Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Panduan praktis belajar VISUAL BASIC 6.0 Oleh TEAM AMIK MBP AMIK MBP 2007.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Panduan praktis belajar VISUAL BASIC 6.0 Oleh TEAM AMIK MBP AMIK MBP 2007."— Transcript presentasi:

1 panduan praktis belajar VISUAL BASIC 6.0 Oleh TEAM AMIK MBP AMIK MBP 2007

2 KONTROL PROGRAM Tujuan : Dapat menggunakan kontrol program, struktur kendali dan Struktur Perulangan.

3 Kontrol Program Untuk mengontrol jalannya program ada beberapa perintah yang dapat dilakukan dalam Visual Basi 6.0 yaitu :

4 Pencabangan On Error Pencabangan ini digunakan untuk penanganan kesalahan (error) dalam program. Bentuk penulisannya ada tiga jenis yaitu : 1. On Error GoTo 2. On Error Resume Next 3. On Error GoTo 0

5 On Error Goto menyebabkan penanganan Error Aktif, sehingga jika terjadi kesalahan program akan mencabang kesuatu baris atau label. Contoh : Private Sub Form_Activate() On Error Goto Pesan..... Pesan : MsgBox “Ini Pesan Kesalahan” End Sub On Error resume Next menyebabkan jika terjadi kesalahan, program akan melanjutkan ke baris program dibawah perintah yang salah.

6 Contoh : Private Sub Form_Activate() On Error Resume Next MsgBox “Pesan dikerjakan setelah mengabaikan Error” End Sub On Error GoTo 0 menyebabkan perangkap kesalahan yang sebelumnya dipasang menjadi tidak aktif (membatalkan penaganan kesalahan). Contoh : Private Sub Form_Activate() On Error GoTo 0 MsgBox “Jika Error lanjutkan ke baris berikutnya” End Sub

7 End Statement End dipakai untuk memaksa kontrol program berhenti dari suatu prosedur atau suatu blok program. Beberapa bentuk pernyataan End adalah sebagai berikut : End End Function End If End Property End Select End Sub End Type End With

8 Exit Statemen Exit dipakai untuk keluar dari blok program DO…Loop, For…Next, Function, Sub atau kode program properti. Beberapa bentuk pernyataan Exit…adalah sebagai berikut: Exit Do Exit For Exit Function Exit Property Exit Sub

9 Struktur Kendali Struktur kendali memungkinkan Anda untuk mengatur jalannya program. Jika dibiarkan tanpa diperiksa oleh statement control-flow, suatu logika program akan berjalan dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah. Hanya program yang sangat sederhana dapat ditulis tanpa control-flow.

10 Struktur Keputusan Struktur keputusan digunakan untuk menentukan keputusan dari beberapa kemungkinan yang mungkin timbul. Dalam Visual Basic 6.0 struktur keputusan terdiri dari statement If…Then…Else dan statemen Select Case.

11 Statement If…Then…Else Untuk mendefenisikan beberapa blok pernyataan yang akan dijalankan salah satu berdasarkan kondisi yang memenuhi syarat. Bentuk Umum: If Kondisi 1 Then [Blok Pernyataan-1] ElseIf Kondisi1 Then [Blok Pernyataan-2] Else [Blok pernyataan-n] End If

12 Contoh : Private Sub Form_Activate() Dim Umur As Integer Umur = InputBox("Masukkan Umur Anda :") If Umur < 5 Then MsgBox "Anda masih balita" ElseIf Umur < 12 Then MsgBox "Anda masih Anak-anak" ElseIf Umur < 17 Then MsgBox "Anda sudah remaja" Else MsgBox "Anda sudah Dewasa" End If End Sub

13 Nested If Nested If disebut juga dengan if bersarang yang merupakan pengembangan dari statemen If…Then…Else. Bentuk dasarnya sama, hanya saja dalam If bersarang jumlah If lebih banyak.

14 Bentuk Umum: If Kondisi 1 Then If Kondisi-a Then [Blok Pernyataan-a] ElseIf Kondisi-b Then [Blok Pernyataan-b] Else [Blok pernyataan-n] End If Else If Kondisi-a Then [Blok Pernyataan-a] ElseIf Kondisi-b Then [Blok Pernyataan-b] Else [Blok pernyataan-n] End If

15 Contoh : Private Sub Command1_Click() Dim Umur As Integer Dim Jenkel As String Jenkel = Text2.Text Umur = Val(Text3.Text) If Jenkel = "W" or Jenkel=“w” Then If Umur < 17 Then Label4.Caption = "Anda Wanita, jangan sembarangan Keluar Rumah" Else Label4.Caption = "Anda Wanita, sudah boleh pacaran" End If ElseIf Jenkel = "P" or Jenkel=“p” Then If Umur < 17 Then Label4.Caption = "Anda Pria, minta izin untuk bermain" Else Label4.Caption = "Anda Pria, boleh cari pasangan" End If End Sub

16

17 Statemen Select Case Select Case memiliki kemampuan yang sama dengan If…Then..Else, tetapi membuat kode lebih mudah dibaca. Select Case bekerja dengan suatu pekerjaan tunggal yang hanya dievaluasi satu kali pada struktur, jika ada yang sesuai, akan dijalankan blok statement yang sesuai. Bentuk Umum: Select Case Case Pernyataan-1 Case Pernyataan-2 Case Else Pernyataan-n End Select

18 Contoh : Private Sub Form_Activate() Dim Angka As Integer Angka = InputBox("Masukkan Angka [1-7] :") Select Case Angka Case 1: MsgBox "Ini hari Minggu" Case 2: MsgBox "Ini hari Senin" Case 3: MsgBox "Ini hari Selasa" Case 4: MsgBox "Ini hari Rabu" Case 5: MsgBox "Ini hari Kamis" Case 6: MsgBox "Ini hari Jumat" Case 7: MsgBox "Ini hari Sabtu" End Select End Sub

19 Struktur Perulangan Perulangan atau Looping memungkinkan Anda untuk melaksanakan proses lebih dari satu kali untuk satu kelompok baris. Kelompok baris tersebut akan dikerjakan terus-menerus hingga kondisi terpenuhi. Bentuk perulangan dalam Visual Basic 6.0 yang akan dibahas adalah : For…Next, Do While..Loop dan Do Until…Loop.

20 For … Next Perulangan yang digunakan dengan mengetahui berapa kali perulangan akan dilakukan. Oleh karena itu, Anda harus menentukan nilai awal dan nilai akhir. Bentuk : For Pencacah = awal To Akhir Step n Contoh : Private Sub Form_Activate() Dim Bil As Integer For Bil=1 To 10 Form1.Print Bil Next Bil End Sub

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

32

33

34 Do While…Loop Perulangan ini dapat digunakan jika Anda belum tahu berapa banyak perulangan yang akan dilakukan. Perulangan akan berhenti jika kondisi telah bernilai salah (false). Bentuk Umum: Do While Loop Contoh : Private Sub Form_Activate() Dim Bil As Integer Bil=1 Do While Bil <=10 Form1.Print Bil Bil=Bil+1 Loop End Sub

35 Do Until…Loop Bentuk perulangan ini hampir sama dengan bentuk Do While..Loop, perbedaanya adalah perulangan akan berhenti jika kondisi telah bernilai benar (true). Bentuk Umum: Do Until Loop Contoh : Private Sub Form_Activate() Dim Bil As Integer Bil=1 Do Until Bil >10 Form1.Print Bil Bil=Bil+1 Loop End Sub

36 Soal Rancanglah sebuah User Interface untuk melakukan perhitungan penjualan barang pada sebuah swalayan seperti di bawah: Total Harga = Jumlah Barang x Harga Satuan Diskon akan diberikan sebesar 10% jika total harga Rp keatas, 15% jika total harga Rp keatas, dan 25% jika total harga diatas Rp Total Bayar = Total Harga – Diskon Besaran Uang Kembalian = Besaran Uang Bayar – Total Bayar

37 Petunjuk : 1.Jalankan program maka seluruh kolom akan bersih dan penunjuk aktif pada kolom nama barang 2.Isi Kolom nama barang, jumlah barang dan harga satuan 3.Klik tombol Hitung atau Alt+H akan menampilkan hasil perhitungan pada kolom Total harga, diskon dan total bayar 4.Isi besaran uang pembayaran 5.Klik tombol Bayar atau Alt+B akan menampilkan besaran uang kembalian 6.Klik tombol Input atau Alt+I seluruh kolom bersih dan penunjuk aktif pada kolom nama barang. 7.Klik tombol Selesai atau Alt+I untuk mengakhiri

38

39 Private Sub Command1_Click() d = Val(b) ^ * Val(a) * Val(c) If d > 0 Then Label8.Caption = (Val(b) ^ 2 + Sqr(4 * Val(a) * Val(c))) / (Val(a) * 2) Label9.Caption = (Val(b) ^ 2 - Sqr(4 * Val(a) * Val(c))) / (Val(a) * 2) End If End Sub


Download ppt "Panduan praktis belajar VISUAL BASIC 6.0 Oleh TEAM AMIK MBP AMIK MBP 2007."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google