Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMODELAN SISTEM PENGOLAHAN MANUSIA. Sistem Pengolahan pada Manusia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMODELAN SISTEM PENGOLAHAN MANUSIA. Sistem Pengolahan pada Manusia."— Transcript presentasi:

1 PEMODELAN SISTEM PENGOLAHAN MANUSIA

2 Sistem Pengolahan pada Manusia

3 Pengolahan Sadar (Consious processing) Pengolahan sadar terjadi jika rangsangan yang datang dibawa ke bagian intelektual dan memerlukan beberapa waktu untuk menghasilkan tanggapan. Bentuk pengolahan ini biasanya berhubungan dengan tindakan baru atau jarang dilakukan, sehingga akan menghasilkan tanggapan yang lambat.

4 Pengolahan otomatis Pada pengolahan otomatis, semua tanggapan (respon) bersifat refleks, sehingga memerlukan waktu tanggapan yang sangat cepat. Pengolahan otomatis berhubungan dengan tindakan yang sering dilakukan sehingga menjadi tindakan yang terlatih (terbiasa) sehingga memerlukan waktu respon yang cepat.

5 Register Sensori Model ini dibuat untuk menunjukkan aliran informasi di dalam organ sensor, memori dan pengolahan intelektual sehubungan dengan penyajian informasi di otak manusia.

6 Register Sensori Model sederhana persepsi manusia, kognitif dan memori

7 Register Sensori Level yang paling jauh (outermost level) atau pengolahan perseptual, yang menyediakan koneksi dari organ-organ sensor (misal mata, telinga, dll) ke otak dapat dipandang sebagai suatu set register bufer temporer. Informasi disimpan di register ini sebelum dilewatkan ke bagian perseptual berikutnya, dan disajikan dalam bentuk tak terkode atau tak terproses. Sehingga informasi akan disimpan secara langsung dalam bentuk fisik, dan bukan dalam bentuk simbolik, yang dapat digunakan pada tahap berikutnya dari pengolahan kognitif

8 Register Sensori Penelitian menunjukkan bahwa sensori register mempunyai persistansi 0,2 detik, sementara register sensori pendengaran sebesar 2 detik. Kebanyakan orang menyadari adanya efek persintansi melalui televisi, atau pada efek filem animasi yang bergerak terus-menerus. Persistansi pada pendengaran lebih sulit untuk diterangkan, tetapi tetap dianggap sebagai hal yang penting dalam pengolahan ucapan oleh otak manusia.

9 Kanal Kapasitas Rendah Kanal yang berada di antara memori jangka pendek dan register sensori mempunyai kapasitas yang rendah, sehingga menyatakan adanya keterbatasan seseorang dalam memperhatikan semua masukan sensori secara serentak. Melalui kontrol sadar atau tidak sadar, kanal dapat diarahkan untuk berkonsentrasi pada bagian tertentu saja yang diinginkan.

10 Kanal Kapasitas Rendah Laju data masukan secara sadar mempunyai kecepatan yang rendah, sementara laju data masukan pada masukan otomatis mempunyai kecepatan yang tinggi. Contoh, pada saat mengendarai kendaraan dimana perhatian secara sadar diarahkan ke kondisi jalan, tetapi secara otomatis akan melakukan pengereman jika ada kendaraan menyelonong dengan tiba- tiba.

11 Memori Jangka Pendek Memori jangka pendek dipandang sebagai media penyimpan temporal, dalam bentuk terkodekan. Misalnya untuk mengingat nomor telepon, posisi bidak pada permainan catur dan sebagainya. Penelitian menyebutkan bahwa memori kapasitas rendah hanya mempunyai jangka waktu penyimpanan antara detik, tetapi dapat ditingkatkan dengan latihan dan pengalaman.

12 Memori Jangka Panjang Informasi dalam memori jangka pendek dapat dikirim ke memori jangka panjang dengan usaha dan latihan dalam kondisi sadar dan dengan proses yang berulang-ulang. Memori ini berbasis semantik dan diakses secara asosiatif (paralel). Belum ada penelitian secara pasti tentang kapasitas memori jangka panjang pada manusia, bervariasi pada setiap orang. Sebagai catatan, informasi yang paling baru dan paling sering digunakan merupakan memori yang paling siap diakses.

13 Kontrol Motorik Responder utama pada operator manusia adalah dua buah tangan dengan masing-masing berisi lima jari-jari, dua kaki dan satu suara. Menarik untuk disadari adanya keterbatasan fisik manusia dalam mengoperasikan peralatan input dan output Sebagai contoh, seseorang yang berstatus tukang ketik, yang menggunakan 10 jari dengan kecapatan 1000 huruf per menit adalah kecepatan yang normal, tetapi bagi yang hanya mengetik dengan dua jari (seperti saya), barangkali mencapai kecepatan 400 huruf per menit sudah luar biasa. Misalnya lagi, seorang pianis akan bisa memencet tombol ketukan per menit.

14 Tugas 1:individu Apa yang anda ketahui tentang ‘apa itu dialog’ Mengapa perlu dibuat dialog pada interaksi manusia dg komputer Lihat pada bab 4, karakteristik utama dialog, apa saja? Jelaskan disertai contoh Jelaskan (dr bab 5) jenis2 teknik dialog yang dikenal.. Anda bs melihat juga pada contoh2 aplikasi yang ada di modul ini Terangkan dalam bentuk makalah

15 Tugas kelompok Downlod suatu aplikasi yang terkenal Telaah struktur aplikasi tersebut (buat strukturnya versi anda) Tuliskan ulasan anda ditinjau dari 5 aspek versi allison Kidd. Lebih bagus lagi jika anda juga menelaah dari 6 aspek lain Dikumpulkan hardcopy pada kuliah 25 oktober 2010, dan tidak ada tugas susulan Poin 10%. Jika ada yang persis sama nilai NOL Aplikasi rujukan boleh sama, tetapi ulasan pasti berbeda


Download ppt "PEMODELAN SISTEM PENGOLAHAN MANUSIA. Sistem Pengolahan pada Manusia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google