Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. KAPSUL  Suatu bentuk sediaan obat yang dibungkus dalam cangkang (shell). Cangkang dibuat dari gelatin, methyl celulosa maupun amylum. Bentuk kapsul.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. KAPSUL  Suatu bentuk sediaan obat yang dibungkus dalam cangkang (shell). Cangkang dibuat dari gelatin, methyl celulosa maupun amylum. Bentuk kapsul."— Transcript presentasi:

1

2 1. KAPSUL  Suatu bentuk sediaan obat yang dibungkus dalam cangkang (shell). Cangkang dibuat dari gelatin, methyl celulosa maupun amylum. Bentuk kapsul bulat telur ataupun silinder bersifat kenyal ataupun keras.  Tujuan sediaan kapsul menghilangkan bau obat dan menghilangkan rasa. Kapsul dapat dipecah dalam lambung dan bisa juga dipecah dalam usus. Penyimpanan kapsul harus dalam wadah tertutup rapat dan sebaiknya diberikan zat pengering; ditaruh ditempat yang sejuk.

3 a. Kapsul Keras (hard gelatin capsul) kapsul ini konsistensinya padat atau keras. Contoh: kapsul tetrasiklin, kapsul ampisilin, kapsul kloramfenikol, dll. b. Sustained Release Capsule Obat dalam bentuk ini di lepas secara pelan- pelan dan umumnya dimasukan obat-obat dalam bentuk granul.

4 c. Enteric Capsul Obat ini di pecah di dalam usus yang bertujuan agar tidak dirusak dilambung atau tidak mengiritasi lambung. Agar kapsulnya keras dimasukkan dalam larutan formal dehide d. Kapsul Lunak (elastic capsul) Kapsul ini dibuat dari gelatin. contoh: hemaviton dan sangobion.

5  Suatu sediaan obat dalam bentuk bubuk atau bedak.  Obat dalam bentuk ini dalam talk venetum sacharum lactis, glukosa maupun amilum.  Kejelekan : sediaan ini rasanya pahit sehingga harus diberikan coringensia seperti glukosa  Keuntungan : pembuatan mudah, mudah diminum dengan air, cepat diabsorbsi dan harganya murah.

6  Tablet adalah bentuk sediaan padat, umumnya berbentuk bundar, rata atau cembung rangkap.  Keuntungan : stabil, penyimpanan dan pemakaiannya mudah.  Dalam pembuatan tablet dapat ditambah bahan-bahan seperti amonium bromida, amonium klorida, kalium bikarbonat atau natrium bikarbonat. Dapat pula ditambahkan laktosa, glukosa, bahan pengembang (tepung, pectin, agar), zat pengikat (gelatin, gula).

7  Tablet Isap (Iozonge). Ditujukan agar obat bekerja secara lokal didalam mulut hingga kekerongkongan. Misalnya; untuk pengobatan faryngitis. contoh : strepcil, FG trochees.  Tablet yang dikunyah (chewable). dapat berupa antasida: obat maagh dan vitamin.  Coated Tablet (Tablet Lapis). Jenis pelapisnya dapat berupa: dragee (lapis luar dengan gula), film (lapis luar), dan Enteric coated (lapis dalam).

8  Sustained Realease Tablet (tablet bersalut enteric atau retare tablet). Obat ini dilepaskan sedikit demi sedikit sehingga efeknya maksimal (prolonged action).  Effervescen Tablet  Vaginal Tablet

9  Suatu sediaan yang bulat mengandung satu atau lebih bahan obat terdiri dari remedia dan bahan tambahan.  Bahan tambahan mempunyai lima komponen antara lain : zat pengisi, zat pengikat, zat pembasah, zat penabur dan zat penyalut.  Pillula bentuknya kecil, bulat dan juga dapat berupa oval berisi mg. Penampangnya kurang dari 5mm. Contoh: CTM.

10  Sediaan padat yang digunakan melalui anus, pada umumnya berbentuk torpedo, dapat melarut, melunak atau melelh pada suhu tubuh.  Syarat suppostoria; padat pada suhu kamar, cair pada suhu badan, dapat melepaskan remidium yang terkandung didalamnya dan vehicelnyaharus dapat larut dalam air. Contoh vehiculum; lemak coklat dari biji coklat, poly ethylen glycol.

11 TERIMAKASIH


Download ppt "1. KAPSUL  Suatu bentuk sediaan obat yang dibungkus dalam cangkang (shell). Cangkang dibuat dari gelatin, methyl celulosa maupun amylum. Bentuk kapsul."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google