Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

2 tentang Manusia dan Masyarakat  Manusia sbg makhluk sosial/zoon politicon Ada tenden individualis & tenden sosial.  Bentuk masyarakat berdasar pembentukannya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "2 tentang Manusia dan Masyarakat  Manusia sbg makhluk sosial/zoon politicon Ada tenden individualis & tenden sosial.  Bentuk masyarakat berdasar pembentukannya."— Transcript presentasi:

1

2 2 tentang Manusia dan Masyarakat  Manusia sbg makhluk sosial/zoon politicon Ada tenden individualis & tenden sosial.  Bentuk masyarakat berdasar pembentukannya : 1. Teratur dengan tujuan tertentu, 2. Teratur dengan sendirinya/persamaan kepentingan, 3. Masyarakat tidak teratur.

3 3 Bentuk Masyarakat dasar hubungan : Bentuk masyarakat menurut dasar hubungan : 1. Paguyuban (gemeinschaft), 2. Patembayan (gesselschaf). perikehidupan, kebudayaan : Bentuk masyarakat berdasar perikehidupan, kebudayaan : 1. Primitif, 2. Desa & Kota, 3. Teritorial, 4. Genealogis, 5. Teritorial Genealogis. Hubungan Keluarga : Bentuk masyarakat menurut Hubungan Keluarga : 1. Nuclear family, 2. Extended family, 3. Suku bangsa, 4. Bangsa

4 4 Kelompok-kelompok Sosial Kesatuan manusia yang hidup bersama dari adanya hubungan di antara mereka SYARAT-SYARAT SUATU KELOMPOK SOSIAL ; 1.SETIAP WARGA KELOMPOK HARUS SADAR BAHWA IA MERUPAKAN SEBAGIAN WARGA KELOMPOK DARI YANG BERSANGKUTAN; 2.ADA HUBUNGAN TIMBAL BALIK ANTARA WARGA YANG SATU DENGAN WARGA-WARGA YANG LAIN (INTERAKSI); 3.TERDAPAT SUATU FAKTOR (ATAU BEBERAPA FAKTOR) YANG DIMILIKI BERSAMA OLEH WARGA-WARGA KELOMPOK ITU SEHINGGA HUBUNGAN ANTARA MEREKA BERTAMBAH ERAT. (FAKTOR ITU DAPAT BERUPA : NASIB YANG SAMA, KEPENTINGAN DAN TUJUAN DLL) 4.ADA STRUKTUR; 5.ADA PERANGKAT KAIDAH-KAIDAH; 6.MENGHASILKAN SISTEM TERTENTU.

5 HUKUM DIPERLUKAN KETIKA TERJADI INTERAKSI SOSIAL DIANTARA SESAMA (KELOMPOK) MANUSIA DALAM UPAYA MENCARI KEADILAN CONTOH ; JUAL BELI, SEWA MENYEWA, DLL INTERAKSI SOSIAL ADALAH ASPEK INTI BAGI BERLANGSUNGNYA KEHIDUPAN BERSAMA. MENURUT SOERJONO SOEKANTO, INTERAKSI SOSIAL DIDEFINISIKAN SEBAGAI HUBUNGAN SOSIAL YANG DINAMIS, YANG MENYANGKUT HUBUNGAN ANTARA ORANG PERORANG, ANTARA KELOMPOK-KEMOMPOK MANUSIA MAUPUN ANTARA ORANG PERORANG DENGAN KELOMPOK MANUSIA. MAKNANYA : INTERAKSI SOSIAL MERUPAKAN WADAH YANG BERFUNGSI SEBAGAI PEREKAT DALAM KEHIDUPAN SOSIAL, BAIK DALAM KONTEKS KEHIDUPAN PRANATA KELUARGA MAUPUN DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT SECARA KESELURUHAN.

6 6 SOCIAL STRATIFICATION : Dalam perspektif Normatif, tidak dikenal “Stratifikasi Sosial” karena setiap orang memiliki hak yang sama dihadapan hukum “Equality Before the Law” Namun berdasarkan analisis dari ARISTOTELES, didalam tiap-tiap negara terdapat 3 unsur lapisan masyarakat yaitu mereka yang kaya sekali, mereka yang berada ditengah-tengahnya, dan mereka yang melarat. Stratifikasi Sosial berasal dari kata STRATUM (jamaknya strata yang berarti lapisan) Menurut Pitirim A Sorikin : Stratifikasi Sosial adalah perbedaan penduduk atau masyarakat dalam lapisan kelas-kelas secara bertingkat.

7 KONSEP STRATIFIKASI SOSIAL 1. PENGGOLONGAN 2. SISTEM SOSIAL 3. LAPISAN HIERARIKIS 4. KEKUASAAN 5. PRIVILESE 6. PRESTISE

8 PENGGOLONGAN PROSES HASIL SUBYEKTIF Definisi diri dalam hubungan interaksi dengan orang lain OBYEKTIF Terlepas dari individu Telah menganggap dirinya dala suatu lapisan tertentu Pembagian berdasarkan dalam suatu sistem sosial kedalam beberapa lapisan

9 9

10 10 1.KEKUASAAN SETIAP KEMAMPUAN UNTUK MEMPENGARUHI PIHAK LAIN 2.WEWENANG KEKUASAAN YANG ADA PADA SESEORANG ATAU SEKELOMPOK ORANG YANG MEMPUNYAI DUKUNGAN ATAU MENDAPAT PENGAKUAN DARI MASYARAKAT

11 11


Download ppt "2 tentang Manusia dan Masyarakat  Manusia sbg makhluk sosial/zoon politicon Ada tenden individualis & tenden sosial.  Bentuk masyarakat berdasar pembentukannya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google