yang secara genetik korup? Lalu mengapa beberapa negara dengan bentuk kerajaan dianggap lebih bersih dari Indonesia? Kalau sistim pemerintahan kerajaan tidak dianggap sebagai sistim yang korup, apakah jika pada tahun 90-an kita transform Indonesia menjadi kerajaan dgn Pak Harto sebagai rajanya…otomatis Indonesia menjadi negara yang tidak korup?


Download ppt "BENTUK-BENTUK KORUPSI. Slide 2 entuk-bentuk Korupsi Suap Penggelapan, pemalsuan/penggelembungan Pemerasan Hadiah (gratifikasi) Nepotisme 1 2 3 4 5."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google